Terinspirasi Film Jepang Klasik, Bakal Jadi Seperti Apa Kiranya Aquaman di Tangan James Wan?

Perang samurai di bawah laut? Hmm... Menarik!

Setelah di tahun 2017 Justice League berakhir jadi sebuah kekecawaan besar, Warner Bros sepertinya mulai sadar bahwa untuk memperbaiki kesalahan tersebut, mereka harus mencoba untuk fokus mendalami terlebih dulu latar belakang dan dunia dari karakter superhero andalan mereka.

Dan upaya tersebut nampaknya bakal berbuah hasil jika menilik tanggapan positif dari trailer pertama Aquaman. Kalau kamu belum sempat lihat, nih cek saja di bawah.

Sama seperti Batman atau Superman, superhero yang memiliki kemampuan untuk memerintah seluruh makhluk yang ada di laut ini juga berawal dari komik. Hanya saja, Aquaman versi film dan komiknya punya beberapa perbedaan. Coba saja kamu lihat gambar di bawah ini.

via heroichollywood.com

Perbedaan rupa karakter Arthur Curry/Aquaman di versi komik dan filmnya memang cukup unik. Nggak seperti di komiknya, dalam Justice League penampilan Aquaman di tangan Zack Snyder berubah drastis jadi terlihat urakan. Meskipun begitu, penampilan Jason Momoa sebagai Aquaman masih terlihat cocok. Dan saya malah lebih menyukai Aquaman versi Momoa yang terlihat gahar.

Tapi itu cuma dari segi penampilan, satu hal yang membuat saya tertarik pada Aquaman saat ini adalah bagaimana jadinya karakter superhero diubah lewat tangan dingin James Wan.

Wan memang lebih terkenal sebagai sutradara film horor. Lewat sentuhannyalah film seperti Saw, Conjuring, dan Insidious sukses meraih keberhasilan. Tapi Wan sekarang dapat tantangan baru untuk menggarap film superhero pertamanya.

Melihat keinginan Warner Bros untuk menggali potensi karakter Aquaman, Wan nampaknya diberi kebebasan untuk mengeksplorasi cerita. Salah satu contohnya adalah bagaimana Wan menyajikan konsep perjalanan seorang pahlawan serta pengaruh film Jepang klasik sebagai inspirasinya dalam menggarap Aquaman.

Apa sih yang dimaksud perjalanan seorang pahlawan menurut Wan?

via heroichollywood.com

Dirinya mengungkapkan jika perjalanan seorang pahlawan yang ditampilkan di film ini terinspirasi dari film Karate Kid dan Star Wars: New Hope. Wan juga mengatakan bahwa cerita tentang adegan Curry berlatih menangkap  trisula bersama mentornya, Nuidis Vulko (Willem Dafoe) sangat penting untuk menggambarkan konsep perjalanan pahlawan yang dia inginkan.

Mendengar ungkapan dari Wan mengenai konsepnya tersebut, saya bisa menyimpulkan jika Wan ingin menonjolkan perkembangan karakter dari seorang Arthur Curry sampai bisa menjadi Aquaman. Yup, hal seperti itu sering dilupakan oleh film superhero kebanyakan, bagaimana karakter superhero tiba-tiba menjadi sangat kuat tanpa melakukan latihan apa pun.

Lalu, apa pengaruh film klasik Jepang bagi Wan di film Aquaman?

via boundingintocomics.com

Menyebut film klasik Jepang jelas nggak bisa memisahkan nama besar sutradara Akira Kurosawa. Kurosawa memang menjadi sosok yang paling berpengaruh bagi banyak sutradara terkenal, seperti George Lucas, Steven Spielberg, dan tidak terkecuali untuk Wan.

Wan bahkan pernah mengatakan jika film Seven Samurai adalah salah satu inspirasi utama Furious 7.

Di film Aquaman kali ini, sosok Kurosawa kembali menginspirasi Wan. Melalui wawancaranya bersama Nerdist, dirinya menambahkan, “Willem Dafoe dan saya membicarakan hal ini sebelumnya. Kami selalu melihat dia (Vulko) sebagai seorang prajurit samurai zaman dulu, ….., Dafoe adalah penggemar berat Toshiro Mifune di semua film karya Akira Kurosawa. Dia menjadikan Toshiro sebagai role modelnya.”

Mendengar kabar ini saya jadi semakin nggak sabar buat menunggu sentuhan Wan yang dipengaruhi oleh Kurosawa.

Coba tengok Willem Dafoe di sebelah kanan, tampilannya mirip Kikuchiyo ‘kan?/via fandango.com

Membayangkan Aquaman di bawah arahan James Wan kali ini, saya menjadi yakin jika film ini bakal berpotensi merubah wajah DCEU – sekarang berubah menjadi World of DC – yang lebih baik ke depannya. Dan kekhawatiran Warner Bros akan kegagalan membuat cinematic universe bisa berkurang kali ini. Semoga…

Aquaman bakal dirilis pada tanggal 21 Desember 2018. Apa kamu setuju Aquaman bakal menjadi film sukses World of DC selanjutnya setelah Wonder Woman? Atau kamu punya opini lain terkait film ini? Jangan sungkan untuk menulis opini kamu di kolom komentar.

Komentar:

Komentar