5 Sosok yang Pernah Menjadi Captain Marvel Sebelum Carol Danvers

Di bahasa Italia, mereka disebut il Capitano Marvel

:

Pada awalnya, ia hanyalah seorang manusia biasa tanpa kekuatan super secuil pun. Sehari-harinya ia tergabung dalam Angkatan Udara Amerika Serikat sebagai perwira. Mungkin kehidupannya akan terus berjalan normal, seandainya ia nggak bertemu dengan alien Mar-Vell yang berasal dari Planet Kree. Karena pertemuan menentukan itu, ia mendapat kekuatan super yang digunakannya untuk melawan kejahatan.

Itulah sepenggal latar belakang Captain Marvel alias Carol Danvers, pahlawan super yang memulai debutnya di serial komik Marvel Super-Heroes.

Gambaran Carol Danvers sebagai Captain Marvel dalam komik/via marvel.fandom.com

Tapi, apa kamu tahu kalau Carol Danvers bukanlah Captain Marvel yang pertama dan satu-satunya? Captain Marvel itu ibarat gelar yang diemban. Dan yang namanya gelar, pasti nggak cuma orang yang bisa memegangnya.

Kita mulai saja daftar Kapitan Marvel dari sosok…

1. Monica Rambeau

Monica Rambeau, wanita pertama yang menyandang nama Captain Marvel sebelum Carol Danvers/via sciencefiction.com

Monica Rambeau adalah seorang letnan yang bertugas di pelabuhan New Orleans, Amrik. Ketika berusaha mencegah penciptaan senjata maut nan berbahaya, ia terpapar energi kosmik yang membuat tubuhnya mampu mengeluarkan kekuatan super. Kekuatan utamanya antara lain, ia bisa mengontrol sinar kosmik, sinar gamma, radiasi ultraviolet, hingga gelombang radio.

Jadi, jika saluran radio kamu tiba-tiba berganti dengan sendirinya, mungkin itu ulah Rambeau.

Muncul pertama kali dalam The Amazing Spider-Man Annual #16, Rambeau sempat memakai nama julukan lain seperti Pulsar dan Spectrum (selain, pastinya, Captain Marvel). Yang menarik, Rambeau bahkan pernah bergabung ke dalam tim Avengers dan menjadi pemimpinnya.


Rambeau dipastikan hadir dalam film Captain Marvel-nya Brie Larson. Ia bakal diperankan oleh aktris Akira Akbar.

2. Genis-Vell

via secondgeneration.wikia.com

Genis-Vell diciptakan oleh Elysius yang menjadi pasangan dari Mar-Vell. Dengan memanfaatkan sampel genetis Mar-Vell yang telah wafat dan bantuan teknologi, Elysius sang janda menghasilkan Genis. Mungkin karena kesepian, Elysius menganggap Genis sebagai anaknya.

Tapi kebersamaan ibu dan anak ini nggak berlangsung lama. Demi menyembunyikan identitas anaknya, Elysius mengasingkan Genis ke planet lain dan memberikan memori palsu ke dalam ingatannya.

Saat mengetahui kebenaran tentang dirinya, Genis menggunakan Nega-Band milik almarhum ayahnya. Lalu ia menyebut dirinya sendiri sebagai Captain Marvel. Genis bahkan membentuk kelompok yang dinamai Thunderbolts.

Sayang, Genis akhirnya berubah haluan menjadi penjahat dan mengubah namanya sebagai Photon. Entah bagaimana E-KTP miliknya, apakah di situ namanya masih Genis atau Photon.

3. Phyla-Vell

via marvel.fandom.com

Selain berhasil menciptakan Genis-Vell, Elysius ternyata menghasilkan anak lain yang diberi nama Phyla-Vell.

Phyla diceritakan sempat bertarung langsung dengan kakaknya guna mengembalikan Genis ke jalan kebenaran. Phyla melakukannya sambil berusaha mengklaim nama Captain Marvel. Tapi usahanya itu nggak disetujui Genis. Phyla akhirnya memilih nama Quasar untuk julukannya.

Kenapa Phyla nggak memakai julukan Asep Kobra atau Udin Bacok ya? Padahal lebih keren tuh.

Berbekal kemampuannya yang mampu menembakkan ledakan energi dan terbang, Phyla kemudian bergabung dengan kelompok Guardians of the Galaxy, lalu mengubah julukannya menjadi Martyr.

Menilik keterlibatannya tersebut, apa mungkin Phyla ikut ambil bagian di film Guardians of the Galaxy Vol. 3 nanti?

4. Khn’nr

via pinterest.com

Khn’nr merupakan alien dari bangsa Kree yang ditugaskan dalam misi Secret Invasion. Berkat kemampuannya yang bisa berubah bentuk, wujudnya kemudian diubah menyerupai si alien tua bangka, Mar-Vell. Khn’nr bahkan diberi replika Nega-Bands agar bisa menyamai kekuatan Mar-Vell, dan memori palsu yang bikin ia percaya kalau dirinya memang Captain Marvel.

Ketika kebenaran terungkap dan Khn’nr menyadari identitas aslinya, Khn’nr memutuskan untuk tetap berada dalam wujud Mar-Vell sebagai Captain Marvel.

5. Noh-Varr

via marvel.fandom.com

Noh-Varr menjadi satu-satunya yang selamat ketika pesawat yang ditumpanginya jatuh ditembaki Dr. Midas. Setelah berhasil mengalahkan Dr. Midas, ia ditangkap oleh S.H.I.E.L.D. yang memenjarakannya ke dalam The Cube.

Dalam penyekapannya dan dalam keterasingannya, Noh-Varr kemudian menyatakan perang terhadap umat manusia.

Julukan Captain Marvel sendiri ia dapatkan ketika bergabung ke Dark Avengers  yang ternyata beranggotakan supervillain. Ia merubah namanya menjadi Protector, plus tampilan baru dan kostum anyar, setelah keluar meninggalkan Dark Avengers

Uniknya, Protector kemudian diminta oleh Tony Stark untuk membantu Avengers menyelamatkan dunia.

Carol Danvers kemudian menjadi orang berikutnya yang menyandang nama Captain Marvel. Penasaran bagaimana ia bisa mendapatkan kekuatan super dari alien bangsa Kree? Tunggu filmnya rilis ya!

Komentar:

Komentar