Pernah Dengar Istilah Film Cult? Apa Sih Itu? Yuk, Bahas Bareng-Bareng


Film ini sangat bagus dan terkenal, dan bla, bla, bla… Film ini termasuk kategori cult, lho!”

Pernah dengar atau baca kalimat di atas? Tapi, apa sih maksudnya film cult itu?. Nah maka dari itu, kalau kamu belum tahu, sekarang kita bakal bahas apa itu film yang masuk kategori cult.

1. Apa Itu Film Cult?

Metropolis-cult-films-8088594-641-519
via fanpop.com

Well, sebenarnya agak sulit mendefinisikan film cult itu sendiri karena memang nggak ada patokan bakunya. Tapi, apa kamu suka memerhatikan ada film yang sangat dipuja nyaris secara fanatik oleh penggemarnya? Para penggemar ini tergabung dalam kelompok khusus, yang terdiri dari mereka yang sangat menyukai film tertentu itu dan nggak pernah bosen nonton filmnya meski diulang ribuan kali. Mereka nggak peduli sama omongan orang lain, terutama kritikus, yang nyebut film kesukaan mereka itu nggak bagus atau kurang sukses di pasaran. Toh, mereka udah kadung cinta sama filmnya.

Bukan, kita nggak lagi bicara soal ibu-ibu yang tiap malem mantengin sinetron. Bukan juga orang yang dari zaman ABG sampai punya anak tujuh masih demen nonton Titanic. Ingat, penonton sekaligus penggemar film cult bisa dibilang hampir dapat disamakan dengan sekelompok pemuja yang militan. Tapi, mereka nggak memuja hal yang bukan-bukan; yang mereka puja cuma film!

Lalu, film seperti apa yang mereka puja?

Biasanya, film tersebut punya jalan cerita atau plot yang aneh, ganjil, eksentrik, absurd, atau apa pun itu namanya. Intinya sih, film cult beda banget sama film-film kebanyakan, atau dengan kata lain, mereka nggak mematuhi kebiasaan yang dilakukan film mayoritas dalam bernarasi. Bukan hanya dari sisi plot; karakter dan settingnya juga biasanya nggak kalah aneh lagi ganjil. Nah, inilah yang namanya film cult.

- Advertisement -

PMYqTp5
via posterposse.com

Dari sini kita bisa tarik benang merah: jadi apa faktor yang bisa membuat sebuah film dapat status cult? Itu tergantung pendapat. Ya, seringkali individu penonton lah yang memutuskan apa suatu film yang aneh itu film cult atau bukan, asalkan film itu memang memenuhi kriteria nggak baku di atas.

2. Kualitas Film Cult

Ada film cult yang bagus, ada juga yang, katakanlah, “sampah”.

Dari deretan film cult yang berkualitas bagus (secara subjektif), contohnya: Eraserhead, A Clockwork Orange, The Big Lebowski, Night of the Living Dead, Donnie Darko, atau Nosferatu.

clockwork-8c740fc3876078ef665f82739fd73370624ca1ad
via northcountrypublicradio.org

Nah, yang menarik adalah film cult yang kualitasnya bisa dibilang jelek. Kamu pernah dengar istilah “film yang saking jeleknya, malah terlihat bagus dan menarik”? Istilah itu cocok buat menggambarkan film macam ini. Film-film ini punya jalan cerita yang bodoh, ganjil, ngawur, nggak jelas; akting para aktor yang jauh dari kata meyakinkan; tata rias berantakan; dan dijamin kamu bakal ketawa ngakak nontonnya. Film cult jenis ini juga biasanya dibuat dengan biaya yang pas-pasan, jadi nggak heran kalau kualitasnya juga… ya begitulah. Tapi, mungkin itulah yang membuat film-film semacam ini begitu dicintai.

3. Apa Aja Film yang Masuk Kategori Cult?

Buat lebih memudahkan kamu memahami film cult, mendingan kamu lihat aja beberapa contoh filmnya.

 1. They Live

b83623e9014a83fd28187868559c115f
via pinterest.com

Dalam Film ini, sang karakter utama yang bernama Nada menemukan bahwa bumi ternyata dikuasai alien yang berwajah buruk rupa. Dari mana ia tahu tentang itu? Itu karena ia memakai kacamata hitam yang membuat ia bisa melihat apa yang tidak bisa dilihat orang lain. Dari mana ia dapat kacamata hitam itu? Dari kotak kardus yang ada di gereja yang tiba-tiba kosong. Siapa yang menaruh kardus-kardus itu di sana? Nggak tahu!

Intinya, dengan memakai kacamata hitam yang keren itu, Nada ingin menyelamatkan dunia dari ancaman alien. Tapi terlepas dari segala keanehan di dalamnya, film ini bagus, kok. Itu juga kalau dilihat dari sudut pandang tertentu.

2. Attack of the Killer Tomatoes

Untitled-18
via alchetron.com

Film ini dibuka dengan paragraf yang minim hubungannya dengan filmnya sendiri. Attack of the Killer Tomatoes bercerita tentang… uhmm, manusia-manusia yang tewas karena serangan yang dilancarkan tomat. Bagaimana cara mereka tewas terlalu “kejam” jika digambarkan di sini.

3. Plan 9 from Outer Space

plan_9_from_outer_space
via deenofgeek.com

Film yang dianggap oleh banyak orang sebagai film terburuk yang pernah ada, dan dibuat oleh sutradara yang dianggap oleh banyak orang sebagai sutradara terburuk sepanjang sejarah.

Mungkin itu berlebihan, tapi sulit untuk menyangkal “kelucuan-kelucuan” yang ada di film ini. Film ini sendiri mengisahkan ancaman dari makhluk luar angkasa untuk membangkitkan mayat-mayat di bumi. Kenapa mereka mengancam manusia bumi? Karena manusia akan menghancurkan alam semesta dengan senjatanya, kata alien itu. Jadilah mereka memanfaatkan mayat hidup demi mencegah rencana jahat manusia.

4. Azrax: Melawan Sindikat Perdagangan Wanita

664xauto-netizen-ngakak-liat-film-azrax-160915s
via dream.co.id

Indonesia juga punya film cult, lho. Salah satunya, Azrax. Film yang katanya mengambil lokasi shooting di Jakarta dan Hongkong ini berkisah tentang Azrax (baca: Ajrak), seorang pemilik padepokan sekaligus pesantren, sekaligus juga sosok yang baik hati, penolong, kharismatik, gondrong, tampan, disukai banyak wanita, rendah hati, jago bela diri, suka ngambil kendaraan orang lain tapi suka nyimpen di mana aja setelah dipakai, dan masih banyak karakteristik hebat lainnya yang nggak bakal tertampung di sini.

Karena wanita di kampung halamannya, yang entah dimana itu, banyak yang menjadi korban perdagangan manusia, Azrax dan satu karakter lainnya (lupa namanya siapa) berangkat ke Jakarta untuk melacak keberadaan mereka. Di Jakarta, dua orang pahlawan ini bertemu dengan karakter lain (lupa juga namanya). Di sana pula ketiganya mendapati kenyataan bahwa mereka harus melintasi lautan, ke Hongkong tepatnya, jika mereka ingin membebaskan para korban.

Lantas, apa yang menarik (atau ganjil) dari film ini? Banyak! Dari mulai dialog, penggambaran karakter, plotholes, sampai aksi-aksi yang ditampilkan banyak yang mengundang derai tawa.

Gimana, apa kamu udah dapat sedikit pencerahan soal film cult? Kalau masih belum puas, mending kamu tonton sendiri film-filmnya. Ada banyak film cult, dan mereka semua layak untuk ditonton karena keunikan tersendirinya itu. Atau jangan-jangan kamu punya daftar rekomendasi film?

- Advertisement -
Shares 29

Komentar:

Komentar