10 Gestur Tangan Ini Pasti Sering Kamu Pakai Sehari-hari, Tapi Apa Kamu Tahu Sejarahnya?

Nomor 9 paling nggak disangka tuh

Gestur-gestur tangan seperti bersalaman, acungan jempol, atau simbol V sudah umum kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi pernah kepikiran gak sih, dari mana asalnya gestur-gestur tangan itu dan kenapa bisa populer hingga sekarang?

Nah, kalau kamu penasaran, mending sekarang kamu cek terus artikel yang satu ini, guys. Dilansir dari UnbelievableFacts, berikut adalah asal muasal 10 gestur tangan yang populer hingga jaman now. Yok, cek bareng-bareng.

1. Tanda V

Winston-Churchill-V-sign-V-gesture-1
via unbelievable-facts.com

Gestur jari yang mirip huruf V di zaman sekarang dikenal punya arti peace atau damai. Tapi awalnya, tanda V ini bukan untuk menandakan perdamaian, lho.

Ketika Perang Dunia II, seorang politisi asal Belgia mengajak orang-orang untuk menggunakan simbol V sebagai perlambang “victoire” (bahasa Prancis untuk “kemenangan”) dan vrijheid (bahasa Belanda untuk “kebebasan”) sebagai simbol perlawanan.

2. Jari Tengah

Middle-Finger
via unbelievable-facts.com

Hayoo, siapa yang suka pake gestur ini kalau lagi marah atau bercanda sama teman-temannya? Gestur jari ini awal mulanya digunakan di Roma dan Yunani kuno. Dulunya jari tengah dipercaya menyerupai (maaf) alat vital milik pria. Selain itu, gestur tangan ini juga memang dimaksudkan untuk menghina penerimanya.

Jadi ingat, jangan sembarangan menggunakan gestur tangan ini kalau gak mau kena masalah ya, guys.

3. Hang loose

Hang-Loose-Gesture
via unbelievable-facts.com

Gestur yang sedang populer di zaman sekarang ini memiliki beberapa teori soal asal muasalnya. Tapi, yang jelas gestur ini berasal dari satu tempat, Hawaii. Ada yang bilang gestur ini berawal dari seseorang asal Hawaii, Hamana Kalili, yang kehilangan tiga jarinya dalam kecelakaan di pabrik gula tempatnya bekerja.

Namun, ada juga yang berkata bahwa gestur ini pertama kali digunakan imigran dari Spanyol untuk menunjukan simbol persahabatan dengan mengajak minum penduduk asli Hawaii. Pendapat lain bilang kalau gestur ini digunakan para pemburu paus sebagai sinyal ketika paus akan ditangkap.

Hmm, banyak juga ya spekulasi teori asal muasalnya.

4. Bersalaman

Ancient-Hand-Shake-Hand-Shake-gesture
via unbelievable-facts.com

Gestur bersalaman pertama kali digunakan ketika zaman Yunani kuno. Bersalaman dilakukan pada zaman dulu untuk memastikan bahwa dua orang yang bertemu dipastikan tidak membawa senjata.

Ketika dua tangan bersentuhan, itu bisa dijadikan bukti bahwa tangan dari kedua belah pihak tak menggenggam barang apa pun. Menggoyangkan tangan juga berguna untuk memastikan tidak ada senjata di lengan baju kedua orang yang bersalaman.

5. Fist bump
President-Barack-Obama-fist-bumps-Make-a-Wish-child-Diego-Diaz-

Siapa yang suka fist bump atau bro fist sama temannya? Atau minimalnya kamu pasti familiar dengan salam yang sering digunakan oleh Youtuber terkenal PewDiePie ini? Yap, seperti namanya, fist bump memang pertama kali digunakan dalam olahraga tinju professional sebagai salam pembuka sebelum pertandingan berlangsung.

6. Tanda tanduk

Audience-showing-horn-sign-gesture-in-rock-band-concert-Horn-Sign-Gesture
fist bump

Tanda tanduk atau yang biasa disebut salam metal ini memang pertama kali digunakan untuk melambangkan tanduk kambing yang merupakan ikon setan pada zaman dulu. Ronnie James Dio yang juga merupakan vokalis Black Sabbath adalah orang yang membuat gestur tangan ini jadi terkenal dalam ranah musik heavy metal.

Dan yang mengejutkannya, Ronnie terinspirasi menggunakan simbol tangan ini dari neneknya di Italia yang merupakan penganut paham Paganisme. Menurutnya paham tersebut sangat cocok dengan ideologi yang dibawa Black Sabbath.

7. High-Five

Baseball-Players-High-Five-High-Five-Gesture
via unbelievable-facts.com

Nah, gestur yang terkenal dengan sebutan “ces/cas/tos” di Indonesia ini sebenarnya tak sengaja ditemukan, lho. Kejadiannya dimulai ketika pemain klub Baseball LA Dodger, Dusty Baker, melakukan homerun-nya yang ke 30. Dusty barker mengangkat tangannya ke langit sebagai perayaan. Glenn Burke yang merupakan teman satu tim Baker kemudian mendekatinya dan secara refleks melakukan high-five.

Karena menganggap hal itu keren, mereka berdua meneruskan kebiasaan high-five hingga gestur tersebut terkenal hingga sekarang.

8. Hormat

Personnel-from-the-Royal-Air-Force-the-British-Army-and-the-Royal-Navy-saluting
via unbelievable-facts.com

Salam hormat pertama kali digunakan ksatria Prancis pada abad petengahan. Mereka melakukan hormat untuk menyapa satu sama lain dengan menaikan penutup mata mereka. Seiring berkembangnya waktu, dunia militer juga melakukan salam hormat tersebut dengan membuka helm atau topi yang digunakan.

Karena untuk membuka dan menggunakan kembali topi dinilai terlalu merepotkan, maka salam pun diubah menjadi lebih sederhana. Yap, mereka cukup menyentuh topi yang mereka gunakan. Hal ini akhirnya berkembang menjadi salam hormat.

9. Jempol

Gadiator-looking-up-to-the-audience-for-their-verdict-on-whether-to-kill-him-or-bestow-mercy-upon-him-Thumbs-Up-Gesture
via unbelievable-facts.com

Jika sekarang mengacungkan jempol dianggap sebagai tanda penerimaan atau tanda suka, tapi awal penggunaannya sebenarnya agak menyeramkan.

Pada saat zaman Romawi kuno, aksi gladiator masih menjadi hiburan utama masyarakat. Ketika para gladiator beradu dan salah satunya tumbang, gladiator yang menang akan memandang ke arah penonton. Apabila penonton mengacungkan jempol ke arah atas, maka tandanya gladiator yang kalah akan diampuni nyawanya. Dan sebaliknya, jika jempol diacungkan ke bawah, maka gladiator yang kalah harus dibunuh.

Hmm, nyawa seseorang bisa ditentukan hanya lewat gestur tangan, ya. Menyeramkan.

10. Menyilangkan jari

Votive-hand-3rd-century-AD-with-crossed-fingers-Man-with-Crossed-Fingers-Crossed-Fingers-Gesture
via unbelievable-facts.com

Siapa dulu yang suka main nyilangin jari sambil bilang “virus mantul”? Hahaha, jadi nostalgia, ya. Sebenarnya nih, tanda menyilangkan jari merupakan simbol keberuntungan di beberapa negara pada masa sebelum Masehi.

Tanda jari menyilang ini dianggap bisa mengundang roh baik yang akan membuat kita beruntung dan juga menjauhkan roh jahat. Nah, mungkin hal itu juga ya yang membuat virus bisa mantul kalau kita nyilangin jari.

Oh iya, di beberapa budaya juga mengatakan bahwa kalau seseorang berjanji sambil menyilangkan jarinya, itu pertanda bahwa orang tersebut tidak akan menepati janjinya.

Wah, ternyata begitu toh sejarahnya. Jadi kamu sekarang gak penasaran lagi, kan? Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa nambah pengetahuanmu ya, guys!

Komentar:

Komentar