Mari Kita Berkenalan dengan Scary Stories to Tell in the Dark, Buku Super Seram yang Bakal Diangkat Jadi Film

Kapan giliran komik horor Tatang S diadaptasi jadi film?

Pernah mendengar tentang buku seri yang berjudul Scary Stories to Tell in the Dark? Dari judulnya saja kita bisa menebak kalau buku yang populer di Amerika Serikat ini berisi cerita horor yang menyeramkan. Tapi berbeda dengan  Goosebumps yang lebih mirip seperti novella, buku karangan Alvin Schwartz ini lebih cocok disebut buku ilustrasi bagi anak-anak. Dari isinya, buku ini menampilkan ilustrasi dan cerita yang cukup singkat. Bahasanya pun cenderung ringan untuk dicerna anak-anak.

Meskipun idealnya buku ilustrasi anak mempertontonkan sosok karakter jenaka, lucu dan menarik, dalam Scary Stories to Tell in the Dark Schwartz berani menyuguhkan sesuatu yang nggak biasa. Salah satu keberaniannya bisa kamu lihat lewat ilustrasi menyeramkan yang dibuat oleh Stephen Gammel. Contohnya saja seperti ini…

via theverge.com

Atau ini…

via looper.com

Bagaimana? Lumayan, bukan? Kalau dibandingkan komik horor ciptaan Tatang Suhendra, contoh ilustrasi di atas terlihat lebih menjijikan deh. Itu menurut saya yang sudah dewasa; bagaimana jika anak-anak yang masih polos pemikirannya melihat ilustrasi tersebut?

Untuk segi cerita, sebenarnya Alvin Schwartz mendapat inspirasi dari cerita mitos dan legenda urban. Sesekali Schwartz bahkan berani mengangkat topik cerita yang nyentrik, seperti okultisme/satanisme dan kekerasan. Akibatnya buku seri horor ini sempat masuk ke dalam daftar buku yang dilarang beredar di kisaran tahun 2000-2009.

via theplaylist.net

Meskipun sempat mendundang kontroversi, tapi hal tersebut nggak menyurutkan antusiasme salah satu rumah produksi, CBS Films, untuk menggarap film adaptasi Scary Stories to Tell in the Dark.

Dilansir Variety, Scary Stories to Tell in the Dark dikabarkan akan melibatkan salah satu sineas yang pernah meraih penghargaan Oscars, Guillermo del Torro sebagai produser. Melihat sepak terjang del Torro yang sukses dengan Pan’s Labyrinth (2006) dan The Shape of Water (2017) rasanya kita bisa optimis faktor yang bikin bukunya begitu menyeramkan (baca: ilustrasi horor) bisa dibawa ke versi layar lebarnya. Terlebih lagi, del Torro mengonfirmasi kalau versi filmnya bakal sesetia mungkin menampilkan makhluk yang ada di ilustrasi bukunya.

Nantinya, Del Torro akan bekerja sama dengan André Øvredal yang ditunjuk sebagai sutradara. Buat ceritanya sendiri, film ini bakal menceritakan tentang sekelompok remaja yang dihadapkan pada serangkaian misteri yang terjadi di kota tempat tinggal mereka.

via joblo.com

Sedangkan untuk aktornya, beberapa nama yang sudah diumumkan bakal bermain di film ini adalah Austin Abrams, Natalie Ganzhorn, Michael Garza, Gabriel Rush, dan Austin Zajur.

Bakal jadi seperti apa film adaptasi dari buku anak ini di tangan del Torro dan Øvredal? Apakah Scary Stories to Tell in the Dark akan mampu meraih kesuksesan kayak It, atau justru mengalami nasib yang serupa dengan Goosebumps?

Komentar:

Komentar