Ending Mengejutkan Spider-Man: Far From Home, Tanda kalau Phase 4 MCU Bakal Jauh Lebih Gila?

Suruh siapa bikin film bagus dan keren banget

Ternyata keputusan Marvel Cinematic Universe (MCU) untuk mengakuisisi Spider Man dari Sony memang terbukti tepat banget. Gimana nggak? Sejak kemunculannya di film Captain America: Civil War, nyaris semua penggemar MCU langsung menggantungkan ekspektasi yang cukup besar pada sang pahlawan super yang umurnya masih sangat muda ini.

Hmm, yeah, masih ingat adegan keren ini?/Walt Disney Pictures

Dan syukurlah, Spider-Man versi Tom Holland berhasil memenuhi ekspektasi lewat penampilannya di Spider-Man: Homecoming dan Avengers: Infinity War.

Penampilan cemerlang Spider-Man (sekaligus Tom Holland) pun berlanjut di film terbaru si manusia laba-laba, Spider-Man: Far From Home. Respons positif banyak menyelimuti film arahan Jon Watts ini. Buktinya, di Rotten Tomatoes aja nilainya sampe 92%.

Saya pribadi setuju sama penilaian tinggi terhadap film ini. Tapi buat saya pribadi, ada hal lain yang lebih menyita perhatian ketimbang keseluruhan jalan cerita Far From Home. Yup, hal tersebut adalah dua post-credit yang muncul di penghujung durasi film.

Adegan post-credit dan pengaruhnya buat Phase 4 MCU

Saya peringatkan terlebih dahulu. Selanjutnya kamu bakal menemukan spoiler tentang post-credit Spider-Man: Far From Home. Kalau belum nonton, saya sarankan kamu buat nonton dulu filmnya, kecuali kamu orangnya nggak masalah sama spoiler.

Jadi begini, saya merasa dua post-credit dalam Far From Home bakal kasih tugas yang lumayan berat buat pengembang MCU dan Spider-Man dalam meramu cerita ke depannya. Selain dari perkembangan karakter Spider-Man yang bakal terlihat makin dinamis, sepertinya jalan cerita dari seluruh film di MCU pun harus dikembangkan secara “lebih gila” lagi.

Post-credit pertama

Di post-credit pertama, Spider-Man yang baru beres gegelantungan keliling kota sama MJ diperlihatkan berhenti di tengah-tengah keramaian kota.

“Beb, asyik nggak gegelantungan bareng aku? Cun aku dulu dong”/via yahoo.com/Walt Disney Pictures

Nggak lama setelahnya, muncul berita di layar raksasa kalau Mysterio ternyata sempet merekam pesan terakhir sesaat sebelum dia mati (itu juga kalau dia beneran mati). Apes buat Spider-Man, Mysterio memanipulasi rekaman video itu seakan-akan Spider Man itu jahat. Istilah kerennya mah, Spider-Man kena framing.

Puncaknya, Mysterio membocorkan identitas asli Spider Man lewat video yang ditonton banyak orang di tengah kota itu. Adegan ini memunculkan banyak pertanyaan penting buat dijawab di Phase 4 MCU nanti. Pertanyaan-pertanyaannya seperti…

1. Apa Peter Parker masih akan berusaha menyembunyikan identitasnya?

Seperti yang kita tahu, sebenarnya banyak superhero di MCU yang nggak begitu peduli soal kerahasiaan identitas mereka. Tony Stark dan Steve Rogers sepertinya adem-ayem aja melihat orang-orang tahu kalau mereka itu Iron Man dan Captain America.

Tapi beda halnya dengan Spider-Man. Dia itu termasuk superhero yang rela buat repot-repot menyembunyikan identitas aslinya sebagai Peter Parker.

2. Apa Spider-Man masih akan sering muncul di Phase 4 MCU?

Di film ini, dia dituduh melakukan pembunuhan. Ya, dia merupakan kriminal yang harus ditangkap! Kalau kita pakai logika, ada dua pilihan yang bisa diambil Spider-Man di Phase 4 MCU.

Pertama, bersembunyi buat menghindari kejaran aparat hukum yang, kemungkinan besar, bakal memburunya dengan penuh nafsu. Kedua, dia bakal berusaha membersihkan nama baiknya sebagai Friendly Neighborhood Spider-Man. Entah bagaimana caranya seorang remaja melakukan itu.

Saya rasa, kita harus tunggu jawabannya nanti, entah itu tahun 2020, 2021, atau 2022, saat film ketiga Spider-Man dirilis. Masih lamaaaaa!

Post-credit kedua

Post credit yang kedua lebih edan lagi. Ternyata sosok Nick Fury dan Maria Hill di sepanjang film ini adalah Skrulls Talos dan istrinya, Soren! Hmm, kamu lupa apa itu Skrulls? Duh…!

Skrulls adalah makhluk luar angkasa yang bisa berubah bentuk. Mereka udah masuk ke bumi sejak tahun 1990-an, saat Captain Marvel pertama kali beraksi. Di samping fakta kalau Nick Fury yang asli mempercayai Skrulls untuk menggantikan tugasnya sebagai intel kelas kakap aja udah cukup gila, kamu bayangin lagi deh, ternyata Skrulls dari zaman Captain Marvel sampai hari ini masih ada berkeliaran di bumi!

via slashfilm.com/Walt Disney Pictures

Dan fakta ini pun memunculkan pertanyaan berikutnya:

1. Apa ada Skrulls yang menyamar sebagai karakter lain?

Jika Skrulls bisa menyamar sebagai karakter sekaliber Nick Furry, bukan nggak mungkin ada karakter penting lain yang ternyata “hanyalah” Skrulls yang lagi menyamar. Tapi pertanyaannya, apakah ada Skrulls yang menyamar jadi karakter lain selain Nick Furry dan Maria Hill?

2. Apa film-film Phase 4 MCU bakal lebih sering bersetting di luar bumi?

Nick Furry (yang asli, bukan samaran) diperlihatkan lagi berdiam di kapal luar angkasa yang tentu saja, berada di luar bumi. Apa ini suatu tanda kalau para superhero di film MCU selanjutnya bakal lebih sering terlibat dalam pertempuran intergalaksi?

3. Siapa sebenarnya Nick Furry? Apa tujuan dia berikutnya?

Kalau nggak salah ingat, seenggaknya kalau kita lihat di komiknya, Nick Furry itu karakter yang suka menyimpan rahasia. Dengan post-credit Spider-Man: Far From Home yang memperlihatkan Furry berada di luar angkasa, saya pun bertanya-tanya dalam hati, “Lagi ngapain dia di situ?”

Apa ini juga pertanda kalau organisasi S.W.O.R.D. bakal segera lahir?

Dua adegan post-credit ini memang singkat, tapi saya percaya keduanya bakal jadi poin yang krusial dari Far From Home sebagai film penutup dari Phase 3 MCU. Dua hal itu akan menjadi pintu gerbang bagi MCU untuk menentukan arah yang akan ditujunya. Kalau boleh jujur, saya jadi berekspektasi sangat tinggi untuk jalan cerita yang lebih gila di film-film terbarunya.

Gimana kalau kamu? Apakah kamu setuju kalau MCU punya tugas yang lebih berat  untuk mempertahankan reputasi mereka?Apapun pendapatmu, marilah kita berdoa agar MCU masih bakal menyediakan kita film-film superhero yang keren.

5 Shares

Komentar:

Komentar