9 Pasang ‘Film Kembar’ yang Punya Kemiripan Plot & Waktu Rilis Berdekatan, Kebetulan atau…

Kembarnya bukan kembar siam kok

“Perasaan adegannya kok mirip ya sama film yang kita tonton sebelumnya? Tuh lihat, cara matinya persis, sama-sama ditabrak becak!?”

Apa kamu pernah nonton suatu film yang punya kesamaan dengan film lain, baik dari plot sampai tema yang disuguhkan? Ingat sama Maze Runner dan Divergent (2014) yang mengusung ide cerita mengenai dunia distopia yang hampir mirip?

Fenomena kemiripan pada dua atau beberapa film dikenal juga dengan istilah twin films/film kembar. Itu bukan hal yang disengaja, karena banyak unsur yang dapat memengaruhi kemiripan pada film. Sebagai contohnya seperti yang terjadi pada 9 pasang film kembar yang ada dalam daftar ini.

1. The Amityville Horror (1979) dan The Shining (1980)

American International Pictures/Warner Bros.

Sama-sama diadaptasi dari novel, kedua film yang punya jarak rilis sekitar sebelas bulan ini punya kisah yang serupa. Dua-duanya mengisahkan tentang pengalaman horor yang dialami oleh satu keluarga saat menghuni tempat tinggal angker. Pengalaman tersebut akhirnya berdampak pada perubahan perilaku sang ayah yang  justru jadi sosok berbahaya bagi anggota keluarga lainnya.

Kesamaan: Nggak cuma bertransformasi jadi karakter antagonis, George Lutz (Amityville) dan Jack Torrance (The Shining) sama-sama memilih kapak sebagai senjata andalan.

2. Deep Impact dan Armageddon (1999)

Dreamwork Pictures/Touchstone pictures

Akhir tahun 90-an, masa di saat sinetron keluarga seperti Jin dan Jun menghiasi layar televisi dan  banyak film yang mengangkat tema bencana menggentayangi bioskop. Dan di antara banyak film bertema bencana, terdapatlah film macam Deep Impact dan Armageddon. Keduanya punya cerita yang nggak jauh beda mengenai jatuhnya benda luar angkasa yang akan menghancurkan Bumi.

Kesamaan: Kedua film tersebut sama-sama menyajikan misi penghancuran benda langit dengan menggunakan pesawat luar angkasa, aksi heroisme dengan pengorbanan diri, dan orang-orang yang bersuka cita karena bumi berhasil diselamatkan oleh Amerika Serikat. Yaah… di film-film macam ini, semuanya memang selalu tentang Amerika.

Oh ya, tapi berbeda dengan Deep Impact, Armageddon punya OST I Don’t Wanna Miss a Thing-nya Aerosmith.

3. The Equalizer dan John Wick (2014)

Columbia Pictures/Summit Entertainment

Singkat saja, ini adalah film tentang aksi brutal dan balas dendam.

Kesamaan: Denzel Washington dan Keanu Reeves sudah menginjak usia 50 tahun ketika memerankan karakter Robert McCall dan John Wick. Selain itu, kedua karakter tersebut merupakan pensiunan yang mempunyai keterampilan bertarung di atas rata-rata. Dan uniknya lagi, Liam Neeson dan Jackie Chan juga pernah berperan sebagai ahli membunuh ketika mereka berusia di atas 50 tahun.

Hmm… Kayaknya inti pesan dari film semacam ini adalah “Jangan main-main sama orang tua!”

4. The Raid (2011) dan Dredd (2012)

SinemArt/Entertainment Film Distributors

Beralih ke Indonesia, fenomena film kembar ternyata pernah juga lho dialami The Raid. Lalu film apa yang disebut punya kemiripan sama The Raid? Jawabnya adalah film yang dibuat oleh Pete Travis, Dredd.

Kesamaan: Kedua film menampilkan sosok petugas penegak hukum yang punya misi memberantas gembong kriminal di sebuah gedung. Saat ditanya tentang kemiripan Dredd dengan The Raid, Gareth Evans selaku sutradara The Raid mengonfirmasi bahwa tidak ada unsur jiplak-menjiplak dari kedua film tersebut.

5. The Martian (2015) dan Approaching the Unknown (2016)

20th Century Fox/Paramount Pictures

Meskipun kedua film ini mendapat apresiasi dan tanggapan yang berbeda dari kritikus maupun penonton, tapi…

Kesamaan: Dua film tersebut punya inti cerita mengenai astronot yang tersesat di planet Mars. Mark Watney dan Captain William D. Stanaforth nggak hanya dihadapkan pada situasi yang memaksa mereka buat bertahan hidup, tapi mereka juga harus menerima nasib sial karena harus tinggal sebatang kara di planet merah.

Kalau dipikir-pikir, nasib mereka itu mirip si Hachi yang tinggal sebatang kara (dan pergi mencari ibunya).

6. Kick-Ass dan Super (2010)

Universal Pictures/IFC Films

Sepak terjang superhero pasti berhubungan langsung dengan kekuatan super yang nggak mampu ditandingi oleh manusia biasa. Tapi tokoh superhero dalam Kick-Ass dan Super itu unik karena…

Kesamaan: Yup, superhero di kedua film ini sama sekali nggak punya kemampuan super. Bahkan kalaupun disuruh bertarung melawan Wiro Sableng yang punya jurus kapak 212, mereka pasti bakal kalah.

7. Upside Down (2012) dan Patema Inverted (2013)

Warner Bros/Studio Rikka, Purple Cow Studio Japan

Secara tampilan visual film, Upside Down dan Patema Inverted memang punya perbedaan.

Kesamaan: Tapi benang merah yang menyatukan kedua film ini terlihat dari hubungan dua karakter utama yang saling mencintai. Meskipun mereka hidup dalam dimensi yang berbeda, mereka tetap saling mencinta.

Selain tampilan visual, perbedaan yang paling mencolok dari dua film ini cuma terletak di dialognya. Kalau karakter di Upside Down bilang “I love you“, karakter di Patema Inverted bilang “Anata ga suki desu“.

8. The Shape of Water dan Cold Skin (2017)

Fox Searchlight Pictures/Samuel Goldwyn Pictures

Sebagai film yang sukses meraih penghargaan Oscar tahun 2017, The Shape of Water sebetulnya punya film kembar dalam wujud Cold Skin. Keduanya punya kemiripan lantaran sama-sama menampilkan sosok makhluk menyerupai ikan.

Kesamaan: Kedua film ini punya fokus yang nggak dimiliki oleh film bertemakan monster pada umumnya, yaitu cinta sejati antara tokoh protagonis dan makhluk menyerupai ikan.

Hmm… Kalau saja ikan dan manusia menikah, jadi seperti apa ya nanti anaknya!? Aquaman? Atau Barnacle Boy dan Mermaid Man?

9. Hereditary dan Kafir (2018)

A24/Starvision Plus

Meskipun dua film horor ini dibuat di dua negara yang berbeda, keduanya berhasil memberi kuantitas teror yang nyaris sama. Dan satu kemiripan lainnya…

Kesamaan: Film ini mengangkat tema kutukan beserta hal mistis yang jadi kearifan lokal, seperti sekte sesat dan dukun. Itu juga kalau sekte sesat dan dukun bisa disebut kearifan lokal sih.

Kemiripan lainnya terlihat dari jumlah anggota keluarga yang sesuai dengan program KB (ayah-ibu-dua anak).

Nah, dari 18 film kembar yang ada pada daftar di atas, menurut kamu manakah film yang punya kualitas setara satu sama lain? Atau kamu punya opini lain tentang film kembar?

973 Shares

Komentar:

Komentar