Penasaran Nggak, Siapa sih Karakter Film yang Paling Cocok Disebut Psikopat?

Para peneliti nggak pernah nonton sinetron Indonesia sih

:

Nggak semua psikopat di dunia nyata itu pernah membunuh orang sebenarnya. Cuma dalam beberapa kasus tertentu, memang ada psikopat yang tega menghilangkan nyawa orang. Dan biasanya psikopat semacam ini membunuh tanpa rasa belas kasihan sama sekali.

Ya, psikopat yang akan dibahas di artikel ini adalah psikopat yang memang beneran psikopat; bukan orang yang kamu sebut “psikopat” (jahat) karena menyuruh kamu beli ciki ke minimarket di tengah malam. Kalau kamu tertarik mengetahui lebih jauh apa itu psikopat, dan apa bedanya mereka dengan sosiopat serta narsistik, baca artikel ini.

Lalu kenapa sekarang kita membahas psikopat yang ada di film, bukannya yang ada di dunia nyata?

Kebanyakan orang normal kayaknya bakalan enggan kalau berurusan langsung dengan psikopat. Jadi cara aman bagi kita untuk mengenali psikopat adalah dengan membaca artikel atau nonton film. Lumayan banyak lho film yang mengangkat tema tentang psikopatisme. Beberapa karakter yang katanya psikopat malah bisa menjelma jadi ikon bagi moviegoer sedunia. Semisal, Hannibal Lecter (Silence of the Lambs).

via mentalfloss.com

Patrick Bateman (American Psycho).

via eonline.com

Atau Alex Forrest (Karakter yang merebus kelinci dalam panci berisi air mendidih di Fatal Attraction).

via youtube.com

Tapi kalau bicara soal kerealistisan, tiga karakter di atas masih kalah jauh dari…


Anton Chigurh, karakter psikopat yang paling menyerupai psikopat di dunia nyata.

Mengutip dari Business Insider, di tahun 2014 sampai 2017 psikiatris asal Belgia, Prof. Samuel Leistedt bersama sepuluh temannya menonton film yang rilis antara tahun 1915 – 2010. Tujuan mereka: mencari karakter psikopat yang tingkah lakunya paling menyerupai psikopat di dunia nyata.

Kayaknya selama tiga tahun itu, dari bangun tidur di pagi hari sampai tidur lagi di malam hari, aktivitas mereka itu cuma nonton film ya. Tapi kerja keras mereka ternyata berbuah hasil. Setelah menonton 400 film, mereka berhasil menemukan 126 karakter psikopat.

Dan dari ratusan nama tersebut, muncullah nama Anton Chigur dari film No Country for Old Men sebagai karakter psikopat yang paling realistis.

via vulture.com

Dari hasil penelitian, Chigur mengungguli karakter seperti Hans Beckert (M) dan Henry Lee Lucas (Henry: Portrait of a Serial Killer) dalam hal psikopatisme. Hmm, saya sendiri belum pernah nonton M atau Henry: Portrait of a Serial Killer. Tapi kalau Anton Chigurh…

“Dia merupakan contoh psikopat klasik (psikopat yang bisa membunuh tanpa rasa bersalah)… Ia terlihat kebal terhadap segala jenis emosi dan rasa kemanusiaan,” kata para peneliti.

Dan ya, mau nggak mau saya setuju sama hasil penelitian itu. Psikopatisme Anton Chigurh bahkan sudah terlihat sejak film baru menyentuh menit-menit awal durasi.

Bagaimana dengan psikopat perempuan?

Di dunia nyata sekalipun, psikopat berjenis kelamin perempuan itu lebih sedikit ketimbang laki-laki. Sedangkan dari 400 film yang ditonton peneliti, psikopat perempuan cuma berjumlah 21.

Itu berarti, ada 105 psikopat laki-laki berbanding 21 psikopat perempuan!

Dari jumlah itu pun kebanyakan psikopat perempuan berperilaku hampir mirip satu sama lain, yakni mengandalkan tubuh untuk memuaskan hawa nafsu laki-laki sekaligus memanipulasi mereka. Pengecualian mungkin ada pada segelintir karakter macam Annie Wilkes (Misery).

Mau tahu contoh karakter perempuan yang mengandalkan seks untuk memanipulasi? Tonton deh Basic Instinct. Hasil penelitian menyebut karakter Catherine Tramell di film itu cocok untuk masuk daftar psikopat.

via bitnews.com

Jika pengin mengenal lebih jauh tentang psikopatisme, film slasher bukan pilihan yang bagus buat kamu

via sidequesting.com

Karakter seperti Freddy Krueger (Nightmare on Elm Street) dan Jason Voorhees (Friday the 13th), kata peneliti, cenderung nggak realistis. Mereka menggabungkan terlalu banyak karakteristik seperti sadisme, tingkat intelegensi yang tinggi, dan kemampuan memprediksi yang hebat.

Jadi, apakah Freddy Krueger dan Jason Voorhees pembunuh berdarah dingin? Ya, mereka pembunuh berdarah dingin. Tapi berdasarkan hasil penelitian, mereka bukan psikopat.

Satu lagi hal menarik dari penelitian ini: kalau Anton Chigurh merupakan psikopat paling realistis dalam film, beberapa karakter yang seringkali dianggap psikopat macam Hannibal Lecter, Patrick Bateman, dan Norman Bates (Psycho) malah nggak mereka anggap sebagai psikopat.

Itu semua hasil dari penelitian. Apa mungkin kamu yang selama ini (nggak tahu kenapa) tertarik sama hal-hal berbau psikopat punya pendapat lain?

Komentar:

Komentar