Akan Seperti Apa MCU Tanpa Kehadiran Spider-Man?

Gimana kalau rekrut Cicak-Man, Disney?

:

Ini adalah artikel opini. Dan sejauh itu menyangkut opini saya, saya agak menyayangkan hengkangnya Spider-Man dari Marvel Cinematic Universe. Seperti yang kita tahu, hal itu disebabkan oleh gagalnya Sony dan Disney menemui titik temu soal pembiayaan bersama untuk film-film Spider-Man berikutnya. Intinya sih, alasannya balik lagi ke duit dan profit.

Tapi hilangnya Spider-Man dari MCU tentu jadi pukulan telak buat penggemar film superhero Marvel. Sejak kemunculan perdananya di Captain America: Civil War, Spider-Man udah diproyeksikan untuk jadi salah satu karakter penting di MCU. Bahkan Tom Holland – pemeran Spider-Man di MCU – masih memiliki kontrak dua film lagi dengan MCU. Jadi dengan keluarnya Spider-Man, sepertinya Disney dan Marvel harus mencari cara untuk tetap membuat jalan cerita film-film yang mereka buat selanjutnya tetap berkaitan dengan Spider-Man: Homecoming dan Far from Home.

Untuk itulah di artikel ini saya pengin membagi beberapa prediksi soal kemungkinan yang bakalan terjadi di jalan cerita MCU setelah kepergian Spider-Man.

Post-credit scene di Far From Home bakal jadi dalih menghilangnya Spider-Man

Marvel Studios

Poin ini bakal berisi sedikit spoiler nih, jadi siap-siap ya.

Di bagian post-credit Far From Home, Mysterio membocorkan identitas asli Spider-Man masyarakat luas dan memfitnahnya sebagai penjahat. Saat berita Sony memutus kontrak dengan Disney belum muncul, para fans MCU menganggap ending tersebut akan membuka jalan cerita baru bagi Spider-Man di MCU. Sayangnya, dengan kondisi antara Sony dan Disney saat ini, ending tersebut kayaknya bakal dimanfaatkan oleh Disney untuk “melenyapkan” si Manusia Laba-Laba.

Logikanya begini:


Setelah difitnah oleh Mysterio, Spider-Man bakal jadi musuh masyarakat. Dan mungkin di film MCU berikutnya, Spider-Man akan bersembunyi sampai nama baiknya pulih. Tapi kita nggak akan pernah diperlihatkan momen-momen saat Spider-Man lagi bersembunyi. Mungkin superhero Marvel lain atau tim Avengers bakal menyebut nama Spider-Man di obrolan mereka. Tapi kita nggak usah terlalu berharap bakalan bertemu lagi dengannya di MCU.

Kita masih harus menunggu momen kematian Peter Parker di MCU

Marvel Comics

Di versi komiknya, Peter Parker udah melalui beberapa momen kematian. Contohnya saat dia dijebak untuk bertukar tubuh dengan Dr. Octopus di komik Dying Wish. Atau saat dia tewas dan digantikan oleh Miles Morales di komik Ultimate Spider-Man. Intinya Peter Parker pasti bakalan mati suatu hari nanti, dan orang lain akan menggantikannya sebagai Spider-Man.

Disney mungkin nggak akan membuat Peter Parker mati saat dia lagi bersembunyi. Momen kematian Peter terlalu penting untuk nggak diperlihatkan secara langsung. Jadi Disney bakal menunda momen kematian Peter Parker untuk waktu yang masih belum bisa ditentukan. Mungkin aja kan Disney masih berharap Spider-Man bakal kembali lagi ke pangkuan mereka?

Lagian bayangkan sama kamu, lebih baik mana:

  • Melihat langsung kematian Peter Parker yang cara kematiannya pasti heroik dan tragis, atau
  • Mendengar Hawkeye bilang, “Hey guys, Peter Parker mati kemarin malam. Siapa yang mau ikut ke pemakamannya?”

Mana yang lebih baik?

Aksi Miles Morales bareng Avengers juga akan tertunda

Marvel Comics

Dari berbagai karakter yang mengenakan topeng Spider-Man, ada satu sosok yang jadi favorit bagi banyak pencinta komik: Miles Morales.

Miles pertama kali muncul di seri komik Ultimate Spider-Man sebagai pengganti Peter Parker yang tewas. Sedangkan di versi filmnya, Miles pernah disebutkan namanya di Homecoming, tepatnya lewat adegan monolog Aaron Davis (Donald Glover). Sebagai penggemar beratnya, jujur aja saya udah nggak sabar menantikan momen ketika Miles Morales bergabung dengan pahlawan super Marvel lainnya, meskipun itu artinya Peter Parker harus mati.

Kita mungkin masih akan melihat Miles di Spider-Man live action hasil godokan Sony. Tapi kita nggak akan pernah melihatnya berinteraksi sama superhero Marvel lain.

Siapa yang akan menggantikan Tony Stark?

Marvel Studios

Sejak Tony Stark merekrut Peter Parker di Captain America: Civil War untuk membantunya menghentikan Captain America, sudah tercium hawa bahwa Tony mempercayai Peter untuk menjadi superhero yang bisa menggantikan posisinya di masa depan. Bahkan di Far From Home, Tony mempercayakan salah satu teknologi penting miliknya pada Peter Parker. Dengan peran Peter Parker yang begitu sentral, sepertinya MCU harus berusaha ekstra keras untuk mencari pengganti Spider-Man yang sebelumnya diproyeksikan sebagai “The Next Tony Stark”.

Dengan banyaknya lisensi karakter Marvel yang Disney kantongi, bisa saja pengganti Spider-Man diambil dari karakter yang pernah muncul sebelumnya. Tapi nggak menutup kemungkinan Disney bakal mengenalkan superhero baru. Satu hal yang saya yakin, posisi Spider-Man pasti bakal diisi sama superhero remaja yang seumuran dengan Peter Parker.

Terus gimana dengan Spider-Man ala Sony

Harus diakui, Sony juga punya rencana besar untuk mengembangkan waralaba Spider-Man. Saya sendiri nggak terlalu suka dengan The Amazing Spider-Man dan The Amazing Spider-Man 2-nya Andrew Garfield. Tapi di sisi lain, kita juga nggak bisa memungkiri pengalaman Sony dalam melahirkan Spider-Man: Into the Spider-Verse. Saya kasih acungan dua jempol buat film itu.

Semoga aja kesuksesan Spider-Man: Into the Spider-Verse bakal menular ke film-film Spider-Man berikutnya. Dan ada kemungkinan juga Sony bakal memunculkan berbagai jenis Spider-Man dari dunia yang berbeda, atau mempertemukan Spidey dengan musuh bebuyutannya, Venom.

Tapi terlepas dari itu, saya masih tetap berharap Spider-Man tetap bertahan di MCU.

Gimana menurutmu? Apakah Spider-Man memang seharusnya tetap berada di MCU? Atau kamu optimis menyongsong masa depan Spider-Man di Sony?

Komentar:

Komentar