5 Acara TV Ini Pasti Bakal Buat Kamu Rindu Ramadan Zaman Dulu, Masih Ingat?

"Pak Haji, siap? Zidan, siap?"

:

Ramadan tiba, Ramadan tiba…

Ya, ya… kamu yang rajin puasa pasti senang ‘kan saat bulan Ramadan tiba. Saat-saat di mana kamu menjalankan puasa dari mulai bangun untuk sahur hingga berbuka saat azan magrib berkumandang. Saat datang, Ramadan bikin kita bersorak-sorai bergermbira; tapi saat berakhir, kita merindukan datangnya lagi bulan Ramadan. Dan itu juga termasuk acara-acara TV yang khusus ditayangkan saat bulan Ramadan.

Coba kamu ingat-ingat. Dari semenjak kamu punya kemampuan buat menonton TV, pasti ada acara-acara TV edisi Ramadan yang membekas di hati kamu. Apa mungkin 5 acara TV ini termasuk di antaranya?

Tentu saja, selama kamu menjalankannya pasti banyak hal yang kalian rindukan, terutama acara televisi yang menemani kamu selama berpuasa dan hanya tayang selama bulan Ramadan saja.

Nah, berikut  ada 5 acara tv yang mungkin kamu ingat, dan membuat kamu rindu akan bulan puasa ketika dulu.

1. Hidangan Ramadhan

via ask.fm

Masih ingat dengan Sisca Soewitomo? Ya, tante Sisca pernah menjadi pengisi acara Aroma yang (mungkin) sudah jadi tontonan wajib bagi ibu-ibu. Kalau kamu nggak ingat, Aroma adalah acara yang selalu bikin kita lapar saat menontonnya.

Awal tahun 2000-an lalu, selain mengisi acara Aroma Tante Sisca Soewitomo juga mengisi program acara Hidangan Ramadhan yang ditayangkan di stasiun televisi yang sama. Konsep acaranya nggak berbeda jauh dengan  Aroma. Yang membedakan hanya pada menu hidangan yang cocok disajikan saat sahur atau berbuka puasa.


Acara ini tayang jam 11.00 setiap hari Senin-Jumat. Kamu bisa bayangkan betapa kita diuji untuk bisa menahan hawa nafsu di siang terik sambil menonton tante Sisca masak?

2. Asep Show

via youtube.com

Bagi anak zaman dulu, pasti kamu masih ingat “Asep Show” yang jadi salah satu acara yang menemani kamu untuk menunggu azan maghrib berkumandang. “Asep Show” adalah salah satu acara komedi,televisi yang pernah tayang dan disiarkan hanya pada bulan Ramadan.

Acara ini menggambungkan karakter si Cepot yang didalangi oleh Alm. Asep Sunandar Sunarya serta diisi oleh pelawak-pelawak terkenal, seperti Komeng, Bolot, Jojon, dan yang lain-lain. Acara ini pertama kali tayang pada tahun 1995 dan bertahan hingga awal 2000-an.  Pasti kamu penasaran kan gimana acaranya, kalian bisa lihat kok di sini.

Kalau yang ini merupakan acara yang melambungkan nama karakter si Cepot yang didalangi oleh Alm. Asep Sunandar Sunarya. Pelawak-pelawak terkenal, seperti Komeng, Bolot, Jojon juga pernah turut mengisi acaranya. Pertama kali tayang pada tahun 1995, sayangnya acara komedi yang pernah tayang dan disiarkan hanya pada bulan Ramadan ini hanya bertahan hingga awal 2000-an.

Buat kamu yang penasaran sama Asep Show, cek di sini.

3. Sahur Kita

via brilio.net

Ada yang pernah menonton acara sahur dibawakan oleh Eko Patrio dan Ulfa Dwiyanti dengan format radio variety? Ya, acara tersebut adalah Sahur Kita, yang pernah ditayangkan salah satu stasiun televisi swasta pada tahun 1999-2006.

Sahur Kita merupakan acara yang memadukan unsur komedi, talkshow bersama artis dan ulama, serta interaksi langsung dengan penonton melalui sambungan telepon. Acara ini terbilang sukses pada zamannya. Karena kalau saya nggak salah ingat, hanya Sahur Kita yang menjadi acara pada waktu sahur yang menggunakan konsep komedi. Berbeda dengan acara-acara pada waktu itu yang pada umumnya bertemakan dakwah. Mungkin inilah pelopor untuk acara-acara pengocok perut saat sahur yang konsepnya masih bertahan hingga kini. Kalau nggak ada acara Sahur Kita mungkin kita nggak akan mengenal acara seperti Yuk Sahur Yuk, Yuk Kita Sahur, atau Ini Sahur sekarang.

4. Para Pencari Tuhan

via kompasiana.com

Setelah acara Sahur Kita berhenti tayang di tahun 2006, Para Pencari Tuhan kemudian mengisi slot acara sahur yang kosong pada stasiun televisi tersebut di tahun berikutnya. Seingat saya Para Pencari Tuhan adalah salah satu sinetron yang pertama kali tayang di waktu sahur. Sinetron ini menceritakan tentang petualangan spritiual tiga narapidana, yakni Chelsea (Melky Bajaj), Barong (Aden Bajaj), Juki (Isa Bajaj), yang ingin mempelajari ilmu agama kepada Bang Jack (Deddy Mizwar), seorang marbot di mushala At-Taufiq.

Sinetron yang tayang hanya pada bulan Ramadan ini bertahan hingga tahun 2016. Sebagai sinetron yang tayang di waktu sahur, Para Pencari Tuhan bisa dibilang sukses menghibur para pemirsa di rumah (atau pos ronda, tergantung di mana kamu sahur).

5. Lorong Waktu

via tribunnews.com

“Pak Haji, siap? Zidan, siap?”

Ya, itu salah satu dialog khas dari sinetron Lorong Waktu yang sampai sekarang saya ingat. Sebagai salah satu sinetron terbaik yang pernah tayang di Indonesia, Lorong Waktu menjadi sinetron paling diingat khususnya buat kamu yang lahir di tahun 90-an awal.

Sinetron ini sendiri bercerita tentang petualangan Pak Haji Husin (Deddy Mizwar) dan Zidan (Jourast Jordy) dengan menggunakan mesin waktu yang ditemukan Ustaz Addin. Melalui petualangan tersebut, kita diperlihatkan kisah yang berisikan petuah.  Pengemasannya dengan tema fiksi ilmiah untuk cerita yang banyak mengisahkan tentang nilai moral inilah yang membuat Lorong Waktu begitu menarik untuk ditonton sebagai bahan buat ngabuburit kala itu.

Meskipun kelima acara tersebut sudah tidak tayang kembali, tapi setidaknya bulan Ramadan kita dulu semakin berwarna dengan kehadirannya. Apa acara yang jadi favoritmu dulu?

Komentar:

Komentar