5 Situs Streaming Drama Korea Terbaik yang Bikin Kamu Betah Nonton

Sampai lupa mandi saking betahnya

:

Sebelumnya kami di Selipan kasih kamu daftar rekomendasi drama korea terbaik. Rasanya kurang lengkap dong kalau kami nggak kasih juga tempat streaming drama korea yang paling asoy. Betul, nggak?

“Betul…” *sob sob “Banget” *sniff sniff/via dramabeans.com

Dulu nih ya, di saat kita mau nonton Geum Jan Di (Boys Over Flowers), Dae Jang Geum (A Jewel in the Palace), atau Han Ji Eun (Full House), kita harus sabar nunggu sampai tayang di TV. Buat mereka yang sakau karena saking kebeletnya nonton drakor, mentok-mentok harus beli DVD dari episode pertama.

Beda dulu, beda sekarang. Sekarang nonton drakor gampang banget. Kamu tinggal buka situs-situs streaming drama Korea. Enaknya lagi dari beberapa pilihan yang tersedia, ada situs yang bisa diakses sepuasnya hanya dengan berlangganan paket internet di provider tertentu.

Mau tahu apa saja situsnya? Cek dulu dong daftar situs dan aplikasi streaming drama Korea di bawah ini.

1. Viu

via viu.com

Situs dan aplikasi pemutar video ini pasti nggak asing lagi di telinga pelanggan paket internet Telkomsel. Lebih spesifiknya lagi, mereka yang suka pakai kuota VideoMax. Paket ini amat sangat membantu buat mereka yang hobi nonton lho.

“Oke, cukup bahas paket internetnya. Ini bukan artikel iklan ‘kan!?”

Nggak, ini bukan artikel iklan kok. Tenang saja.


Berdasarkan pengalaman saya, Viu menawarkan kemudahan dan fitur yang memanjakan. Kamu bisa mengaksesnya lewat aplikasi (Android | Apple) atau situsnya langsung. Selain itu kamu juga bisa memilih subtitle dengan Bahasa Indonesia atau Inggris. Resolusinya juga sama seperti Youtube, berkisar dari 180p sampai 1080p.

Harganya?

Biaya berlangganan di Viu lumayan terjangkau. Enaknya lagi, ada beberapa drama yang masih bisa kamu tonton secara gratis. Sebut saja My ID is Gangnam Beauty atau What’s Wrong with Secretary Kim.

Mau berlangganan? Ada beberapa pilihan paket yang bisa kamu pilih, antara lain:

1 minggu
Rp 10.000
1 bulan
Rp 30.000
3 bulan
Rp 75.000
6 bulan
Rp 100.000
* Ini pengingat yang klise, tapi tarif di atas bisa berubah sewaktu-waktu.

Untuk pembayarannya kamu bisa pakai pulsa Indosat, Telkomsel, Tri, XL, atau GO-PAY.

2. Iflix

via iflix.com

Kalau opsi tempat streaming drama korea pertama hanya dipaket dengan internet Telkomsel, pilihan yang kedua ini lebih banyak lagi paketnya: mulai dari XL, Indosat, sampai Indihome. Jadi kamu tinggal menyesuaikan dengan layanan yang dipakai saat ini.

Sama seperti Viu, kamu bisa menonton drakor lewat situs atau aplikasi (Android | Apple) Iflix. Jika kamu kurang suka nonton drakor dengan subtitle bahasa Inggris, pilihan subtitle berbahasa Indonesia pun tersedia. Pilihan bahasa di Iflix (10 bahasa) lebih banyak kalau dibandingkan dengan Viu yang cuma menyediakan 6 bahasa.

Sayangnya di Iflix nggak ada pilihan resolusi. Kamu cuma bisa memilih “highest possible quality” atau “lower quality“.

Harganya?

Ada beberapa drama yang bisa kamu tonton secara gratis, tapi ada juga yang mengharuskan berlangganan terlebih dahulu. Cek saja bagian tag, pilihannya ada Free atau VIP.

Kalau kamu ingin berlangganan, ada beberapa paket yang bisa dipilih:

Harian
Rp 1.900
Mingguan
Rp 9.900
Bulanan
Rp 39.000
Tahunan
Rp 374.400
* Sekali lagi, mungkin kamu kesal membaca tulisan ini, tapi harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu.

Untuk pembelian paket selain bundling, sementara ini kamu hanya membayar dengan pulsa Telkomsel dan kartu kredit/debit (hanya bisa digunakan untuk paket bulanan dan tahunan).

3. Netflix

via thegryphon.co.uk

Situs streaming video yang dulunya sempat kesulitan masuk ke Indonesia ini juga menawarkan berbagai pilihan drama korea. Menariknya, meskipun nggak ada paket bundling seperti dua pilihan sebelumnya, ada operator yang menyediakan paket layanan streaming Netflix unlimited.

Jadi jika pakai paket, kamu bisa nonton Netflix sepuasnya tanpa kuota, walaupun itu masih nggak mencakup biaya langganan. Sejauh ini sih baru XL dan Tri yang menyediakan paket tersebut.

Sama seperti Viu dan Iflix, kamu bisa menonton Netflix lewat situs atau aplikasi (Android | Apple). Untuk masalah subtitle, Netflix menyediakan Bahasa Indonesia kok. Jadi kamu bisa menikmati drama favorit tanpa perlu bingung lagi aktornya lagi ngomong apa.

Hampir mirip dengan Iflix, di Netflix kamu nggak bisa mengatur resolusi video dengan leluasa. Kamu hanya bisa mengatur resolusi di “playback settings” yang ada di pengaturan “my profile“. Pilihannya ada “auto“, “low” (up to 0.3 GB/jam), “medium” (up to 0.7 GB/jam), dan “high” (up to 3 GB/jam untuk HD dan up to 7 GB/jam untuk Ultra HD).

Harganya?

Di Netflix kamu hanya bisa memilih paket bulanan, tapi dengan keunggulan yang berbeda-beda. Paket yang ditawarkan antara lain:

Basic
Rp 109.000
Standard
Rp 139.000
Premium
Rp 169.000
* Ya, ya… mungkin saat ini kamu nggak perlu dikasih tahu, tapi harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu.

Perbedaan dari ketiga paket tersebut ada di pilihan resolusi (HD & Ultra HD), dan jumlah perangkat yang bisa menonton secara bersamaan. Metode pembayarannya saat ini hanya bisa pakai kartu kredit/debit.

4. Viki Rakuten

via viki.com

Pilihan yang keempat ini belum ada paket layanan streaming. Jadi kamu nggak bakal bisa menikmati kuota unlimited saat menontonnya, kecuali kalau kamu pakai Wi-Fi.

Kunjungi situsnya langsung atau lewat aplikasi (Android | Apple) saat kamu mau nonton drakor di Viki. Subtitle yang disediakan juga beragam, hanya saja konsepnya agak berbeda. Pada saat memilih subtitle, perhatikan jumlah persentasenya. Kalau bahasa subtitle yang kamu pilih persentasenya di bawah 90%, berarti bakal ada beberapa scene yang nggak dibubuhi subtitle.

Untuk resolusinya sendiri hanya ada dua pilihan: HD dan non-HD. HD untuk yang berlangganan dan non-HD untuk yang gratisan.

Harganya?

Kamu hanya akan diberikan dua pilihan, yakni bulanan dan tahunan. Untuk detail lebih lanjut bisa kamu lihat di bawah:

Basic
$ 0,83/bulan
$ 9,99/tahun
Standard
$ 4,17/bulan
$ 49,99/tahun

Yang membedakan antara “basic” dan “standard” adalah waktu tunggu untuk melihat drama terbaru. Jika di opsi kedua kamu bisa langsung melihat episode terbaru, di opsi pertama kamu harus menunggu tiga minggu terlebih dahulu.

5. Youtube

via youtube.com/KBSWorld

Dari semua pilihan tempat streaming drama korea, mungkin hanya situs ini yang benar-benar gratis tanpa syarat registrasi dan berlangganan.

“Tapi kan di Youtube paling banter cuma cuplikan? Kalaupun ada yang full, rawan kena takedown sama pihak Youtube.”

Itu kalau kamu nonton di channel yang nggak resmi. Kalau mau nonton drakor secara legal di Youtube, kamu tinggal buka channel KBS World. Dari sekian banyak stasiun TV Korea yang punya akun Youtube, rasanya cuma KBS yang totalitas dan dedikasinya keren. Bila mau dibandingkan, stasiun TV lain macam SBS, MBC, tvN, atau JTBC nggak menyediakan drama selengkap KBS. Mereka juga nggak membagi subtitle Indonesia.

Kekurangannya, jelas banget, kamu nggak bisa menikmati drama dari stasiun TV selain KBS. Kamu nggak bisa nonton Goblin yang dipunyai tvN, atau Strong Woman Do Bong Soon milik JTBC.

Dari 5 pilihan situs streaming drama Korea di atas, masing-masing memang punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kamu tinggal pilih situs dan aplikasi yang paling cocok dengan provider dan kondisi keuangan. Tapi yah… tarif yang dipatok mereka cukup terjangkau buat memfasilitasi hobi kamu nonton drama korea.

Komentar:

Komentar