Lupakan Dulu Alita, Ini 5 Tipe Robot Ikonik yang Sering Nongol di Film

Tertarik pelihara robot kayak T-1000?

Sudah nonton Alita: Battle Angel? Bagi saya, film hasil adaptasi manga tersebut kurang memuaskan dari segi plot dan penggambaran karakter pendukungnya. Tapi di balik kekurangannya, film itu masih punya kelebihan yang terwujud dalam karakter utamanya: Alita, si robot perempuan yang ditemukan di tempat rongsokan.

Itulah bukti kalau barang bekas pun bisa jadi berkah buat orang lain. Ada benarnya juga tuh omongan salah satu situs tempat jualan. Iya, nggak?

Saat nonton Alita: Battle Angel, saya juga jadi teringat tipe-tipe robot yang sering nongol di film Hollywood. Jika Alita adalah robot yang bisa memadu kasih dengan manusia berjenis kelamin laki-laki, 5 tipe robot yang bakal saya sebutkan di artikel ini punya karakteristik sedikit berbeda.

Kamu pun mungkin tahu 5 tipe robot di bawah ini. Kalau misalnya kamu belum tahu… waduh, tonton dulu deh film-filmnya. Keren kok.

1. Cyborg

Darth Vader yang sering berbicara dengan suara berat, mirip om-om/via imdb.com/20th Century Fox

Cyborg sering diartikan sebagai manusia yang sebagian tubuhnya tertanam mesin. Biasanya mesin tersebut ditutupi oleh bagian tubuh seperti tangan dan kaki, membuat cyborg sekilas terlihat seperti manusia biasa. Jadi saat kamu membongkar tubuh cyborg yang berbentuk cewek atau cowok ganteng, nggak usah bingung kalau di dalam tangannya ada machine gun tersembunyi.

Karakter cyborg ikonik dalam film: RoboCop, Darth Vader, Inspector Gadget

Ketiganya punya satu kemiripan: tubuh mereka yang dimodifikasi dengan mesin setelah mengalami kecelakaan parah. Modifikasi tubuh Inspector Gadget dan RoboCop terjadi setelah mereka terlibat pertikaian. Sementara Darth Vader dari seri film Star Wars harus mengganti tubuhnya dengan mesin setelah terpapar lahar panas.

2. Robot Alien

Robot itu pasti diciptakan oleh manusia. Seenggaknya sampai detik ini, belum ada robot yang menciptakan sesama robot.

Tapi bagaimana jika ada kehidupan lain di luar bumi yang penduduknya justru robot? Yang paling terkenal dan gampang diingat di antaranya robot alien Optimus Prime dan Bumblebe dari seri film Transformers. Tapi apa kamu tahu robot alien lainnya yang nggak kalah keren?

Ia adalah Klaatu dari film The Day the Earth Stood Still. Dalam film tersebut, Klaatu diceritakan sebagai robot alien yang datang ke bumi untuk kampanye pilpres mengajak manusia bumi agar lebih sadar terhadap lingkungan yang semakin rusak.

Klaatu si alien berjas perlente/via imdb.com/20th Century Fox

Hmm… kalau saya ketemu sama si Klaatu, saya bakal minta dia buat melamar ke NGO tuh. Bahasa Inggrisnya bagus lagi.

3. Mesin pembunuh

“I’ll be back,” kata Arnold Schwarzenegger dalam film The Terminator (1984). Yup, film yang disutradarai oleh James Cameron tersebut mengisahkan tentang robot yang dikirim dari masa depan untuk menghabisi nyawa Sarah Connor.

Dan benar saja, sampai lebih dari tiga dekade kemudian ia selalu kembali sebagai robot pembunuh yang dikirim dari masa depan. Arnold itu robot yang tepat janji ya.

Tapi selain Arnold Schwarzenegger yang memerankan robot jenis T-800, banyak juga orang yang mengagumi robot T-1000 yang diperankan Robert Patrick di Terminator 2: Judgment Day. Ia sulit dilawan karena tubuhnya yang terbuat dari logam cair bisa berubah bentuk. Dan mukanya itu lho, selalu terlihat dingin tanpa ekspresi.

Beginilah wujud T-1000 yang baru bangun tidur dan belum pakai makeup/via imdb.com/Tri-Star Pictures

Oh ya, sekuel terbarunya yang berjudul Terminator: Dark Fate bakal dirilis November 2019 lho. Kira-kira robot seperti apa lagi ya yang bakal dihadapi Sarah Connor?

4. Robot krisis identitas

Sesosok robot biasanya menyadari dirinya hanyalah sebatas logam bermesin. Tapi robot yang ada di kategori ini sering nggak sadar kalau dirinya adalah robot. Alih-alih insyaf, ia malah menganggap dirinya adalah manusia.

Iya, mereka yang ada di kategori ini bisa dibilang mengalami krisis identitas. Agak-agak mirip ABG yang lagi mencari jati diri gitu.

Marcus Wright dari film Terminator Salvation (2009) misalnya, nggak sadar dirinya hanyalah robot. Ada pula David yang diperankan oleh Haley Joel Osment dalam film A.I. Artificial Intelligence. Dalam kasus David, ia nggak menyadari dirinya robot karena ditanami program khusus dalam sistemnya. David dibekali program yang membuatnya bisa merasakan cinta dan kasih sayang sebagai seorang anak robot.

Siapa sangka jika anak kecil nan imut ini ternyata robot? Dianya juga nggak nyadar/via imdb.com/Warner Bros. Pictures

5. Robot yang baik hati dan suka menolong

“Hi, I’m Baymax. Your personal health care!”/via imdb.com/Walt Disney Studios Motion Pictures

Selayaknya fungsi utama robot, beberapa robot ikonik dalam film berikut memang diperuntukan sebagai sosok pembantu umat manusia.

Misalnya, robot berbentuk kotak kecil WALL-E yang bertugas membersihkan sampah. Jadi seumur hidupnya, kerjaannya si WALL-E ini cuma membersihkan sampah. Sementara robot-robot lain sudah menggapai kesuksesan, traveling keliling dunia, jadi selebgram terkenal, dan membangun korporasi multinasional, si WALL-E ini akan terus membersihkan sampah.

Jangan heran jika suatu hari WALL-E memberontak karena muak disuruh membersihkan sampah melulu.

Tapi hey, WALL-E kan cuma robot. Seandainya saja ia ada di kehidupan nyata, keberadaannya  bisa sangat membantu, bukan? Terutama buat kita yang malas bersih-bersih.

Oh ya, satu lagi robot bagus yang ada di film: Baymax si robot medis dari Big Hero 6 (2014).

Dari sekian banyak robot yang sudah disebut di atas, siapa yang jadi favorit kamu? Atau ada tipe robot lain yang luput disebutkan di daftar ini?

3 Shares

Komentar:

Komentar