Saking Kerennya, 10 Hewan Tembus Pandang Ini Pasti Pengen Kamu Pelihara Di Rumah

Hewan-hewan yang indah

Bumi yang kita huni ini dipenuhi dengan hewan-hewan menarik, mulai dari hewan yang seram, yang lucu, sampai hewan yang tembus pandang. Hewan transparan yang udah kita kenal mungkin ubur-ubur dan hewan air lainnya. Menurut Sönke Johnsen, hewan air biasanya mempunyai tubuh transparan karena mereka tidak dilengkapi gigi, racun, mempunyai ukuran yang kecil, bahkan kecepatan yang lambat. Sehingga hewan-hewan tersebut dilengkapi tubuh transparan untuk melindungi diri.

Tapi tahukah kamu kalau ada katak, kupu-kupu, bahkan sampai semut yang transparan? Coba kamu lihat sendiri deh.

1. Glasswinged Butterfly

The Glasswinged Butterfly
via flickr.com

Greta oto (glasswinged butterfly) ini merupakan jenis kupu-kupu kaki sikat. Kupu-kupu ini biasa ditemukan mulai Amerika Tengah sampai Amerika Selatan, paling jauh sampai Chili. Mereka biasa migrasi ke utara sampai Meksiko atau Texas.

2. Juvenile Sharpear Enope Squid

Juvenile Sharpear Enope Squid
via divephotoguide.com

Cumi-cumi dengan nama latin Ancistrocheirus lesueurii ini mempunyai tubuh transparan yang dipenuhi dengan titik-titik sel pigmen. Kamu bisa melihat organ dalamnya yang bercahaya dengan jelas. Cumi-cumi ini dapat ditemukan di perairan tropis dan subtropis dengan kedalaman 200-1000 meter.

3. Juvenile Surgeonfish Transparan

Transparent Juvenile Surgeonfish

Ikan yang dapat kamu temui di perairan sekitar New Zealand ini ternyata masih satu spesies sama Dory dari Finding Nemo/Finding Dory lho! Mereka juga bisa tumbuh memanjang sampai berukuran 30cm.

4. Semut Pharaoh

Translucent Pharaoh Ants Eating Colored Liquids
via boredpanda.com

Semut yang mempunyai nama latin Monomorium pharaonis ini hanya berukuran sebesar 2 mm dengan warna tubuhnya yang didominasi kuning atau coklat muda. Bagian transparan dari semut ini terletak di bagian belakangnya. Semut ini dapat ditemui di belahan dunia mana pun seperti Eropa, Amerika, Australia, sampai Asia Tenggara.

5. Macropinna Microstoma

Macropinna Microstoma
via boredpanda.com

Macropinna microstoma merupakan satu-satunya spesies dari jenis Macropinna, Opisthoproctidae, keluarga jenis barreleye. Ikan ini mempunyai bagian kepala yang tembus pandang sehingga kamu bisa melihat apa yang ada di dalam kepalanya. Meski sudah diketahui keberadaannya sejak 1939, foto ikan ini baru muncul pada tahun 2004.

Lanjut ke halaman selanjutnya.

54K Shares

Komentar:

Komentar