Daftar Film Favorit dari 7 Sutradara Beken Hollywood yang Jadi Favorit Banyak Orang

Film favorit dari sutradara yang mampu menembus Hollywood nih!

:

Setiap kali selesai nonton film yang bagus, saya selalu bertanya-tanya, “Dapat inspirasi dari mana ya sutradaranya sampai bisa bikin film sebagus ini?” Berawal dari rasa penasaran, akhirnya saya pun jadi pengin menulis artikel tentang film favorit sutradara terkenal.

Tapi setelah saya menelaah IMDB, Taste of Cinema, dan beberapa situs lainnya, ternyata terlalu banyak film favorit para sutradara film tersebut. Jadi, biar kamu nggak pusing, saya hanya akan memasukkan tiga film favorit dari masing-masing sutradara.

Dan ini dia daftar film favorit mereka.

P.S: Kalau kamu mengharapkan ada nama Livi Zheng dalam daftar ini, mohon maap aja nih, saya nggak memasukkannya. Saya sendiri masih belum yakin apa ia udah tenar di Hollywood?

1. Guillermo del Toro

via inverse.com

Kalau mendengar nama Guillermo del Toro, yang pertama kali muncul di benak saya adalah makhluk di Pan’s Labyrinth. Itu lho, makhluk yang punya mata di kedua telapak tangannya. Saya selalu dibuat merinding sendiri kalau membayangkannya.

Yaaa, bagaimana lagi, film garapan del Toro hampir selalu identik sama makhluk atau monster yang perawakannya aneh tapi unik. Dan kamu pasti bisa memaklumi kalau lihat film-film yang jadi inspirasi beliau. Banyak film favoritnya yang memang berisi karakter dengan bentuk agak nyentrik.

Contohnya ada di tiga film favorit dari sutradara pemenang Academy Award ini:


Frankenstein (1931)

Modern Times (1936)

Beauty and the Beast (1946)

Hmm, menarik juga kalau suatu hari nanti del Toro membuat ulang Beauty and the Beast dengan gayanya sendiri.

2. Christopher Nolan

via imax.com

Banyak kritikus sekaligus penikmat film yang menyematkan gelar “raja dari film-film bernarasi non-linear“ pada Christopher Nolan. Saya pun sepakat soal penganugerahan gelar tak resmi tersebut. Karena ketika saya nonton Memento dan Inception, otak saya dikuras habis-habisan untuk menerka apa yang sedang terjadi di setiap adegannya dan seperti apa kesimpulan filmnya.

Penasaran sama film favorit yang menginspirasi Nolan sampai bisa menghasilkan karya seperti itu? Nih, tiga judul film favoritnya:

Blade Runner (1982)

The Thin Red Line (1998)

2001: A Space Odyssey (1968)

Di wawancara Nolan bareng Entertainment Weekly, ia mengaku kalau The Thin Red Line merupakan inspirasi terbesarnya saat menulis skrip Memento, film yang diklaim banyak kritikus sebagai film non-linear terbaik sepanjang masa.

3. Quentin Tarantino

via wmagazine.com

Nama sutradara yang satu ini sering dianggap sebagai pendobrak genre dan tren film di era milenium. Ambil contoh dari Kill Bill deh, film yang diramu oleh Tarantino dengan mengkombinasikan unsur anime, action, drama, dan bela diri. Dan ia melakukannya dengan sangat berhasil. Kill Bill sempat mendapat nominasi dan sekaligus menyabet penghargaan film bergengsi lho.

Meskipun, saya lupa apakah Tarantino dan film-filmnya pernah lolos seleksi nominasi Oscar?

Sudahlah, akhir-akhir ini saya bosan juga dengar kata nominasi Oscar. Mendingan kita langsung lihat tiga film favorit Tarantino yang cukup “bikin tercengang” dan “bikin melongo”:

Police Story 3: Supercop (1992)

Taxi Driver (1976)

Battle Royale (2000)

Nggak aneh kalau Tarantino sering memasukkan unsur fighting yang intens di film-filmnya. Ternyata dia suka film Jackie Chan!

4. Steven Spielberg

via relevantmagazine.com

Sulit untuk hanya menyebut satu film karya Steven Spielberg yang saya sukai. Gimana nggak? Terlalu banyak film garapannya yang udah saya tonton sejak dari kecil. Di antaranya ada Back to the Future, E.T, dan Jurrasic Park. Bahkan saya bisa bilang ialah salah satu sutradara yang karya-karyanya bikin saya suka nonton film.

Saya suka film-filmnya Spielberg, tapi apa film yang ia suka? Ternyata inilah jawabannya:

Fantasia (1940)

Citizen Kane (1941)

Psycho (1960)

Nggak nyangka ‘kan kalau Steven Spielberg suka film animasi Disney (Fantasia)?

5. Russo Brothers

via Wikimedia Commons

Walau sudah berkarier cukup lama di dunia perfilman, duo sutradara kakak beradik ini mulai diperhitungkan sebagai sutradara kawakan lewat Avengers: Endgame. Film tersebut sukses menggeser posisi Avatar dan Titanic sebagai film dengan penghasilan terbesar sepanjang masa.

Tapi sejujurnya, film Russo Brothers favorit saya adalah Captain America: Civil War. Pasalnya, mereka berhasil mengemas film superhero dengan sangat realistis dan intens. Mulai dari pembentukan konfliknya sampai pengambilan sudut kameranya yang keren banget.

Ternyata setelah ditelusuri lebih lanjut, ada tiga film yang menginspirasi mereka saat proses pengerjaan Civil War:

Se7en (1995)

Fargo (1996)

The Godfather (1972)

Gila nggak tuh? Ternyata film superhero bisa terinspirasi dari film thriller yang nggak ada unsur kekuatan supernya sama sekali.

6. Wes Anderson

via gq.com

Karakter berwatak unik, tata warna yang senada di hampir semua adegan, dan dekorasi yang dibuat diset teliti adalah ciri khas utama dari sutradara pemenang penghargaan BAFTA ini. Dengan ciri khas yang unik seperti itu, Anderson menyuguhkan cita rasa baru bagi para penikmat film yang mungkin jengah dengan formula film Hollywood yang itu-itu saja.

Sebelumnya saya menyempatkan diri buat coba menebak apa saja judul film favorit Wes Anderson. Beberapa prediksi saya tepat sasaran:

Rosemary’s Baby (1968)

A Clockwork Orange (1971)

Trouble in Paradise (1931)

Saya mengerti kenapa Anderson menyukai A Clockwork Orange karya Stanley Kubrick. Kubrick memang terkenal dengan karya-karyanya yang eksperimental dan seringkali menggunakan elemen warna yang unik. Ah, sepertinya terlalu panjang kalau membahas Kubrick di sini. Bagaimana kalau dibahas di poin berikutnya saja?

7. Stanley Kubrick

via nofilmschool.com

Banyak sineas perfilman yang menganggap film garapan Stanley Kubrick sebagai mahakarya. Dan saya setuju dengan anggapan tersebut. Film-film Kubrick selalu memberikan pengalaman baru saat selesai ditonton.

Saya nggak akan pernah lupa ketika saya dibuat bingung sekaligus kagum saat menonton 2001: A Space Odyssey untuk pertama kalinya. Bukan hanya ending-nya yang fenomenal, saya juga terpukau lewat cara Kubrick menggambarkan kehidupan di luar angkasa dengan sangat unik.

Berdasarkan informasi dari British Film Institute (BFI), inilah tiga dari sekian banyak film favorit Kubrick:

I Vitelloni (1953)

Wild Strawberries (1957)

City Lights (1931)

Film-filmnya jadul banget ya? Kayaknya agak susah kalau kita mau cari tiga film tersebut.

Nah, itulah beberapa film favorit dari para sutradara terkenal. Tertarik buat mencicipi film kesukaan mereka?

Komentar:

Komentar