Berkali-kali Masuk Nominasi, 7 Aktor Beken Ini Belum Pernah Bawa Pulang Piala Oscar

Tetap ganbatte ya!

Oscar 2019 memang sudah usai. Tapi ajang penghargaan tertinggi untuk insan perfilman masih menyimpan cerita menarik untuk diulas. Saya ambil contoh kasus dari Viggo Mortensen, yang meskipun bermain menawan di film Green Book, ia harus mengalah pada Rami Malek yang akhirnya menggondol pulang penghargaan Pemeran Utama Pria Terbaik. Green Book sendiri lebih beruntung dari Viggo Mortensen, karena film itu diganjar penghargaan tertinggi di kategori Film Terbaik.

Yaah, begitulah kompetisi. Dari beberapa nama yang masuk nominasi, hanya satu yang bisa membawa pulang piala. Viggo Mortensen pun bukan satu-satunya aktor yang harus puas hanya masuk nominasi Oscar (tiga kali ia masuk nominasi), masih banyak aktor keren yang bernasib sama dengannya.

1. Edward Norton

thatmovieperson.id

Aktor kelahiran 1969 ini termasuk salah satu yang terbaik di generasinya. Memulai karier pada tahun 1996, ia langsung masuk nominasi Oscar 1997 lewat film Primal Fear. Dan nggak butuh waktu lama bagi Edward untuk masuk nominasi lagi. Pada Oscar 1999 ia kembali didaulat sebagai nomine berkat perannya di American History X.

Dua kali kegagalan di Oscar nggak menyurutkan Edward untuk berhenti bermain film. Lagi pula nggak lucu juga kalau aktor sekaliber Edwar Norton pensiun cuma gara-gara gagal dapat Oscar. Tercatat setelahnya ia membintangi film seperti Fight Club (1999), The Italian Job (2003), The Incredible Hulk (2008), dan The Bourne Legacy (2012). Semuanya gagal mengantar ia masuk nominasi Oscar.

Barulah setelah berakting sebagai tokoh bad boy dalam film Birdman, ia kembali bersaing dalam masuk nominasi Oscar 2015 untuk ketiga kalinya.

2. Matt Damon

imdb.com

Rasanya sulit untuk melupakan penampilan Matt Damon di film The Martian. Performanya di film itu bahkan membawanya ke barisan nominator Oscar 2016. Itu ketiga kalinya ia jadi nominator, setelah sebelumnya namanya masuk dalam daftar kandidat Aktor Terbaik Oscar 1998 lewat Goodwill Hunting dan Oscar 2010 lewat Invictus.

3. Brad Pitt

hollywoodreporter.com

Aktor yang satu ini barangkali salah satu idola paling klise dari kaum hawa di seluruh dunia. Mau gimana lagi, tampangnya… yaah, lumayan lah. Istilah bahasa Inggris British-nya, not baaaad. Mantan suami Angelina Jolie ini juga seringkali terlibat aksi-aksi sosial dan kemanusiaan. Sementara dalam perjalanan kariernya sebagai aktor, ia pernah bikin juri Oscar tertarik untuk memasukkan namanya ke dalam nominasi Aktor Terbaik sebanyak tiga kali.

Oscar 1996, itulah kali pertama namanya muncul dalam nominasi berkat aktingnya di film Twelve Monkeys. Setelah itu ada jeda yang cukup lama sebelum ia kembali dinominasikan di Oscar 2009 lewat film The Curious Case of Benjamin Button. Nominasi ketiganya diraih tahun 2012 setelah ia bermain di film Moneyball.

4. Bradley Cooper

imdb.com

Kalau aktor yang ini, ia baru saja dikalahkan Rami Malek di Oscar 2019. Tapi A Star is Born bukanlah film pertama yang mengantarkan Cooper masuk jajaran nominator Aktor Terbaik Oscar. Sebelumnya ia pernah masuk nominasi tiga kali dan berturut-turut pula. Jarang-jarang ‘kan ada aktor yang masuk nominasi secara berturut-turut?

Cukup disayangkan padahal. Saat ia berduet dengan Jennifer Lawrence di Silver Linings Playbook, bagi saya Cooper telah memberikan penampilan terbaiknya di film itu. Ia cuma kurang beruntung kalah bersaing dengan Daniel Day Lewis, yang akhirnya menggondol penghargaan Aktor Terbaik Oscar 2013 karena perannya sebagai Abraham Lincoln.

Peran ciamik Bradley Cooper di American Hustle dan American Sniper.pun masih belum cukup membawanya meraih penghargaan di Oscar 2014 dan 2015.

5. Johnny Depp

imdb.com

Nama Johnny Depp memang nggak akan lepas dari sosok bajak laut nyeleneh di Pirates of Caribbean. Perannya sebagai Jack Sparrow di Pirates of Caribbean The Curse of The Black Pearl pulalah yang mengantarkan dirinya pertama kali masuk nominasi Oscar 2004.

Tapi pria yang namanya mulai melejit di era 90-an ini termasuk aktor yang terbiasa memainkan berbagai peran dengan baik. Terbukti setahun setelah nominasi Oscar pertama, Depp kembali tergabung dalam nominasi lewat Finding Neverland. Hebatnya lagi, film itu menuntut ia berperan sebagai sosok yang kalem, sangat bertolak belakang dengan peran yang ia mainkan di film sebelumnya.

Ia kembali meramaikan nominasi Oscar 2008 lewat Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street. Sayang piala harus jatuh pada aktor Daniel Day-Lewis yang tampil apik di film There Will We Blood.

6. Willem Dafoe

indiewire

Aktor senior yang satu ini bisa saja jadi panutan para aktor muda. Dengan karakternya yang eksentrik di film Platoon, ia sudah memukau juri Oscar 1987. Tapi sayangnya, penampilannya di puluhan film setelah itu nggak bisa bikin ia mempertahankan posisinya sebagai nominator Oscar. Dafoe baru kembali masuk nominasi Oscar di tahun 2001 lewat Shadow of The Vampire. Setelah itu, ia lebih sering tampil sebagai pemeran pendukung.

Tapi ya, namanya juga aktor senior yang sudah makan asam garam dunia pemeranan. Willem Dafoe kembali menunjukkan tajinya ketika didapuk sebagai pemeran utama. Terbukti dua tahun berturut-turut ia masuk nominasi Oscar lewat film The Florida Project pada 2018 dan At Eternity’s Gate pada 2019.

7. Tom Cruise

imdb.com

Daftar terakhir diisi oleh aktor yang mungkin paling beken dibanding deretan sebelumnya. Ya, ia adalah Tom Cruise, aktor yang suka banget bergelantung-gelantungan di seri film Mission Impossible. Mau itu di helikopter, gedung bertingkat, langit-langit gedung bertingkat, kamu sebutkan saja, ini orang pasti bergelantungan di sana.

Tapi kamu harus tahu juga, di awal-awal kariernya ia pernah masuk nominasi Oscar sebanyak tiga kali dalam rentang waktu 10 tahun. Itu dilakukannya lewat film Born on the Fourth of July pada 1990, Jerry Maguire pada 1997, dan Magnolia pada 2000.

Itulah 7 aktor Hollywood yang belum beruntung membawa pulang piala Oscar meski sudah masuk nominasi berkali-kali. Di antara ketujuh aktor tersebut, siapa yang menurut kamu paling pantas dapat piala Oscar?

- Advertisement -
Shares 6

Komentar:

Komentar