Meski Udah Pernah Nonton, Tapi Kamu Pasti Belum Tahu Fakta Unik Di Balik Pembuatan 10 Film Populer Ini

Harus nonton ulang lagi nih...

Sudah berapa banyak film yang selama ini kamu tonton? Meskipun kamu sendiri nggak ingat, mungkin jawabannya bisa mencapai puluhan atau bahkan ratusan film. Tapi dari ratusan film yang udah kamu tonton itu, apa kamu tahu tentang fakta-fakta menarik yang terjadi saat proses pembuatannya?

Yup, beberapa film populer memang punya fakta-fakta trivia yang menarik buat dibahas, sekaligus sayang buat dilewatkan gitu aja. 10 film ini contohnya, mereka punya fakta-fakta kecil yang bisa nambah wawasan kamu seputar dunia perfilman.

1. The Dark Knight

joker
via pleated-jeans.com

Saking ketakutannya Michael Caine saat pertama kali melihat Joker versi Heath Ledger, dia sampai lupa sama dialog yang harus diucapkannya.

2. Back to the Future

Back-to-the-Future
via nukethefridge.com

Mesin waktu yang ada di film Back to the Future berbentuk mobil DeLorean, kita semua tahu itu. Tapi rencana awalnya, mesin waktu tersebut bakal berbentuk sebuah kulkas. Ya, kamu nggak salah baca, kulkas! Lebih tepatnya, kulkas yang ditempelkan ke truk yang meluncur ke arah ledakan atom.

Saya agak susah ngebayangin Marty McFly dan Doc Brown masuk ke dalam mesin waktu kulkas.

3. Alien

alien-Alien-burstingout
via pleated-jeans.com

Tahu adegan legendaris di film Alien saat Xenomorph menyembur keluar dari dada itu, ‘kan?

- Advertisement -

Faktanya, sewaktu proses syuting nggak ada satu pun aktor yang dikasih tahu bakal ada Xenomorph nyembur keluar dari dada Gilbert Kane (John Hurt). Hasilnya memang sepadan; semua aktor yang terlibat beneran dibikin ketakutan setengah mati. Veronica Cartwright malah sampai pingsan saat itu.

4. Titanic

RMS-Titanic
via uwants.com

Ongkos yang harus dikeluarkan untuk membuat Titanic pada tahun 1910-1912 masih kalah besar dibanding bujet untuk membuat filmnya. Jika kapal Titanic dibuat tahun 1997, biaya yang diperlukan sekitar $120-150 juta. Sedangkan filmnya sendiri menghabiskan dana sampai sekitar $200 juta.

5. Saving Private Ryan

saving-private-ryan
via pleated-jeans.com

Semua aktor di film ini diharuskan ikut pelatihan dasar dulu. Semuanya… kecuali pemeran Ryan, Matt Damon. Pengistimewaan itu bisa terjadi karena Sutradara Steven Spielberg pengin semua aktor terlihat benar-benar membenci Matt Damon.

6. Fight Club

Fight-Club-Starbucks
via whatculture.com

Kalau kamu nanti nonton Fight Club, coba perhatikan deh, apa kamu lihat cangkir atau cup Starbucks di sepanjang film. Cup berlogo Starbucks memang sengaja disisipkan di setiap adegan Fight Club.

7. The Doors

The-Doors-film
via dojofilm.it

Sebelum berakting dalam film The Doors sebagai Jim Morrison, Val Kilmer mempelajari dulu lagu-lagu dari The Doors. Nggak tanggung-tanggung, 50 lagu dia pelajari!

Hebatnya, sewaktu personel asli The Doors dengar rekaman nyanyian Kilmer, mereka nggak bisa membedakan suara siapa yang mereka dengar, Val Kilmer atau Jim Morrison.

8. Life of Pi

Steven-Callahan-
via npr.org

Pernah dengar nama Steven Callahan? Dia merupakan orang yang pernah selamat dari kecelakaan kapal laut. Selama 76 hari dia terapung-apung di laut, dan selama itu pula dia pernah berhadapan dengan hiu, badai, dan rasa haus yang amat sangat.

Nggak aneh kalau akhirnya Steven membantu proses pembuatan film Life of Pi sebagai penasihat teknis.

9. The Hangover

8
via pleated-jeans.com

Gigi Ed Helms yang ompong di film The Hangover bukan karena efek makeup. Giginya memang beneran copot waktu itu.

10. 2001: A Space Odyssey

14
via pleated-jeans.com

Setelah pembuatan film selesai, sutradara Stanley Kubrick menghancurkan semua properti yang digunakan dalam film. Tujuannya, biar nggak ada film berkualitas jelek yang bisa pakai properti tersebut.

Lumayan kan, setelah ini kamu bisa agak pamer soal wawasan kamu tentang film. Mungkin aja nanti kamu nonton bareng 10 film ini sama temen atau gebetan. Tapi kalau kamu tahu fakta-fakta lainnya, bisa dong share sedikit?

Sumber: PleatedJeans/UnbeliveableFacts

- Advertisement -
Shares 91

Komentar:

Komentar