Rilis Berbarengan dengan A Man Called Ahok, Inilah 5 Hal dari Hanum & Rangga yang Harus Kamu Tahu

Nampaknya Hanum Rais adalah tokoh terbanyak yang dibuatkan filmnya, total ada 5 judul

:

Semenjak Ayat-ayat Cinta (2008) menuai respon positif dari kalangan pecinta film tanah air, film religi Islami yang diadaptasi dari buku/novel terus bermunculan hingga kini. Film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Habiburrahman El-Shirazy (Kang Abik) ini berhasil menghimpun lebih dari 3 juta penonton.

Seakan mengikuti tren, selanjutnya bermunculanlah juga penulis-penulis novel bernafaskan Islami lain yang karyanya diangkat ke layar lebar. Semisal Asma Nadia (yang memulai debutnya dengan Emak Ingin Naik Haji), atau Hanum Rais dan suaminya Rangga Almahendra.

Satu hal yang mempertalikan karya-karya dari Kang Abik dan penulis seperti Asma Nadia adalah tema persoalannya, yang rata-rata berkisar di drama keluarga dan pernikahan. Nah, sedikit berbeda dengan Kang Abik dan Asma Nadia, karya Hanum Rais selalu hadir dengan memakai dirinya sebagai karakter utama. Nggak kurang sudah ada empat film yang menceritakan konflik pernikahan ia dan suaminya.

Dan sebentar lagi, film terbarunya yang berjudul Hanum & Rangga juga akan tayang di bioskop.

Hanum Rais penulis novel Islam terkenal yang juga merupakan putri dari tokoh nasional, Amin Rais. / via Hanum Rais

Mungkin kamu yang masih belum familiar dengan karya Hanum Rais merasa penasaran. Maka dari itu lewat artikel ini, saya akan ajak kamu untuk menelusuri fakta menarik dari film tersebut.

Percaya diri dengan namanya sendiri

Sebelumnya, film-film Hanum Rais sering menggunakan judul yang cukup panjang sesuai judul novelnya. Contohnya, 99 Cahaya di Langit Eropa dan Bulan Terbelah di Langit Amerika, yang masing-masing dari judul memiliki dua seri. Namun kali ini, ia cukup percaya diri menggunakan namanya sendiri yakni Hanum & Rangga.

Apakah film ini akan sefenomenal Habibie & Ainun? Itu bukan tempat saya untuk menjawab. Jadi kita tunggu saja filmnya.


via MD Pictures

(Kembali) diangkat dari novel laris karya sendiri

Hanum & Rangga memang diadaptasi dari novel laris. Namun novelnya nggak punya judul yang sama seperti judul filmnya. Judul novelnya adalah Faith & The City.

via Gramedia

Cerita filmnya sendiri lebih menekankan pada kisah tentang dilema yang dialami Hanum Rais sebagai wanita karier; antara mengejar impian atau menjaga keutuhan sebuah keluarga.

Jika diperhatikan sih, cerita film tersebut nggak jauh beda dari film-film hasil adaptasi novel Hanum Rais sebelumnya. Akan ada adegan pasangan suami-istri berantem, karena Hanum Rais (diperankan Acha Septriasa) diceritakan keras kepala memilih karier dibanding suaminya. Setelah itu… sudahlah, nanti jadinya spoiler lagi.

Ya, tapi semoga ada nilai tentang agama yang lebih penting yang diusung dalam film ini sebagaimana 99 Cahaya di Langit Eropa, yang saya yakini masih karya terbaik dari Hanum Rais.

Kali ini diproduksi oleh MD Pictures

Jika keempat film sebelumnya diproduksi Maxima Pictures (seri terakhir oleh Max Pictures), kali ini Manoj Punjabi (MD Pictures) yang tertarik mengadaptasi novel Hanum Rais. MD Pictures sendiri termasuk rumah produksi yang sering mengadaptasi novel Islami ke dalam film: Ayat-ayat Cinta dan Surga yang Tak Dirindukan contohnya.

Abimana diganti Rio Dewanto

Buat saya sendiri, mengganti aktor yang perannya sudah melekat di hati para penonton merupakan hal yang baiknya dihindari. Akan ada perasaan yang nggak sama lagi ketika karakter yang digantikan aktor lain muncul di layar.

Di empat film sebelumnya, Acha Septriasa dipasangkan dengan Abimana Aryasatya yang berperan sebagai Rangga Almahendra. Rasa-rasanya bukan hanya saya saja yang memuji kekuatan dan keintiman hubungan mereka sebagai Hanum dan Rangga. Hanum yang keras kepala selalu berpasangan dengan Rangga yang penyabar. Dan semua itu sudah dibuktikan kuat oleh Acha dan Abimana.

Keputusan MD Pictures mengganti Abimana dengan Rio Dewanto agak sedikit mengejutkan buat saya. Begitu lihat trailer resminya pun, saya merasa ada rasa yang berbeda. Mungkin ini hanya masalah kebiasaan saja. Tapi saya sendiri punya pengalaman ketika melihat MD Pictures mengganti karakter Aisha dalam Ayat-ayat Cinta 2 (2017) yang semula diperankan Rianti Cartwright dengan Dewi Sandra.

Sumpah, mereka tuh udah cocok banget!/via Maxima Pictures

Bahkan kabarnya Hanum & Rangga yang merupakan lanjutan Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 pun mengganti peran Azima. Seperti yang diketahui, Azima Husein yang diperankan oleh Rianti Cartwright muncul sebagai tokoh penting dalam seri Bulan Terbelah di Langit Amerika. Tapi di Hanum & Rangga, Rianti akan digantikan oleh Titi Kamal.

Hmm… tapi saya masih bersyukur Acha Septriasa tidak digantikan. Entah apa jadinya jika karakter Hanum digantikan pemain lain, apalagi jika dimainkan oleh dirinya sendiri?

Padahal Titi Kamal mending dibuat tokoh baru saja/via MD Pictures

Head-to-head dengan Ahok!

Eitss… ada apa ini? Kok jadi bawa-bawa politik! Santai dulu, saya ceritakan sebentar. Bukan berarti film ini menantang langsung Ahok untuk bertarung di ranah politik.

Begini ceritanya, di deretan film yang akan tayang pada bulan November 2018, awalnya Hanum & Rangga sudah dikonfirmasi akan tayang pada tanggal 15 November. Dengan kata lain, film ini akan berhadapan (atau head-to-head) dengan Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur. Namun, entah kenapa jadwal rilis Hanum & Rangga dimajukan menjadi tanggal 8 November 2018.

Well, saya sendiri punya dugaan kenapa film ini dimajukan jadwalnya. Tapi, yah… mungkin kamu  juga sudah punya tebakan tersendiri.

Pada tanggal 8 November tersebut, sebenarnya ada satu film lain yang akan tayang. A Man Called Ahok judulnya. Ini adalah, film yang menceritakan kisah tentang seseorang yang pernah menjabat sebagai Gubernur DKI, yang sering disapa Ahok.

Jadi… Hanum & Rangga akan tayang pada 8 November 2018 berbarengan dengan A Man Called Ahok yang diperankan Daniel Mananta.

Sudah menentukan pilihan, mau nonton yang mana?

Komentar:

Komentar