Apa 5 Film Horor Ini Benar-Benar Diangkat dari Kisah Nyata? Faktanya Ternyata Berkata Lain

Setelah ini mungkin kamu akan bertanya-tanya jika lihat kalimat "Based on true story"

:

Film horor yang berlabelkan based on true story (berdasarkan kisah nyata) tentunya bisa lebih memicu rasa penasaran penonton dibanding film yang 100 persen fiksi. Pasti kamu juga punya film horor favorit yang diangkat dari kisah nyata. Tapi apa kamu pernah mempertanyakan sejauh mana film itu mempertahankan cerita aslinya?

Seperti yang kita tahu, sebagian besar film adalah hasil karangan (kecuali film dokumenter). Dan nggak menutup kemungkinan kalau film horor based on true story pun mengubah atau menambah aspek cerita supaya lebih menarik dan bikin bulu kuduk kamu bergidik.

Di artikel ini kita bakal membahas 5 film horor yang ternyata nggak sepenuhnya mewakili kejadian aslinya. Dilansir dari Ranker, yuk langsung kita lihat daftarnya.

1. Emily Rose yang asli menderita epilepsi (The Exorcism of Emily Rose)

via wheresthejump.com

Kisah nyata di balik The Exorcism of Emily Rose sama memilukannya seperti film yang kamu lihat di layar lebar (atau layar kaca, tergantung). Namun film itu hanya menampilkan sedikit kemiripan dengan apa yang terjadi sebenarnya.

Pada akhir tahun 1960-an, seorang remaja Jerman bernama Anneliese Michel mulai menderita serangan epilepsi yang akhirnya berujung kematian. Michel merupakan remaja yang sangat taat pada agamanya. Oleh karena itu dia mengira dirinya kerasukan dan memutuskan untuk mengikuti serangkaian proses pengusiran setan.

Pada akhirnya dia meninggal karena malnutrisi akibat puasa yang harus dijalaninya untuk “mengusir setan”. Kebanyakan ahli sepakat bahwa kerasukan yang dialami Michel disebabkan oleh penyakit epilepsi yang dideritanya, dan dia lebih memilih mencari jawaban spiritual untuk masalah yang seharusnya ditangani oleh medis.

2. The Amityville Horror kemungkinan direkayasa untuk profit

via ranker.com

Film klasik The Amityville Horror terjadi di rumah yang dihantui arwah jahat dan penuh dendam, layaknya si Manis Jembatan Ancol yang selalu mendendam. Arwah penunggu rumah bahkan nggak segan melakukan apa pun untuk mengusir manusia yang berani-beraninya mendiami rumah tersebut.


Walaupun film ini dibuat berdasarkan kisah nyata keluarga Lutzes, banyak orang yang beranggapan kalau beberapa kejadian seram yang terjadi hanya rekayasa untuk menaikkan pamor dan mendapat keuntungan dari film tersebut. Tidak konsistennya ingatan dan kesaksian Lutzes menjadi bukti kalau film ini tak sepenuhnya berdasarkan kisah nyata.

Salah satu pernyataan keluarga Lutzes yang dianggap mengada-ada yaitu kejadian enam pembunuhan di rumah mereka setahun sebelum mereka pindah.

3. Kisah nyata dari The Exorcist tak seperti apa yang digambarkan di dalam film

via ranker.com

Beberapa kejadian di The Exorcist benar-benar terjadi, namun sebagian besar adalah hasil karangan. William Peter Blatty, penulis novelnya, menggunakan satu artikel surat kabar tentang remaja laki-laki yang mengaku kerasukan setan sebagai inspirasinya.

“Semuanya hanya karangan,” kata Blatty pada The Washington Post, termasuk adegan memutar kepala dan muntah berwarna hijau yang sangat terkenal itu.

4. Nyonya Perrons dalam The Conjuring

via thedailybeast.com

The Conjuring mungkin menjadi satu-satunya film di daftar ini yang hampir mewakili cerita berdasarkan kisah nyatanya. Penyelidik paranormal Lorraine dan Ed Warren memang benar-benar bertemu keluarga Perron, yang mengalami berbagai gangguan dari makhluk halus.

Tapi film ini juga membawa beberapa perubahan yang cukup penting bagi ceritanya. Salah satunya adalah Nyonya Perron yang mencoba membunuh anak-anaknya sendiri. Sedangkan berdasarkan kesaksian narasumber, hal itu tak pernah terjadi.

5. Hostel dibuat berdasarkan cerita yang belum jelas kebenarannya

via horror.wikia.com

Orang-orang Hostel boleh saja mengklaim kalau Hostel didasari oleh kejadian-kejadian nyata. Tapi seperti apa dan bagaimana tepatnya kejadian nyata tersebut masih jadi tanda tanya. Sutradara Hostel, Eli Roth, mengatakan bahwa dia mendapat ilham untuk menulis cerita Hostel dari situs di internet (entah situs asli atau abal-abal). Situs itu menawarkan kesempatan untuk datang ke Thailand dan menembak kepala seseorang dengan imbalan senilai $10.000.

Roth mengaku tak tahu apakah penawaran dan situs tersebut benar-benar nyata. Biar bagaimanapun juga, hal itu sungguh membuatnya tertarik. Ketertarikan Roth pada akhirnya menghasilkan salah satu film slasher populer yang selama ini kita kenal, Hostel.

Sebagian film di daftar pasti ada yang udah pernah kamu tonton, bukan? Buat kamu yang berharap film tersebut sama dengan cerita aslinya, nggak usah kecewa. Yang penting ‘kan filmnya sukses bikin kamu merinding dan berteriak ketakutan, haha.

Komentar:

Komentar