Punya Cerita yang Berkebalikan dari Keluarga Cemara, Ini 5 Fakta Film Orang Kaya Baru

Kalau kamu punya uang Rp30 miliar, mau dipakai buat apa? Menjemput rejeki?

:

Setelah sebelumnya Keluarga Cemara dan Lagi-Lagi Ateng membuka tahun 2019, nampaknya film bertema keluarga akan terus menghiasi bioskop selama beberapa waktu ke depan. Itu dibuktikan oleh rilisnya film bertema serupa yang berjudul Orang Kaya Baru.

Tentunya apa yang ditawarkan film ini akan sedikit berbeda dari dua film keluarga yang saya sebutkan sebelumnya. Oleh karena itu sebelum nonton di bioskop, ada baiknya kamu tahu dulu hal-hal menarik dari film yang diproduksi oleh Screenplay Films ini.

1. Kembalinya artis cantik Raline Shah

via youtube.com/Screenplay Films

Sadar nggak kalau pemeran Mei Rose dalam dwilogi Surga Yang Tak Dirindukan ini absen dari layar lebar sepanjang 2018?

Raline Shah terakhir muncul di layar lebar pada tahun 2017. Saya sendiri nggak tahu ke mana perginya aktor peraih Pemeran Pembantu Wanita Terpuji Festival Film Bandung 2015 ini. Tapi kita nggak usah bersedih hati lagi karena Raline bakal kembali di Orang Kaya Baru.

Raline akan berperan sebagai Tika, cewek miskin yang pergi dan pulang kuliah selalu naik kendaraan umum (metromini). Dan perannya sebagai Tika juga merupakan debut perdananya bermain komedi. Sebelumnya ia lebih banyak muncul di genre drama seperti 5 CM (2012), Supernova (2014), dan Terpana (2016)

2. Ceritanya seperti kebalikan dari Keluarga Cemara

via youtube.com/Screenplay Films

Kamu sudah nonton film Keluarga Cemara ‘kan? Di Keluarga Cemara, karakter Abah diceritakan sebagai orang kaya yang akhirnya harus mendadak miskin karena ditipu saudaranya sendiri. Akibatnya Abah dan keluarganya harus hidup sederhana di desa.

Sementara cerita dari Orang Kaya Baru merupakan kebalikannya. Film ini mengisahkan tentang Bapak (Lukman Sardi), Ibu (Cut Mini) dan ketiga anaknya yakni Tika (Raline Shah), Duta (Derby Romero), dan Dodi (Fatih Unru). Mereka adalah keluarga sederhana yang hidup pas-pasan.


Namun semenjak Bapak meninggal semuanya berubah drastis. Karena rupanya, Bapak menyimpan rahasia penting semasa hidupnya. Ternyata Bapak adalah orang kaya raya yang pura-pura miskin untuk mengajarkan nilai kehidupan pada keluarganya.

Sejak saat itu mereka menjadi orang kaya baru. Harta warisan Bapak mereka habiskan untuk belanja apa pun yang mereka inginkan.

3. Berdasarkan angan-angan masa kecil penulisnya

Mendadak kaya jadi belanja-belanja/via Screenplay Films

Sebagaimana yang dijelaskan di poin sebelumnya, cerita Orang Kaya Baru rupanya ditulis berdasarkan angan-angan masa kecil penulis naskahnya.

Joko Anwar yang dipercaya sebagai penulis naskah, pernah bermimpi mempunyai ayah yang super duper kaya raya. Diakui pula oleh Joko Anwar, karakter Dodi di film ini sedikit banyak merupakan representasi dirinya di waktu kecil.

Tapi ada info penting lagi nih. Meskipun naskahnya ditulis oleh Joko Anwar, ia nggak jadi sutradaranya.

Sabar dulu dong. Buat kamu fans Joko Anwar nggak usah kecewa. Penyutradaraan Orang Kaya Baru diserahkan pada Ody C. Harahap yang sudah malang melintang di genre drama komedi keluarga — genre yang juga diusung oleh Orang Kaya Baru.

Kira-kira bagaimana ya hasilnya kolaborasi Ody C. Harahap dan Joko Anwar?

4. Komedi yang minim komika

Yang pegang mic adalah komika/via Screenplay Films

Ada satu benang merah yang bisa ditarik dari kehadiran komika di industri film belakangan ini: mereka dihadirkan sebagai pemancing tawa. Tapi lama-lama bosan juga ‘kan melihat mereka beraksi dari satu film ke film lain. Selain leluconnya yang diulang, kadang mereka memerankan karakter yang serupa.

Namun formula itu nggak sepenuhnya digunakan oleh Orang Kaya Baru. Film yang lahir dari hasil kerjasama dengan Legacy Pictures ini lebih banyak mengandalkan aktor tulen untuk bermain komedi.

Selain yang sudah disebutkan, aktor lain seperti Refal Hady (Galih & Ratna, Susah Sinyal), Millane Fernandez (Rudy Habibie, Belok Kanan Barcelona), dan Verdi Solaeman (Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur, A Man Called AHok) bakal ikut ambil bagian dalam film ini.

Meskipun begitu, Orang Kaya Baru juga masih menghadirkan beberapa komika. Misalnya Bintang yang sukses memukau di Milly & Mamet.

5. Siap tayang pada 24 Januari 2019

Kalau kamu tertarik menyaksikan Orang Kaya Baru, film ini akan tayang mulai 24 Januari 2019.  Biar kamu makin penasaran, lihat dulu deh trailer-nya yang super kocak ini.

Apakah kamu siap menjadi orang kaya baru? Apa yang akan kamu beli jika mendapat uang Rp80 juta?

Komentar:

Komentar