Dipercaya Banyak Orang, Ternyata 9 Pandangan Tentang Gadget Ini Cuma Mitos

Ternyata cuma mitos belaka

:

Misalnya saja kamu ditanyai tips tentang cara merawat gadget oleh teman kamu, kira-kira apa jawaban kamu? Apa tips pertama yang langsung terbesit dalam pikiran? Apa mungkin kamu bakal bilang “jangan pakai charger merek lain” atau “hindari mengisi ulang baterai semalaman”?

Ya, dua tips tadi memang seakan udah jadi pandangan umum supaya gadget bisa panjang umur. Tapi yang namanya pandangan umum belum tentu juga merupakan fakta; bisa jadi cuma mitos belaka. Dan ternyata, selama ini banyak anggapan yang salah kaprah perihal teknologi yang kita pakai sehari-hari, guys. Mau tahu apa saja? Coba kamu simak dulu daftar yang dilansir dari Brightside berikut ini.

1. Baterai smartphone bisa rusak jika diisi ulang semalaman

via brightside.me

Mitos yang satu ini sangat populer dan mungkin kamu juga termasuk salah satu yang memercayainya. Tapi faktanya, ponsel canggih zaman sekarang kebanyakan dilengkapi baterai lithium-ion yang berhenti mengisi ulang secara otomatis ketika dayanya sudah penuh. Satu-satunya alasan masuk akal kenapa kamu perlu mencopot kabel charger saat baterai terisi penuh sebenarnya simpel saja. Jawabannya? Supaya hemat listrik, hehe.

2. Indikator sinyal penuh berarti koneksi internet bagus

via brightside.me

Ketika bar sinyal ponsel kamu penuh, artinya sinyal yang diterima dari radio tower terdekat cukup kuat. Tetapi ini tidak menjamin kecepatan koneksi internet kamu, guys. Jika ada banyak smartphone yang menggunakan tower yang sama, kamu mungkin akan dibuat jengkel dengan kecepatan internetmu yang lambat, walaupun indikator sinyalnya bagus.

3. Semakin besar megapiksel kamera, semakin bagus gambarnya

via quora.com

Biasanya, perusahaan pembuat smartphone mengiklankan produknya dengan besaran megapiksel pada fitur kamera. Hmm… jangan sampai kamu tertipu dengan hal ini. Sebab megapiksel hanya berpengaruh terhadap ukuran foto, bukan kualitasnya. Ada banyak faktor lain yang lebih menentukan kualitas foto seperti lensa, ukuran sensor, dan keterampilan fotografernya.

4. Tombol refresh bisa mempercepat kerja komputer

via brightside.me

Tahu gak fungsi sebenarnya dari tombol refresh yang biasanya kamu klik saat kinerja komputer kamu melambat? Nah, sebenarnya refresh berguna untuk menata ulang nama dan posisi folder di layar komputer. Misalnya gini, kamu sudah mengganti nama satu folder atau aplikasi, tetapi nama folder tersebut belum berubah. Dengan mengklik refresh, nama folder tadi akan diganti dengan nama yang barusan kamu ketik. Saat kamu mengklik refresh berulang-ulang, ada waktu yang cukup bagi komputer kamu untuk memulihkan kecepatan dengan sendirinya.

5. Hanya menggunakan charger yang asli

via brightside.me

Yup, memang gak diragukan lagi charger asli tentu bisa mengisi ulang baterai smartphone kamu lebih cepat. Tetapi charger merek lain belum tentu berpotensi merusak gawai kesayangan kamu, lho. Asalkan bermutu, charger merek lain juga bisa mengisi ulang baterai dengan cepat, sama dengan yang original. Faktor lain yang menentukan kecepatan isi ulang adalah aliran listrik di tempat kamu berada.


6. Selalu mencopot USB dengan baik dan benar

via brightside.me

Safe remove yang biasanya ada di bagian bawah layar berguna untuk memeriksa apakah semua perubahan di USB-drive kamu sudah tersimpan dan tidak ada file lain yang sedang dipindahkan. Ini adalah cara melepas USB yang aman setelah mentrasfer data. Tapi jika tidak ada file yang dipindahkan, kamu bisa langsung mencopot USB kamu dari komputer.

7. Mode incognito menutupi jejakmu di internet

via brightside.me

Kalau kamu percaya sama mitos ini, coba baca dan amati lagi penjelasan mode incognito di browser kamu. Faktanya, mode ini hanya menghapus data yang disimpan di komputer kamu sendiri. Data penjelajahan kamu masih bisa terdeteksi dari luar, misalnya oleh website yang kamu kunjungi, atau penyedia layanan internet di tempat kamu browsing.

8. Komputer Mac kebal terhadap virus

via osxdaily.com

Lebih tepatnya, OS (operating system) Mac mempunyai titik kelemahan terhadap virus yang lebih sedikit dibanding Windows. Seperti yang kita tahu, Windows adalah OS yang paling banyak digunakan masyarakat dunia, jadi gak heran kalau kebanyakan virus dibuat untuk menyerang sistem operasi Windows, bukan Mac. Tapi ini tidak berarti Mac kebal terhadap virus.

9. Internet sama dengan WWW

via oix.ua

Istilah “internet” dan World Wide Web sering tertukar, padahal artinya sangat berbeda lho. Melansir dari laman Gadgetsnow, internet umumnya disebut network in networks (jaringan di dalam jaringan), mengacu pada infrastruktur yang menghubungkan jaringan di seluruh dunia, seperti tower seluler, server, komputer, satelit, kabel dan perangkat lainnya.

Nah, sekarang kamu sudah tahu 9 mitos gadget tadi ternyata tidak benar, guys. Jadi jangan salah lagi ya! Dan kalau bisa kasih tahu juga teman-temanmu dengan mengklik tombol share di bawah, hehe.

Komentar:

Komentar