Selain Fantastic Beast, Ini 5 Kisah Lain tentang Dunia Sihir Harry Potter yang Bisa Diangkat dalam Film

Waktunya Wizarding World bersaing dengan franchise lain yang sudah berjalan

Tujuh seri novel dan delapan film adaptasi yang sama-sama meraup sukses besar. Rasanya nggak berlebihan jika kita menyebut Harry Potter sebagai salah satu karya fiksi paling fenomenal di muka bumi ini. Hebatnya lagi, tujuh novel dan delapan film itu pun bukanlah akhir dari universe Harry Potter. Coba kamu hitung deh, sudah berapa banyak buku dan film yang berhubungan dengan dunia magis Harry Potter?

Tahun 2010 lalu, J. K. Rowling sempat berujar nggak akan pernah lagi menulis kisah tentang Harry Potter. Meskipun nyatanya, ia menulis lagi Harry Potter and the Cursed Child untuk pertunjukan drama teater yang kemudian dicetak ke dalam bentuk buku.

Di tahun yang sama, Rowling menulis tiga e-book berjudul Hogwarts: An Incomplete and Unreliable guide; Short Stories from Hogwarts of Power, Politics and Pesky Poltergeists; serta Short Stories from Hogwarts of Heroism, Hardship and Dangerous Hobbies.

J. K. Rowling sang pengarang kisah fenomenal Harry Potter/via medium.com

Jangan lupakan pula usaha Rowling melebarkan dunia fiksi rekaannya lewat tiga buku lain: Fantastic Beasts and Where to Find Them, Quidditch Through the Ages, dan The Tales of Beedle the Bard. Mengikuti jejak Harry Potter, Fantastic Beasts and Where to Find Them pun dibuatkan versi adaptasi filmnya yang rilis tahun 2016.

Jadi, totalnya sudah berapa? Lumayan banyak juga ya.

Tapi berhubung masih banyak hal yang bisa diulik dan karakter yang juga masih bisa dieksplorasi, berikut ini ada beberapa kisah lain dalam universe Harry Potter yang punya potensi untuk diangkat dalam film.

1. Cinta segitiga Severus-Lily-James

via wizardsandwhatnot.com

Severus Snape itu merupakan sosok yang awalnya dibenci. Tapi ia berubah jadi sosok yang dicintai saat kisah masa lalunya terbongkar di film terakhir. Ya, siapa sangka kalau Severus sebenarnya menyimpan rasa pada Lily, yang notabenenya adalah ibu dari Harry Potter!?

Well, setelah kita dibombardir dengan kisah pertarungan antara yang jahat dengan yang baik, kayaknya nggak ada salahnya kalau kisah cinta segitiga antara Severus – Lily – James mendapat sorotan yang lebih dalam. Cerita asmara mereka bisa dibawakan dalam bentuk drama romantis ringan, meski tetap menggunakan unsur sihir sebagai pendukung visual yang cantik.

Hitung-hitung kita bisa mengenal Hogwarts lebih dalam juga, ‘kan?

2. Death Eaters

via knightmodels.com

Kalau kamu termasuk penonton yang masih mengharapkan banyak adegan pertarungan sihir, saya yakin cerita tentang kelompok Death Eaters yang merupakan pengikut setia Voldemort bisa jadi pilihan bagus untuk diangkat.

Cerita Death Eaters ini bisa mengeksplorasi para pengikutnya seperti Lucios Malfoy, Peter Pettigrew, atau Bellatrix Lestrange. Tapi bakal lebih seru lagi kalau Voldemort juga ambil bagian dalam fokus ceritanya.

Nggak menutup kemungkinan juga jika nantinya kisah Death Eaters merembet ke karakter-karakter lain seperti Remus Lupin dan Sirius Black yang sempat berteman dengan Pettigrew.

3. Keluarga Pure Blood

Contoh silsilah pohon keluarga dalam cerita Harry Potter/via reddit.com

Di dunia sihir ciptaan Rowling, ada istilah Darah Murni dan Darah Campuran bagi seorang penyihir. Dikatakan Murni jika penyihir tersebut lahir dari orangtua yang juga penyihir; Campuran jika ada penyihir yang lahir dengan salah satu orangtuanya merupakan muggle alias nggak punya kemampuan sihir.

Dalam cerita Rowling juga ada beberapa nama keluarga yang menjunjung tinggi nilai kemurnian tersebut, seperti keluarga Malfoy, Lestrange, dan Black. Bakal menarik sih melihat nenek moyang dari ketiga keluarga tersebut, apalagi keturunan dari mereka ada yang saling menikah hanya demi mempertahankan keturunan berdarah murni.

4. Sekolah Beauxbatons dan Durmstrang

Murid-murid aduhai dari Beauxbatons yang sempat muncul dalam kisah Goblet of Fire/via harrypotter.wikia.com

Selain Hogwarts, Rowling mengenalkan dua sekolah lain: Beauxbatons di Prancis dan Durmstrang di Irlandia. Mungkin nanti ceritanya bisa dikembangkan lewat karakter Fleur Delacour yang berasal dari Beauxbaxtons, dan Viktor Krum yang mewakili Durmstrang. Ngomong-ngomong, Grindelwald juga diceritakan dari Durmstrang lho.

Seru juga kalau kita bisa melihat sekolah sihir lain di luar Hogwarts. Tapi kalau harus memilih, saya lebih pengin mengenal Beauxbatons lebih jauh sih. Alasannya apalagi kalau bukan banyaknya murid perempuan cantik di sana!

5. Hagrid

via screenrant.com

Dari beberapa guru yang ada di Hogwarts, sosok Hagrid punya tempat spesial di ingatan sebagian besar penggemar Harry Potter. Dan menurut saya, sekelumit kisah masa lalu Hagrid yang beberapa kali disinggung dalam cerita flashback bisa lebih dieksplorasi secara khusus untuk mengetahui kisahnya secara utuh.

Lagipula jika kisah Newt Scamander saja bisa dibuatkan filmnya dengan menampilkan banyak makhluk fantastis sesuai minatnya, kita harusnya bisa dong melihat makhluk buas kegemaran Hagrid. Aragog dan naga misalnya?

Dari beberapa kisah tersebut, mana yang paling kamu idamkan untuk diangkat jadi film? Siapa tahu diam-diam J. K. Rowling dan pihak studio juga punya niatan yang sama. Siapa tahu…

Kalau kamu punya opini lain, silakan tulis di kolom komentar ya.

12 Shares

Komentar:

Komentar