Apa Saja Acara Seru yang Bisa Kamu Ikuti di Hari Film Nasional?

Seenggaknya ada 5 acara nih

:

Menjelang Hari Film Nasional yang jatuh tanggal 30 Maret, banyak stakeholder perfilman yang berlomba-lomba membuat acara untuk memperingatinya. Acaranya pun beragam mulai dari nonton bareng, workshop, dan kompetisi film pendek. Dan acara seperti ini biasanya nggak hanya diadakan di kota-kota besar. Berkat komunitas film yang aktif dalam mendukung perfilman nasional, acara-acara itu juga ada di berbagai daerah.

Supaya Hari Film Nasional nggak terasa garing, nih saya pilihkan 5 acara seru yang bisa kamu ikuti nanti. Pastinya 5 acara ini bakal nambah pengalaman dan pengetahuan kamu soal perfilman.

1. Diskusi Spesial HFN 2019 di Sukabumi (27 Maret 2019)

Jangan salah. Meski termasuk kota kecil di Jawa Barat, Sukabumi juga punya komunitas film yang aktif. Bahkan hampir setiap bulan selalu ada acara kreatif di kota yang menelurkan artis besar seperti Desy Ratnasari dan Happy Salma ini.

Dalam rangka memperingati Hari Film Nasional, beberapa komunitas film di Sukabumi bikin acara diskusi spesial yang akan menghadirkan beberapa praktisi film asal Sukabumi. Acara ini juga bakal dimeriahkan dengan pemutaran film Surau & Silek karya Arief Malinmundo. Menarik juga nih, film yang diputar justru film panjang karya sineas Minangkabau yang menceritakan tentang kehidupan sosial budaya setempat.

Selain pemutaran film panjang, acara diskusi spesial ini juga akan disemarakkan dengan pemutaran film pendek karya sineas Sukabumi. Kalau bicara film pendek, karya sineas Sukabumi pernah beberapa kali mengantongi penghargaan dari dalam dan luar negeri. Bahkan film pendek Kalangkang sempat diputar di Nigeria dan Italia.

2. Pemutaran film pendek di Lampung (31 Maret 2019)

konkritnews.com

Dari pulau Jawa, selanjutnya kita beralih ke Sumatera, tepatnya Bandar Lampung. Diinisiasi oleh komunitas KlubNonton, di kota ini juga bakal ada acara pemutaran beberapa film pendek. Satu film pendek spesial yang bakal diputar adalah Ballad of Blood & Two White Buckets karya sutradara Yosep Anggi Noen.


Dengan mengusung tema besar Semarak Hari Film Nasional, panitia menghadirkan artis Ruth Marini agar acara semakin semarak sesuai dengan temanya. Dan tahukah kamu siapakah Ruth Marini? Dia adalah seorang acting coach yang belakangan sering muncul di depan layar. Setidaknya pada tahun 2018 ia berperan sebagai Sito Gendeng dalam Wiro Sableng dan sebagai pemuja setan dalam film Sebelum Iblis Menjemput.

3. Pemutaran Film AMD di Purbalingga (30 Maret 2019)

Belum ada poster resmi untuk kegiatan ini/alif.id

Bicara komunitas film di Purbalingga tentu kita nggak akan pernah bisa melupakan kiprah CLC Purbalingga. Di bawah komando Bowo Leksono selaku Direktur Organisasi, CLC Purbalingga telah menjelma menjadi komunitas film yang melanglangbuana hingga ke tingkat internasional. Salah satunya ketika mereka dipercaya menjadi pembicara di 28th Singapore International Film Festival, dalam program Focus – Histories of Tomorrow : Indonesian Cinema After The New Order.

Di Hari Film Nasional 2019, CLC Purbalingga akan mengadakan pemutaran perdana film pendek fiksi ABRI Masuk Desa (AMD). Film yang disutradarai langsung oleh Bowo Leksono ini merupakan hasil kerjasama CLC Purbalingga dengan Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia dan Jaringan Kerja Film Banyumas Raya (JKFB).

Rencananya film ini akan diputar pada hari Sabtu, 30 Maret 2019 jam 19.30 di panggung luar Gor Mahesa Jenar Purbalingga.

4. Pemutaran film di CGV Balikpapan (30 Maret 2019)

cgv.id

Nggak hanya komunitas film, bioskop pun turut aktif dalam memeriahkan hari film nasional. Tepat tanggal 30 Maret, biasanya ada kegiatan pemutaran film Indonesia di bioskop-bioskop. Dan hal ini sudah dilakukan secara konsisten selama bertahun-tahun. Namun sampai saat artikel ini ditulis, belum ada keterangan resmi dari pihak bioskop mengenai acara ini.

Tapi kamu nggak usah khawatir karena salah satu jaringan CGV di Balikpapan sudah punya acara sendiri. Bekerjasama dengan Komunitas Gambar Gerak dan KOPFI, CGV Cinemas Plaza Balikpapan mengadakan rangkaian acara pemutaran film lokal kepada khalayak ramai untuk mengapresiasi karya anak bangsa, khususnya karya putra-putri Balikpapan.

Beberapa karya film lokal yang akan diputar adalah Sangdengsang, Cari, Buku Malang Menunggu Disayang, dan Tikus Tikus. Untuk informasi tiket kamu bisa baca lebih lanjut di situs ini.

5. FSAI 2019 di Surabaya (29 – 31 Maret 2019)

FSAI

Festival Film Sinema Australia (FSAI) 2019 akan mengakhiri gelarannya di kota Surabaya. Bertempat di CGV Marvell City, film-film pilihan dari Negeri Kanguru ini bakal diputar khusus pada 29 – 31 Maret 2019. Acara ini memang nggak dikhususkan untuk memeriahkan Hari Film Nasional, tapi nggak ada salahnya buat kamu untuk ikut memeriahkan.

Mengenai film-film apa saja yang diputar dan bagaimana cara memperoleh tiketnya, saya pernah mengulasnya di sini.

Itulah 5 acara keren yang bisa kamu ikuti memeriahkan Hari Film Nasional. Ayo, jangan bengong aja! Tandai kalender kamu sekarang juga.

Komentar:

Komentar