Lebih Seram Mana, Munculnya Valak di The Conjuring 2 atau The Nun?

Atau lebih seram Marylin Manson?

Mengukur sukses film horor sebetulnya bisa dilakukan dengan sederhana. Misalnya orang bisa bertanya apakah “Filmnya seram atau nggak?” Meskipun begitu, jawabannya pasti bervariasi. Ada orang yang ngeri karena punya pengalaman yang sama dengan adegan di film, ada yang merasa seram karena penampakan hantu, ada pula yang bergidik karena pembangunan struktur cerita yang memaksimalkan tata kamera dan musik yang mumpuni.

James Wan/via hollywoodreporter.com

Dan jika kita berbicara film horor buatan Hollywood, tentu ingatan kita akan melayang pada satu nama sutradara dengan rekam jejak yang terbilang sukses. Keahliannya sudah terbukti dalam Saw (2004), Dead Silence (2007), Insidious (2011), The Conjuring, Insidious: Chapter 2 (2013) dan The Conjuring 2 (2016).

Siapa dia? Yup, dia adalah sutradara ternama kelahiran Malaysia, James Wan.

Sebagai seorang sutradara James Wan paham betul bagaimana bikin penonton filmnya merinding ketakutan. Saya termasuk salah satu korbannya. Tapi sebagai pencinta film horor/thriller, saya lebih senang ditakuti oleh film yang memanfaatkan pembangunan cerita yang mengikat emosi; nggak cuma mengeksploitasi penampakan hantu di tempat yang tak semestinya. Dan itu kenapa saya menganggap The Conjuring 2 sebagai tontonan horor yang mumpuni.

Meski formula yang dipakai dalam The Conjuring 2 hampir tak jauh beda dengan film pendahulunya, Jawes Wan mampu memberikan teror pada penonton bahkan di saat hantunya tak muncul di layar. Ini menunjukkan kepiawaian James Wan dalam membangun intensitas horor dalam filmnya.

Satu faktor lain yang bikin The Conjuring 2 jadi film horor yang sarat kualitas nggak lain karena adanya Valak. Bahkan saya menyebut bagaimana penampakan Valak dimunculkan dalam The Conjuring 2 sebagai salah satu seni kemunculan hantu terbaik yang ada di film horor.

Kalau-kalau kamu lupa, video di bawah ini bisa jadi bahan pengingat:

Lalu bagaimana kemunculan Valak di Conjuring 2 jika dibandingkan dengan penampilannya di The Nun?

Film yang dikabarkan sukses di box office meski dapat rating yang jelek ini bercerita tentang kisah masa lalu Valak dengan mengambil latar waktu pada tahun 1952.

Seperti apa asal-usul Valak dan semenyeramkan apa dia jika dibandingkan dengan kemunculannya di The Conjuring 2?

Cerita bermula saat seorang biarawati di satu biara tua di Rumania, diduga bunuh diri. Untuk menyelidiki kasus ini, diutuslah Suster Irene (yang belum diambil sumpahnya) menemani Pastor Burke. Dari biara inilah kita tahu dari mana Valak berasal.

Tapi di separuh durasinya fokus the Nun bukanlah pada Valak, melainkan pada sosok suster Irene yang diperankan Taissa Farmiga. Selama itu pula saya disuguhi gelontoran jumpscare yang bikin kaget. Kagetnya pun bukan karena pembangunan struktur cerita yang ditata dengan ciamik, tapi lebih ke tipuan tata musik dan tata suara.

Kemunculan Valak dengan desain yang sudah terbayang di ingatan saya, akhirnya malah kurang berkesan. Kasarnya sih, efek kemunculannya tak semengerikan seperti di Conjuring 2.

Meski begitu, adegan pertarungan terakhir antara Suster Irene dan Valak yang dilengkapi semburan darah Yesus bisa dibilang cukup menyeramkan. Jalan menuju ke adegan puncak itu pun dirangkai dengan apik meski sesekali keputusan bodoh mengikuti. Ya, di satu adegan, Suster Irene, Pastor Burke dan Frenchie tiba-tiba berpencar tanpa motivasi yang jelas. Ketika nonton saya langsung berujar dalam hati: “Kok mereka berpencar sih? Motivasinya apa!?”

Ya sudahlah, sutradara The Nun maunya begitu memang.

Cantik ya si Valak ini/via Youtube.com

Mengingat fakta kalau James Wan tak duduk sebagai sutradara The Nun, barangkali itu salah satu penyebab kenapa film ini berakhir dengan kering. Alih-alih menyeramkan, The Nun tampil sebagai film misteri dengan segudang kekonyolannya.

Terlepas dari segala kekacauannya, setidaknya usaha sutradara untuk mengikat jalinan cerita The Nun dengan The Conjuring patut kita apresiasi. Itu adalah salah satu hal terbaik yang bisa kita lihat dalam The Nun.

Jadi lebih seram mana? Menurut hemat saya, kemunculan Valak di The Conjuring 2 jelas lebih menyeramkan dibanding Valak beraksi di filmnya sendiri. Menurut kamu?

- Advertisement -
Shares 8

Komentar:

Komentar