Baru Tahu! Ternyata Fungsi Awal Dibuatnya Kamera Depan Bukan Untuk Selfie, Lho!

Banyak yang salah kaprah nih!

Berselfie dengan kamera bukanlah hal yang asing lagi di era kekinan. Bahkan menjadi hal aneh ketika ada generasi zaman now yang nggak punya kamera smartphone buat sekedar selfie. Ini yang membuat setiap smartphone baru yang dirilis di pasaran pasti akan dilengkapi dengan fitur kamera depan untuk memudahkan selfie. Bahkan bermunculan juga smartphone khusus yang sengaja dibuat untuk penggemar selfie.

via inet.detik.com

Padahal aslinya kamera depan pertamakali dibuat bukan untuk keperluan selfie, lho. Kamera depan pertamakali bisa ditemui pada ponsel merek Sony Ericsson Z1010 yang kekuatan kameranya hanya 0,3 pixel. Kamera macam ini disebut juga dengan kamera VGA.

via itmedia.com

Nah munculnya kamera depan pada Sony Ericsson Z1010 ini jelas bukan buat selfie, mengingat kekuatannya yang sangat kecil. Rupanya kamera depan pada ponsel ini dibuat untuk kepentingan bisnis seperti rapat atau konferensi. Kamera depan memungkinkan peserta yang tak bisa datang rapat untuk bertatap muka dengan rekan kerja atau rekan bisnisnya. Jadi kamera depan jelas difungsikan untuk para pekerja yang sering rapat namun dalam keadaan tertentu berhalangan hadir.

Namun seiring perkembangan zaman, kamera depan digunakan untuk foto-foto dan selfie. Puncaknya terjadi pada tahun 2014, dimana saat itu media sosial seperti Instagram, snapchat, Facebook, dan kawan-kawannya sedang ramai digunakan. Bahkan dari laporan Google, setiap harinya ada 93 juta selfie yang diambil via smartphone.

via jalantikus.com

Dan semakin kesini, kebutuhan akan kamera depan terus meningkat. Variasinya pun banyak, tengok saja iPhone X yang membekali kamera depannya dengan teknologi TrueDepth untuk fungsi Face ID dan animoji, atau Vivo V7 yang juga memanfaatkan kamera depan untuk Face Access.

 

So, kamera depan nggak lagi hanya dipakai untuk rapat dan kepentingan bisnis aja kayak jaman dulu. Bukan juga cuma dipakai untuk sekedar selfie. Kamera depan udah punya banyak fungsi lain yang lebih bisa dirasakan manfaatnya. Kalau kamu sendiri, biasanya pakai kamera depan buat kepentingan apa?

5 Shares

Komentar:

Komentar