Tertarik Ikut Korea Indonesia Film Festival? Simak Dulu Jadwal & Daftar Filmnya

Pecinta drakor wajib nonton ya

Selain Hollywood dan Bollywood, industri film Korea bisa dianggap salah satu yang mendunia. Salah satu keunggulan dari film Korea adalah karena mereka mampu menempatkan budaya lokal dalam setiap film yang dibuatnya. Hal ini memang senada dengan pernyataan yang menyebutkan bahwa film bukan sekedar hiburan, tapi juga produk budaya.

Nah, sebagai ajang pertukaran budaya, Korea Cultural Centre Indonesia (KCCI) bekerjasama dengan CGV Cinemas, kembali menggelar Korea Indonesia Film Festival (KIFF) 2018. Tujuan dilaksanakan festival ini adalah sebagai wujud apresiasi dan pertukaran budaya dalam perfilman masing-masing negara melalui sebuah acara yang dihadirkan untuk masyarakat pencinta film di Indonesia.

Berkaitan dengan hal tersebut, ada baiknya kamu simak dulu nih hal-hal terkait KIFF 2018;

Diselenggarakan di empat kota

KIFF 2018 akan diselenggarakan di empat CGV Cinemas kota besar di Indonesia, yakni CGV Grand Indonesia (Jakarta), CGV Social Market (Palembang), CGVJ-Walk (Jogjakarta), dan CGV Daya Grand Square (Makassar). Jika dibandingkan dengan jumlah seluruh CGV yang ada, jumlah empat kota memang terasa kurang mewakili. Bahkan Bandung saja harus tereliminasi dari gelaran KIFF 2018, padahal salah satu film Indonesia yang memeriahkan KIFF 2018 adalah film yang bisa dibilang ‘Bandung Banget’

Ya…tapi nggak apa-apa lah. Semoga tahun berikutnya, penyebaran kotanya lebih luas lagi.

Mulai tanggal 18 – 21 Oktober 2018

Rangkaian acara KIFF 2018 akan dimulai pada 18 Oktober 2018 di CGV Grand Indonesia dengan penayangan film The Negotiation (CJ Entertainment/CBI Pictures). Selain penayangan perdana, acara ini juga sekaligus Opening KIFF 2018 yang tahun ini melibatkan aktor berbakat Iqbaal Ramadhan (Dilan 1990) untuk membukanya.

Keesokan harinya, barulah diputar film-film di seluruh CGV yang sudah ditetapkan sebagai tempat penayangan KIFF 2018. Dan pada hari terakhir, KIFF 2018 akan ditutup dengan penayangan Forgotten (M-Line Distribution).

Agenda utama KIFF 2018./ via KIFF 2018

Film apa saja yang ikut memeriahkan?

Total ada 19 film yang akan memeriahkan KIFF 2018 dengan komposisi empat film Indonesia dan lima belas film Korea. Film Indonesia sendiri diwakili oleh Dilan 1990 (Max Pictures), Pengabdi Setan (Rapi Films), Si Doel the Movie (Falcon Pictures), dan Susah Sinyal (Starvision Plus).

Menurut hemat saya, keempat film tersebut agak kurang pas untuk diputar di KIFF 2018 jika tujuannya untuk memperkenalkan budaya negara pembuatnya. Tapi mungkin panitia punya alasan lain mengapa memilih keempat film tersebut. Bisa jadi karena film-film tersebut laris di bioskop Indonesia, yang mana keempatnya berhasil mengumpulkan lebih dari satu juta penonton.

Dan di atas segalanya, itu cuma pendapat pribadi saya.

Namun kalau kita mau melihat deretan film KIFF tahun sebelumnya, Kartini dan Filosopi Kopi terasa cukup mewakili budaya Indonesia. Bahkan film yang ada hubungannya dengan Korea pun, seperti Jilbab Traveler Love Sparks in Korea dan Sweet 20 pernah ditayangkan di KIFF.

Aktor muda Iqbaal Ramadhan dipercaya membuka KIFF 2018./ via KIFF 2018

Sementara film Korea yang akan diputar di KIFF 2018 adalah 1987: When the Day Comes (CJ Entertainment/CBI Pictures), A Bird Story (Seoul Arts Center), Along with the Gods: The Two Worlds (Feat Pictures), Along with the Gods 2: The Last 49 Days (Feat Pictures), Dallae Story (Seoul Arts Center), Forgotten (M-Line Distribution), Golden Slumber (CJ Entertainment/CBI Pictures), Gonjiam Haunted Asylum (Encore Films /Moxieotions), Magic Flute (Seoul Arts Center), The Accidental Detective (CJ Entertainment/CBI Pictures), The Accidental Detective 2: In Action (CJ Entertainment), The Battleship Island (CJ Entertainment/CBI Pictures), The Negotiation (CJ Entertainment/CBI Pictures), The Princess and The Matchmaker (CJ Entertainment/CBI Pictures), dan The Spy Gone North (CJ Entertainment)

Nah, bagi kamu yang tertarik nonton film-film di atas, langsung saja datang ke lokasi-lokasi yang sudah disebutkan ya. Jangan sampai kehabisan tiket lho!

Komentar:

Komentar