5 Film Australia yang Bakal Mencuri Perhatian di FSAI 2019! Coba Tonton deh, Keren-Keren

FSAI = Festival Sinema Australia Indonesia

Kerjasama stakeholder perfilman Indonesia dengan negara tetangga semakin giat saja nih kayaknya. Setelah sukses bekerjasama dengan Korea dan Jepang, kini Indonesia kembali berkolaborasi dengan Australia lewat program Festival Sinema Australia Indonesia (FSAI) 2019. Dan di tahun keempat penyelenggaraannya kali ini, FSAI bakal dihelat di 5 kota besar: Jakarta, Mataram, Makassar, Bandung, dan Surabaya.

Kira-kira film apa saja yang bisa kamu tonton di FSAI? Saya kasih bocoran 5 film Australia yang akan diputar selama FSAI berlangsung. Luangkan waktu deh buat tonton film-film Australia di FSAI. Lagian, kayaknya jarang juga ‘kan kita nonton film dari negeri kangguru?

1. Ladies in Black

cover-addict.com

Membaca judulnya, apa kamu jadi teringat dengan film thriller psikologis The Woman in Black? Film yang dibintangi Daniel Radclife itu nggak ada hubungan apa pun sama The Ladies in Black kok.

Ini adalah film yang mendapat 9 nominasi di Australian Academy of Cinema and Television Arts Awards (AACTA) 2018, termasuk untuk kategori Film Terbaik. Meski gagal menang di kategori itu, film arahan Bruce Beresford ini seenggaknya berhasil membawa pulang 3 piala untuk kategori Aktris Terbaik, Musik Original Terbaik, dan Desain Kostum Terbaik.

Lalu apa yang menarik dari The Ladies in Black? Film ini akan memperkenalkan kamu pada sejarah kebangkitan kaum perempuan di Australia, lewat karakter pegawai perempuan yang bekerja di pusat perbelanjaan di Sydney.

2. Gurrumul

imdb.com

Judul film ini diambil dari nama penyanyi hebat di Australia, Geoffrey Gurrumul Yunupingu. Kamu belum pernah dengar namanya? Nggak apa-apa, justru lewat Gurrumul kamu bisa mengenal sosoknya.

Pemusik Aborigin yang multitalenta ini adalah salah satu sosok penting di dunia tarik suara Australia. Ia bisa memainkan berbagai alat musik, meskipun yang paling membuat orang-orang terkesan adalah nyanyiannya yang dibawakan dengan bahasa Yolnu.

Gurrumul sendiri lebih menitikberatkan pada kisah kehidupan Gurrumul. Ia yang sudah terbiasa menjalani kehidupan tradisional, akhirnya mulai bertanya-tanya tentang apa arti hidup sesungguhnya setelah album perdananya sukses besar.

Film yang disutradarai oleh Paul Damien Williams ini berbentuk dokumenter. Rekam jejaknya yang berhasil meraih penghargaan Best Documentary Feature Film di ajang Asian Pacific Screen Awards 2018 bisa membuktikan gimana kualitas dari Gurrumul.

3. Occupation

moviehole.net

FSAI kali ini juga akan memanjakan kamu dengan film bergenre fiksi ilmiah, Occupation. Premis ceritanya sih sudah cukup umum dipakai dalam film: makhluk luar angkasa menyerang Bumi, sekelompok penduduk berhasil melarikan diri, lalu mereka bergabung membentuk pasukan yang menjadi harapan terakhir bagi Bumi.

Film arahan

Salah satu keunggulan dari film arahan Luke Sparke ini jajaran aktornya. Aktor-aktor ternama Australia seperti Dan Ewing, Temuera Morrison, Rhiannon Fish, dan Stephanie Jacobsen turut terlibat di dalamnya.

4. Storm Boy

theaureview.com

Film ini terhitung baru dibanding film lainnya karena baru tayang di Australia pada Januari 2019. Karakter utamanya bernama Michael Kingley, seorang pengusaha sukses yang telah pensiun. Karena satu dan dua hal, ia harus mengingat-ingat masa kecilnya ketika menyelamatkan burung pelikan.

Film hasil adaptasi novel ini sarat dengan pesan tentang lingkungan. Lokasi settingnya pun katanya penuh dengan keindahan yang memanjakan mata. Saya sendiri belum nonton film ini, tapi saya lumayan tertarik dengan pemandangan-pemandangan indah khas Australia yang ada di Storm Boy.

5. The Song Keepers

sbs.com.au

Di gereja-gereja di pedalaman Australia Tengah, warisan musikal dari Bahasa Aborigin, puisi sakral, dan musik barok dilestarikan secara turun temurun. Mereka yang melestarikan adalah empat generasi penyanyi wanita yang tergabung dalam Central Australian Aboriginal Women’s Choir.

Kisah bagamaimana grup paduan suara ini dalam menjaga warisan nenek moyang akhirnya dibuatkan film oleh Naina Sen. Sama seperti Gurrumul, film berjudul The Song Keepers ini dibuat dalam bentuk dokumenter.

Hmm..nampaknya sineas Australia cukup perhatian mendokumentasi sejarah musik mereka. Di Indonesia hampir jarang ada film yang berbicara tentang sejarah musik. Kalaupun ada, baru film Chrisye yang sedikit merepresentasikan industri musik Indonesia di masanya.

Itulah daftar 5 film Australia buat kamu tonton di FSAI 2019. Kalau kamu tertarik nonton film-film tersebut, kamu bisa luangkan waktu di tanggal 14 – 31 Maret 2019. Jadwal lengkapnya kamu bisa cek di situs ini.

- Advertisement -
13 Shares

Komentar:

Komentar