Didominasi Horor, 7 Film Indonesia Terbaru Ini Siap Ramaikan Bulan Perfilman Nasional

Film apa yang paling kamu tunggu?

Bulan Maret biasanya akan selalu disambut dengan meriah oleh para pencinta film tanah air. Pasalnya di bulan Maret ini, kita memperingati Hari Film Nasional yang jatuh setiap tanggal 30. Penetapan tanggal ini sendiri didasarkan pada peristiwa sejarah yang terjadi di tanggal 30 Maret 1950.

Saat itu, 30 Maret 1950 merupakan hari pertama pengambilan gambar film Darah & Doa atau Long March of Siliwangi yang disutradarai Usmar Ismail. Darah & Doa dinilai sebagai film lokal pertama yang bercirikan Indonesia; disutradarai oleh orang Indonesia; serta diproduksi oleh perusahaan film milik orang Indonesia, Perfini (Perusahaan Film Nasional Indonesia). 

Lalu apa saja film Indonesia yang bakal memeriahkan Bulan Film Nasional?

1. Reva Guna-Guna (7 Maret 2019)

Bulan Maret akan dibuka oleh film horor yang berjudul Reva Guna-Guna. Judulnya sih agak aneh menurut saya. Apakah tokoh Reva yang diguna-guna, atau justru ia yang melakukan guna-guna?

Menurut sinopsis dari Maxima Pictures selaku rumah produksi, Reva Guna-Guna akan bercerita tentang Reva, seorang mahasiswi yang sangat ceria. Tapi kemudian Reva berubah menjadi pemurung setelah ulang tahunnya yang ke-21. Lalu kenapa ia berubah? Ya saya nggak tahu pasti.

Meski judulnya terkesan ngasal, ternyata Reva Guna-Guna didukung deretan aktor yang mungkin namanya nggak asing lagi di telinga kita. Angel Karamoy akan berperan sebagai Reva. Dan ia pun akan didukung oleh aktor senior seperti Wulan Guritno, Ferry Salim, dan Marcelino Lefrandt.

2. Taufiq (14 Maret 2019)

Di daftar kedua ada film yang judulnya menggunakan nama orang. Tapi nama ini bukanlah nama sembarangan. Mengusung judul Taufiq, film ini akan mengisahkan perjuangan almarhum Taufiq Kiemas, suami Megawati Soekarnoputri.

Semasa hidupnya, Taufiq Kiemas pernah menjabat sebagai ketua MPR RI periode 2009 – 2014. Ia juga dikenal karena pemikirannya mengenai empat pilar kebangsaan.

Kisah inilah yang akhirnya membuat sutradara Ismail Basbeth (Arini, Mencari Hilal) tertarik untuk memfilmkannya. Sosok Taufiq sendiri akan diperankan oleh aktor pendatang baru, Achmad Megantara.

3. The Sacred Riana: Beginning (14 Maret 2019)

Kalau kamu sering mengikuti acara Asia’s Got Talent, kamu pasti tahu tentang perempuan pesulap dengan rambut tergerai ke depan dan sering membawa boneka di setiap penampilannya. Ya tebakan kamu betul, ia adalah The Sacred Riana.

Dan nggak lama lagiThe Sacred Riana bakal bisa kamu saksikan pula di layar lebar lewat film The Sacred Riana: Beginning. Kalau dari judulnya sih, kemungkinan film arahan Billy Christian ini seakan sudah menyiapkan lanjutan sekuelnya. Benar atau nggaknya dugaaan saya, kita tunggu saja.

4. Yowis Ben 2 (14 Maret 2019)

Berbekal jumlah penonton yang hampir mencapai satu juta, petualangan empat anak muda yang tergabung dalam grup Yowis Ben akan berlanjut di Yowis Ben 2

Jika di film pertama setting tempat lebih didominasi Malang, dalam sekuelnya ini latar tempat akan pindah ke Bandung. Jadinya film produksi Starvision ini akan banyak mencampurkan bahasa Jawa dan bahasa Sunda.

Dan memang keberaniannya dalam mengusung bahasa daerah yang akhirnya bikin Yowis Ben meraih penghargaan khusus dari Festival Film Bandung 2018 sebagai Film Remaja yang Bermuatan Kearifan Lokal.

5. Roy Kiyoshi the Untold Story (21 Maret 2019)

Selain The Sacred Riana, karakter nyata lainnya yang diadaptasi ke film horor adalah Roy Kiyoshi. Kamu tahu siapa dia? Rasa-rasanya jika bukan penikmat saluran AnTV, kamu mungkin nggak bakal tahu siapa itu Roy Kiyoshi.

Film ini cukup percaya diri dengan mengusung tagline tambahan the Untold Story. Seakan cerita sisi lain seorang Roy ini memang dinantikan oleh semua khalayak di Indonesia. Padahal sosoknya saja, belum tentu semua orang tahu.

Tapi kalau melihat trailernya sih, film produksi MVP Pictures ini terasa cukup menjanjikan. Semoga saja.

6. Matianak (28 Maret 2019)

Film horor selanjutnya adalah Matianak yang sekaligus merupakan debut perdana Derby Romero sebagai sutradara.

“Derby Romero? Sadam?”

Ya, betul, Derby Romero yang jadi Sadam di Petualangan Sherina itu lho. Di debut perdananya ini, Derby mengajak Cinta Laura sebagai pemeran utama. Dan sama seperti Sadam… eh, Derby Romero maksudnya, ini merupakan debut perdana Cinta Laura di film bergenre horor.

Cukup menarik menyaksikan kolaborasi debut perdana Sadam dan Cinta Laura. Meskipun, jika melihat rumah produksinya, kening saya agak sedikit berkernyit.

7. My Stupid Boss 2 (28 Maret 2019)

Reza Rahadian is back. Salah satu aktor jempolan ini akan kembali menjadi bos yang super menyebalkan di My Stupid Boss 2. Selain Reza, film ini tetap mempertahankan Bunga Citra Lestari dan Alex Abbad sebagai pemainnya.

Jilid pertamanya mampu menembus angka tiga juta penonton. Apakah sekuelnya ini mampu melebihi pencapaian film pertamanya?

Sebetulnya masih ada film lain yang gosipnya akan tayang di bulan Maret ini, termasuk film Kucumbu Tubuh Indahku arahan Garin Nugroho. Tapi sejauh ini belum ada tanggal pasti kapan film tersebut tayang.

Dari 7 film Indonesia terbaru di bulan Maret 2019, film apa saja yang akan kamu tonton dalam rangka memeriahkan bulan perfilman nasional?

- Advertisement -
Shares 7

Komentar:

Komentar