Wah, Emang Kreatif! Ini Nih 5 Kondisi Unik yang Pernah Jadi Inspirasi Cerita Drama Korea


Industri drama Korea emang dikenal jago banget dalam menampilkan ide-ide cerita yang unik dan berbeda. Hmm rasanya kayak gak pernah kehabisan ide lho, sampai-sampai ada beberapa penyakit tertentu yang suka diangkat jadi ide cerita utamanya. Masih inget dong kalo zaman dulu booming banget cerita drama Korea yang suka mengangkat penyakit amnesia atau leukimia? Hehehe.. Bahkan ide cerita dengan latar belakang kondisi kayak gitu pernah juga jadi inspirasi beberapa sinetron di Indonesia.

Nah, kalau sekarang sih kondisi-kondisi yang dijadikan inspirasi di dalam cerita drama Korea udah makin kreatif lho, saking kreatifnya bisa bikin takjub penonton karena gak nyangka kondisi-kondisi unik seperti di bawah ini bisa disulap jadi ide cerita drama yang seru banget buat dipantengin!

1. Dissociative Identity Disorder

alyinthehousedotblogspotdotcom
alyinthehouse.blogspot.com

Dua drama Korea yang pernah menyajikan kisah soal dissociative identity disorder atau yang lebih dikenal sebagai kepribadian ganda ini adalah Kill Me Heal Me sama Hyde, Jekyll and Me. Kedua drama ini sama-sama bercerita soal pria yang punya lebih dari satu kepribadian gara-gara traumanya di masa lalu. Kondisi ini gak hanya bikin mereka punya kepribadian yang berbeda tapi bisa bikin mereka menciptkan karakter diri sebanyak mungkin lho. Kalau di Hyde, Jekyll and Me pemeran utamanya diceritakan cuma punya dua kepribadian, di Kill Me Heal Me pemeran utamanya diceritakan punya tujuh kepribadian sekaligus!

2. Pinnochio Syndrome

soompidotcom juga
soompi.com

Sesuai namanya, sindrom yang satu ini emang berkaitan sama cerita Pinnochio. Kalau hidung Pinnochio dikisahkan selalu memanjang setiap berbohong, di drama ini Choi In Ha (Park Shin Hye) malah digambarkan selalu cegukan setiap kali mau berbohong. Tapi di dunia nyata istilah pinnochio syndrome sendiri ditujukan buat kondisi dimana tubuh seseorang merasa kaku seperti boneka kayu setiap dilanda perasaan khawatir atau takut ditertawakan lho. Kondisi yang ada di drama Pinnochio sendiri memang didramatisir buat menghibur para penonton aja.

3. Synesthesia

inspiredkdramadotwordpress
inspiredkdrama.wordpress.com

Pernah membayangkan gimana rasanya bisa melihat bentuk wewangian? Eh, jangan bilang gak mungin dulu karena kondisi kayak gitu beneran ada lho. Synestesia adalah fenomena unik dimana seseorang bisa mendengar warna, melihat suara, mempunyai persepsi lain akan ruang, melihat angka dan huruf dengan warna, sampai melihat wujud wewangian! Drama The Girl Who Sees Smells yang dibintangi Shin Se Kyung sama Park Yoo Chun ini juga terinspirasi oleh kondisi unik ini.  Choi Eun Seol (Shin Se Kyung) dikisahkan jadi bisa melihat wujud wewangian akibat trauma masa kecil yang ia alami dulu.

4. Tourette Syndrome

dramabeansdotcom
dramabeans.com

Di drama It’s Okay It’s Love, Lee Kwang Soo dikisahkan sebagai penderita tourette syndrome, sindrom yang membuat penderitanya melakukan serangkaian gerakan secara gak sengaja, berulang-ulang kali dan sifatnya di luar kendali. Berkat akting apiknya sebagai penderita tourette syndrome di drama ini Lee Kwang Soo juga dapet banyak pujian lho.

5. Hyperthymesia

dramabeansdotcom juga
dramabeans.com

Kondisi otak yang satu ini bisa bikin penderitanya inget banget sama semua detail kejadian yang dia alami alias jadi punya ingatan yang super cemerlang! Lewat drama Remember: War of The Son, Seo Jin Woo (Yoo Seung Ho) diceritakan menggunakan kemampuannya itu buat memecahkan kasus yang menimpa sang ayah dan bertekad buat membersihkan nama ayahnya yang dituduh melakukan pembunuhan di masa lalu.

Hmm, keren juga ya bisa terinspirasi bikin cerita drama dari kondisi-kondisi unik kayak gini. Gimana gak tambah seneng nonton kalau selain ceritanya yang  menghibur, drama-drama kayak gini juga secara gak langsung ngasih wawasan baru ke penontonnya lho!

 

Komentar:

Komentar