7 Variety Show Korea selain Running Man buat Kamu yang Lagi Dilanda Kegabutan

Kata mama, kalau orang lagi gabut, itu tandanya dia harus nonton variety show

Siapa sih pencinta Korea yang nggak tahu sama variety show Running Man? Rasanya hampir semua yang demen Korea bakal tahu sama acara yang dibintangi oleh Yoo Jae-suk, Haha, Ji Suk-jin, Kim Jong-kook, Lee Kwang-soo, Song Ji-hyo, Jeon So-min, dan Yang Se-chan ini.

Nah, tujuan artikel ini ditulis adalah untuk menunjukkan pada kamu bahwa ada beberapa alternatif variety show selain Running Man yang sayang banget kalau dilewatkan. Rekomendasi di bawah ini bakalan cocok banget buat kamu yang sering dilanda kegabutan.

Variety show Korea apa saja yang masuk daftar?

1. Law of the Jungle

Cast Law of the Jungle saat berada di pulau komodo/via viva.co.id

Mengusung tema survival, variety show Korea yang digawangi oleh Kim Byung-man ini terasa berbeda dengan acara-acara yang sudah ada sebelumnya. Konsep utama acara ini bakal mengajak kamu menyaksikan Byung-man selaku pembawa acara dalam menaklukkan alam liar di beberapa negara. Ia nggak bekerja sendirian tentunya, ada tiga sampai tujuh bintang tamu yang menemaninya beraksi.

Kamu bisa melihat perjuangan mereka saat membangun kemah, menyalakan api unggun, mencari makan di hutan, dan menyelam sambil berburu ikan. Bahkan terkadang peralatan mereka akan disita oleh staf. Mereka diminta untuk hanya menggunakan alat yang bisa didapat di alam bebas.

Nggak jarang mereka harus menahan lapar, bahkan sampai mengalami cedera. Seperti kejadian yang menimpa Jeongyeon TWICE, Yugyeom GOT7, Namjoo Apink, Hani EXID, dan UEE. Ada yang memilih untuk tetap melanjutkan syuting, tapi ada juga yang terpaksa harus dipulangkan.

FYI, mereka juga pernah mengunjungi beberapa daerah di Indonesia juga lho, seperti Papua, Manado, Sumatra, dan Pulau Komodo di NTT.

2. Battle Trip

Da-eun saat berada di Bandung/via viki.com

Variety show Korea yang sempat viral di Indonesia ini dipandu oleh Lee Hwi-jae, Kim Sook dan Sung Si-kyung. Acara ini menampilkan kompetisi berbasis wisata antara dua tim dengan tema yang sama. Masing-masing tim akan melakukan perjalanan wisata sambil memberikan tips dan informasi yang berguna selama mengunjungi suatu tempat.

Kedua tim hanya dapat melakukan perjalanan di dalam kota atau negara tertentu sesuai dengan topik yang ditentukan. Nantinya pemenang akan ditentukan oleh voting dari 100 penonton yang hadir di studio. Tapi tiap orang dapat memilih untuk mendukung satu atau dua tim sekaligus.

Battle Trip sudah tiga kali datang ke Indonesia. Di kunjungan yang pertama, tim Hyun Woo dan Tim bertandang ke Bali dengan mengusung topik “Trip Edukasi”. Lalu pasangan Choi Dong-seok dan Park Ji-yoon Good menyusul di kunjungan kedua untuk mencari tempat “Tujuan Wisata bagi Sepasang Kekasih”. Dan yang terakhir, Lee Su-ji dan Song Da-eun menelusuri Bandung guna menemukan “Destinasi Tersembunyi yang Harus Dikunjungi sebelum Terkenal”.

3. Salty Tour

via hancinema.net

Masih berkutat di seputar pariwisata, variety show Korea yang dipandu oleh Park Myeong-su, Moon Se-yoon, dan Heo Kyung-hwan ini sama-sama berbau kompetisi. Yang jadi pembeda dengan Battle Trip, para perancang perjalanan di Salty Tour mesti berada di satu tempat tapi dengan membawa topik yang berbeda.

Jadi di tiap kota atau negara, akan ada dua sampai tiga orang yang masing-masing ditugaskan menjadi pemandu wisata selama satu hari. Mereka akan diberi bujet yang sama, lalu diminta memandu pesaing dan bintang tamu supaya dapat menikmati perjalanan yang mereka rancang. Nantinya pemenang akan dipilih berdasarkan voting dari pesaing, bintang tamu, dan anggota yang lain dalam hal pemilihan makanan, tempat yang dikunjungi, dan akomodasi.

Menariknya acara ini adalah karena para trip planner harus memutar otak untuk bisa menghemat anggaran. Dan dengan anggaran terbatas itu, mereka harus tetap bisa membuat orang yang dipandunya puas.

4. Ask Us Anything

via wowkeren.com

Variety show Korea satu ini bisa dibilang berhasil bangkit dari kubur. Sempat hampir bubar setelah terus-terusan mendapat rating yang rendah, akhirnya mereka memutuskan untuk mengubah konsep menjadi tanya jawab antar murid baru dengan murid lama. Setelah ganti konsep, popularitas dari acara ini langsung meningkat dan menjadi salah satu tontonan wajib penggemar Korea.

Yang bikin variety show yang dipandu oleh Kang Ho-dong, Seo Jang-hoon, Kim Young-chul, Lee Soo-geun, Kim Hee-chul, Min Kyung-hoon, dan Lee Sang-min ini menarik adalah karakterisasi dari tiap anggotanya sangat kuat. Humor yang dibawakan juga selalu segar. Terkadang mereka nggak segan “merundung” (dalam arti positif) anggota lain dan bintang tamu untuk membuat suasana lebih cair. Hasilnya, bintang tamu jadi lebih santai dan nggak gugup.

5. My Little Old Boy

via biaswrecker.com

Sebenarnya acara ini lebih cocok disebut reality show daripada variety show. Di My Little Old Boy, kamu bisa melihat kehidupan para selebritis Korea berumur di atas 30 tahun yang statusnya masih lajang. Kegiatan sehari-hari mereka seperti saat nongkrong bareng teman, olahraga di gym, main game, sampai kegiatan mereka pas ikutan kencan buta, semuanya bisa kamu saksikan.

Tapi acara yang dipandu oleh ini punya keunikan tersendiri. Dan itu bisa dilihat dari keikutsertaan ibu dari para peserta. Jangan dikira lho, komentar dan tingkah laku dari para emak-emak saat mendampingi Shin Dong-yup dan Seo Jang-hoon kadang membuat suasana jadi lebih hidup.

6. Same Bed, Different Dreams 2: You Are My Destiny

via kshow123.net

Kalau My Little Old Boy menampilkan kehidupan para jomblo dengan usia tingkat lanjut, acara satu ini lebih fokus ke kehidupan rumah tangga selebritis Korea. Konsep acara ini mengalami perubahan pada musim keduanya. Di musim pertama, para remaja dan orangtua mereka saling membicarakan masalah seputar kehidupan. Sementara musim kedua lebih menampilkan kehidupan pasangan selebritis.

Pasangan yang tampil di acara ini juga nggak tetap, jadi bisa diganti sewaktu-waktu. Yaah, mirip-mirip sama The Return of Superman atau I Live Alone gitu deh. Bahkan In Gyo-jin, suami dari So Yi-hyun, sempat mendapatkan penghargaan akhir tahun berkat partisipasinya di acara ini.

7. Hello Counselor

via thekrazemagazine.com

Berbeda dibanding acara-acara sebelumnya yang mengandalkan seleb, acara yang satu ini mengundang orang biasa untuk turut berpartisipasi. Lewat Hello Counselor mereka bisa menceritakan permasalahan pribadi pada host dan bintang tamu yang hadir di studio. Tujuan dari acara yang dipandu oleh Shin Dong-yup, Lee Young-ja, dan Cultwo (Jung Chan-woo, Kim Tae-gyun) ini adalah untuk membantu orang-orang yang mengalami masalah, tapi mereka nggak bisa membicarakannya ke orang yang bersangkutan.

Kamu tahu sendiri ‘kan, terkadang kita lebih suka mendengarkan saran dari orang lain daripada dari orang terdekat. Konsep seperti itulah yang dibawakan Hello Counselor, di mana para host dan bintang tamu akan membantu mencarikan solusi atas permasalahan peserta acara. Kasus yang ditangani juga beragam, mulai dari kekerasan rumah tangga, anak yang membangkang, hubungan keluarga yang renggang, sampai teman yang gila kerja.

Meski konsep acaranya cukup berbeda dengan Running Man, tapi percaya deh, 7 rekomendasi variety show dari saya pasti bisa kamu nikmati kok. Kalau kamu bingung mulai dari mana, coba cari aja episode yang bikin kamu tertarik. Contohnya gini, karena saya demen sama Kim Se-jeong Gugudan, saya ikuti episode yang ada Se-jeongnya. Lama-kelamaan saya pun jadi ikutin semua episodenya.

Kalau kamu punya rekomendasi variety show Korea yang lain, jangan lupa kasih tahu kami di kolom komentar ya. Kalau bisa, sama alasannya juga sih.

- Advertisement -
Shares 3

Komentar:

Komentar