Diadaptasi dari Berbagai Karya, Ini 6 Film Indonesia Terbaru yang Siap Tayang Januari 2019

Smartphone yang dipakai Linda apa ya mereknya?

:

Daftar film Indonesia terbaru di tahun 2019 nampaknya masih bakal dihuni oleh hasil adaptasi. Entah itu adaptasi dari sastra klasik, sastra populer, serial televisi, lagu, hingga film yang pernah dibuat sebelumnya.

Fenomena film hasil adaptasi ini sedikit banyak mungkin dipengaruhi oleh kesuksesan yang didulang film berjenis serupa. Dari sekian banyak hasil adaptasi, sebagian besarnya bisa masuk jajaran film terlaris. Seperti tahun 2018, tahta film terlaris direbut oleh film-film hasil adaptasi semisal Dilan 1990, Suzzanna: Bernapas dalam Kubur, Danur 2: Maddah, dan Teman Tapi Menikah.

Mungkin karena faktor tersebut, para produser tanah air masih akan melanjutkan tradisi membuat film hasil adaptasi. Januari 2019 saja ada 6 film Indonesia terbaru hasil adaptasi yang siap tayang. Kabar bagusnya lagi, film Indonesia terbaru ini keren-keren lho. Semoga saja dugaan saya benar.

1. Dreadout (3 Januari 2019)

Rasanya sudah nggak aneh kalau kita dengar perusahaan produksi film luar negeri mengadaptasi video game jadi film. Bahkan beberapa tahun lalu ada berita Tetris juga bakal dibuatkan filmnya. Bayangkan, Tetris! Saya nggak tahu bakalan seperti apa itu film jika jadi dibuat.

Kondisi tersebut sedikit berbeda dengan di Indonesia, di mana film hasil adaptasi game masih berjumlah nol. Tapi jumlah itu bakal sedikit meningkat di awal tahun 2019 dengan hadirnya Dreadout, film Indonesia pertama yang diadaptasi dari game.

Sama seperti gamenya, film ini akan mengusung genre survival horor yang dipadu dengan elemen thriller khas sutradara Kimo Stamboel. Bercerita tentang seorang siswa sekolah bernama Linda yang memiliki kekuatan melihat hantu, Dreadout siap hadirkan horor yang unik dan mencekam.

2. Keluarga Cemara (3 Januari 2019)

Nggak hanya game, serial televisi pun bisa dijadikan sumber adaptasi sebuah film. Serial Keluarga Cemara yang populer di era 90-an diadaptasi oleh Visinema Pictures ke dalam film dengan judul sama. Kabarnya sih, film ini akan mengangkat kehidupan keluarga masa sekarang, namun tetap mempertahankan nilai-nilai yang dipunya oleh serial originalnya.

Kalau begitu, apakah sosok Abah masih ngebecak dan Emak masih jualan opak? Dan apakah mentari hari ini masih berseri indah?

Satu yang pasti, mutiara tiada tara itu adalah keluarga.

3. After Met You (10 Januari 2019)

Novel-novel populer dengan judul bahasa Inggris kayaknya masih menarik minat untuk diadaptasi. Kali ini rumah produksi RA Pictures yang pada tahun 2018 sukses membuat deretan film-film buruk, akan mengawali langkahnya di tahun 2019 dengan mengadaptasi novel After Met You.

Novel After Met You sendiri merupakan buah karya dari Dwitasari dan Ari Irham. Nama yang disebut terakhir juga akan mengisi posisi pemeran utamanya. Wah, keren ya. Jarang-jarang lho ada penulis novel memainkan karakter yang dibuatnya sendiri.

Namun, saya masih penasaran, apakah After Met You itu judul yang benar sesuai kaidah bahasa Inggris? Dan kapan ya novel yang judulnya berbahasa Tagalog dibuatkan filmnya? Yang bahasa Inggris kan sudah banyak.

4. Mata Batin 2 (17 Januari 2019)

Dari judulnya sudah bisa ketebak kalau film ini diadaptasi dari mana. Ya pastinya dari film sebelumnya, Mata Batin yang diproduksi oleh Hitmaker Studios. Jadi, Mata Batin 2 ini lebih tepatnya disebut sekuel sih. Ia akan tetap mempertahankan Jessica Mila sebagai peran utamanya.

Waktu tayang di akhir tahun 2017, Mata Batin meraup jutaan penonton. Apakah Mata Batin 2 sanggup menyamainya atau bahkan mengungguli film pendahulunya? Coba nanti kamu tanyakan ke jaringan bioskop dan produser film.

5. Preman Pensiun (17 Januari 2019)

Serupa dengan Keluarga Cemara, Preman Pensiun pun diadaptasi dari serial televisi terkenal. Yang membedakan keduanya adalah jarak dari waktu tayang dua serial televisi tersebut, hingga diadaptasi menjadi film. Jika Keluarga Cemara butuh waktu belasan tahun, Preman Pensiun hanya butuh waktu sekitar tiga tahunan saja.

Serial televisi yang diproduksi oleh MNC Pictures tersebut memang banyak menuai respons positif dari para pemirsa. Selain itu, Preman Pensiun juga sempat dinobatkan sebagai Serial Televisi Terpuji di Festival Film Bandung 2015. Mungkin itu alasan yang membuat MNC Pictures percaya diri untuk mengangkatnya ke layar lebar.

6. Terlalu Tampan (31 Januari 2019)

Mungkin karena tayang paling akhir, jadi Terlalu Tampan belum meluncurkan trailer resminya / via Visinema Pictures

Film terakhir di daftar ini diadaptasi dari sumber yang berbeda lagi. Bukan game, buku, serial televisi, ataupun sekuel. Terlalu Tampan diangkat dari komik populer di Line Webtoon. Kalau kamu yang suka ikutin komiknya sih pasti familiar dengan sosok Mas Kulin, Mas Okis, Bu Suk, dan Pak Archewe.

Tokoh-tokoh komik tersebut, nggak lama lagi bakal bisa kamu saksikan di layar lebar lewat penampilan Ari Irham, Tara Budiman, Iis Dahlia, dan Marcelino Lefrant.

Itulah daftar 6 film Indonesia terbaru hasil adaptasi yang bisa kamu saksikan di Januari 2019. Sudah memutuskan mau nonton yang mana saja? 

10 Shares

Komentar:

Komentar