7 Anime Action Terbaik Khusus Pemirsa Dewasa

Semoga pemirsa sekalian puas nontonnya

:

One Piece, Naruto, dan Dragon Ball. Semua orang yang suka anime pasti setuju kalau tiga karya tersebut pantas dimasukkan dalam daftar anime action terbaik sepanjang masa. Tapi di sisi lain, tiga anime itu juga termasuk ke dalam kategori shounen – kategori yang diperuntukkan buat anak kecil dan remaja. Sedangkan Selipan merupakan situs yang ditujukan buat pembaca dewasa muda umur 18 tahun ke atas. Jadi otomatis dong, rekomendasi anime yang dipilih pun kebanyakannya dikhususkan buat orang dewasa.

Lagian pencinta anime pasti udah pada tahu soal One Piece, Naruto, dan Dragon Ball. Jangankan pencinta anime, orang yang sama sekali buta soal anime pun pasti tahu tiga anime itu. Jadi buat apa lagi saya kasih tahu anime yang kamu sendiri udah hafal luar dalam tentangnya, iya ‘kan?

Karena itu pula di artikel ini saya bakal membahas 7 anime action terbaik khusus pemirsa dewasa.

1. Btooom!

Sentai Filmworks

Ryota Sakamoto adalah gamer top peringkat yang masuk peringkat 10 besar di game online paling populer sedunia. Tapi di balik kejeniusannya di dunia virtual, Sakamoto ternyata seorang pengangguran yang selalu membentak dan menyiksa ibu dan ayah tirinya. Kalau mau diringkas, Sakomoto itu anak yang brengsek. Dan ibunya Sakamoto berpikir, anaknya yang nggak tahu diri itu layak dinominasikan buat ikut game survival, di mana pesertanya bakal dikirim ke pulau terpencil dan diminta untuk saling membunuh satu sama lain.

Yup, Btooom! merupakan anime action terbaik yang bertemakan battle royale. Tapi keunikan dari anime ini terletak di senjata yang digunakan. Para peserta diharuskan untuk saling membantai dengan memakai berbagai tipe bom canggih. Udah bisa ketebak, kamu bakal menemukan banyak potongan tubuh berserakan di dalam anime ini.

Nggak hanya kental dengan unsur action dan gore (dan fan service), Btooom! pun menyediakan perkembangan karakter yang bagus. Kamu bakal melihat perkembangan emosional Sakamoto, dari yang awalnya hanya seorang cowok brengsek, menjadi pria yang bisa diandalkan untuk membantu timnya bertahan hidup di alam liar yang dipenuhi komodo.

Editor’s Pick

2. Kingdom

Funimation

Ini anime yang cocok ditonton penyuka aksi, drama, perang, dan sejarah, terutama sejarah dari negeri Tiongkok saat periode negara-negara berperang (warring states period). Melalui anime ini juga kamu bakal menemukan kisah perjalanan Qin Shi Huang, kaisar pertama Dinasti Qin sekaligus pemersatu negeri Tiongkok yang saat itu terbagi dalam tujuh kerajaan.

Tapi ada satu karakter utama lain yang menarik buat diikuti di Kingdom. Karakter itu bernama Xin alias Li Xin, jenderal yang punya peran dalam ambisi Qin Shi Huang menyatukan seluruh negeri.

Memang ada unsur dramatisasi dan perbedaan kentara antara anime ini dan sejarah aslinya. Tapi jangan biarkan hal itu menghalangi kamu untuk menikmati suguhan cerita Kingdom. Setiap pertempurannya selalu berskala besar lagi sengit. Jangan ragukan pula adegan aksinya yang melibatkan sabet-menyabet pedang, tombak, dan golok secara intens. Plusnya lagi, strategi perang yang ada di anime ini sering melibatkan plot twist yang nggak disangka-sangka.

Dijamin deh, kalaupun kamu termasuk orang yang penyabar, pada akhirnya kamu pasti selalu dibuat nggak sabar untuk nonton episode berikutnya dari Kingdom.

3. Inuyashiki

Amazon

Protagonis dari anime ini adalah orang tua yang rambutnya udah memutih. Kehidupannya pun kelihatan menyedihkan. Pertama, dia nggak dianggap sama istri dan anak-anaknya sendiri. Kedua, dia mengidap kanker dan hidupnya nggak lama Lagi. Ketiga, punggungnya selalu pegal. Keempat, mukanya kelihatan tua banget. Meskipun umurnya baru 58 tahun, mukanya kayak udah 85 tahun. Sedih banget pokoknya.

Tapi di suatu malam, orang tua bernama Inuyashiki Ichiro ini mendapat anugerah berupa kekuatan super saat dia kebetulan lagi ngaso di taman kompleks perumahan. Berkat anugerah itu pula, tubuhnya jadi bisa diubah jadi senjata canggih nan mematikan. Dan sebagai orang tua yang hidupnya nggak lama lagi, Inuyashiki tanpa ragu menggunakan kekuatan barunya itu untuk menyelamatkan nyawa orang lain. Yaah, intinya sih dia jadi superhero.

Tapi kehadiran superhero rasanya masih belum lengkap kalau nggak ada lawan sebanding. Di sinilah Shigishami Hiro mengisi perannya sebagai penjahat psikopat yang punya kekuatan sama dengan Inuyashiki.

Selanjutnya izinkan saya untuk menutup poin ini dengan pertanyaan dan pernyataan klise yang biasanya muncul di sinopsis film superhero. Bisakah Inuyashiki menyelamatkan dunia? Dari manakah sumber kekuatan supernya itu berasal? Kamu hanya bisa mendapat jawabannya di Inuyashiki.

4. Mirai Nikki (Future Diary)

Funimation

Manga kedua yang bertemakan battle royale nih. Cerita dalam anime ini dimulai dari Yukiteru Amano, seorang murid SMP yang…

Sebentar, sebelum kita lanjut, saya punya satu pertanyaan soal komik dari Jepang. Kenapa ya komikus jepang suka banget memakai karakter utama anak SMP, bahkan jika genre komiknya action/manga/thriller? Menurut saya itu kurang realistis. Di manga dan anime Cage of Eden, anak-anak SMP bahkan bisa menang melawan dinosaurus! Dinosaurus, bung!

Tapi terserahlah. Whatever.

Jadi Mirai Nikki ini menceritakan tentang Yukiteru Amano, anak penakut yang mendapat buku harian sakti. Kenapa saya sebut sakti? Karena buku harian itu bisa menerawang masa depan. Tapi sebenarnya, buku itu nggak diberikan pada Yukiteru secara cuma-cuma. Selanjutnya Yukiteru harus berpartisipasi dalam survival game yang dirancang Dewa Ruang dan Waktu.

Apa yang bikin manga ini unik adalah karena kehadiran karakter Yuno Gasai, satu peserta lain dari survival game yang rela melindungi Yukiteru si penakut. Oh ya, ngomong-ngomong Yuno itu psikopat gila yang bisa membantai orang tanpa rasa bersalah sama sekali. Dia juga terobsesi habis-habisan sama Yukiteru.

Saya sendiri masih jarang menemukan protagonis psikopat yang karakterisasinya semenarik ini dalam anime dan manga.

5. Psycho-pass

Funimation

Jepang di abad 22 (abad ketika Doraemon lahir) telah berubah menjadi negeri di mana kebebasan dibatasi, khususnya bagi para kriminal. Setiap warga negara nggak bisa dengan bebas memikirkan rencana untuk melakukan aksi kejahatan, kerena negara telah menerapkan sistem yang mengharuskan warganya untuk dicek kondisi mentalnya. Sekalinya ada warga biasa yang ketahuan memiliki niat jahat, dia bisa ditangkap oleh aparat (yang katanya merupakan) penegak hukum.

Lalu apa sih sebenarnya aksi kejahatan atau kriminal itu? Apa yang membuat seseorang bisa disebut sebagai kriminal?

Menonton anime ini, tiba-tiba aja saya bertanya seperti itu. Karena bukankah suatu kelompok penguasa bisa aja menyebut kelompok lain kriminal jika kepentingan mereka terganggu? Begitu pula karakter utama Psycho-pass, Akane Tsunemori, yang mempertanyakan apa arti “keadilan” yang selama ini dia junjung selama bertugas sebagai kaki tangan aparat hukum.

Anime ini mengangkat topik yang tergolong agak berat. Tapi dengan balutan adegan action yang penuh kekerasan sekaligus memikat, topik yang berat itu pun bakalan asyik buat kamu ikuti.

6. Rurouni Kenshin (Samurai X)

Aniplex

Jika kamu pencinta anime yang sekarang berumur 24 tahun lebih, tapi kamu nggak tahu Samurai X, kayaknya masa kecil kamu kurang lengkap tuh. Jika kamu termasuk generasi Z, saya masih bisa maklumi lah.

Apalagi yang harus saya ceritakan soal Samurai X? Ini adalah anime yang lagu pembukanya selalu saya tunggu-tunggu. Ini adalah anime yang karakter utamanya bikin saya mikir betapa gagahnya samurai.

Meskipun begitu, mari kita kenalan (lagi) sama karakter utamanya, Kenshin Himura. Dia adalah samurai pengelana yang udah meninggalkan jalan hidupnya sebagai pembantai. Namun pengembaraannya itu mesti terhenti pada suatu hari, tatkala dia membantu Kamiya Kaoru yang tengah melawan penjahat. Setelah mengetahui kalau Kenshin merupakan mantan pembantai ulung, Kaoru pun menawarkan Kenshin untuk tinggal di rumahnya. Tapi masa lalu Kenshin yang kelam selalu menghantuinya dan memaksanya untuk mengeluarkan lagi pedangnya.

Sebagai manga berlatar sejarah, Samurai X juga bisa mengajarkan kita sedikit tentang sejarah Jepang: akhir dari Tokugawa Shogun, Shinsengumi, Restorasi Meiji, sampai masa-masa awal peralihan Jepang menjadi negeri industrialis. Tapi di atas segalanya, Samurai X mengajarkan kita kalau pertempuran pedang antara samurai dengan samurai, atau samurai dengan ninja itu sangat memanjakan mata.

7. Shingeki no Kyojin (Attack on Titan)

Funimation

Ini mungkin anime yang paling populer dalam daftar ini. Attack on Titan pun merupakan anime action yang nggak jarang didaulat sebagai yang terbaik oleh banyak orang. Jadi, sekali lagi, kalau kamu ngaku pencinta anime tapi nggak tahu apa itu Attack on Titan… oke, saya bakal jelaskan di sini.

Intinya, anime ini bercerita tentang raksasa. Well, raksasa yang sukanya makan daging manusia lebih tepatnya. Karena ancaman dari raksasa jelek rupa itu, umat manusia mesti berlindung di balik tembok tinggi.

Tapi suatu hari, seekor raksasa tengil tiba-tiba menghancurkan tembok tinggi yang selama ini jadi pelindung bagi umat manusia. Dan hal itu membuat Eren Jaeger sang karakter utama bersumpah untuk membasmi semua raksasa yang ada di muka bumi.

Kata-kata doang nggak akan cukup buat menggambarkan betapa megahnya suguhan action yang ditawarkan anime ini. Kalau kamu belum pernah nonton Attack on Titan, saya menyarankan banget kamu untuk tonton sesegera mungkin.

Apa kamu udah puas dengan daftar rekomendasinya? 

2 Shares

Komentar:

Komentar