7 Tipe Karakter Jahat yang Paling Sering Kita Temukan dalam Film

Kamu jahadh!

:

“Bagusnya sebuah film bisa dinilai dari karakter penjahatnya. Ketika gimmick kebaikan dari karakter pahlawan selalu berulang sama di kebanyakan film, karakter antagonis akan memberikan sebuah efek yang berbeda terhadap sesuatu yang dianggap biasa saja.” – Roger Ebert

Kutipan dari Roger Ebert di atas sangatlah masuk akal. Beberapa film bisa terasa sangat menghibur karena efek dari karakter antagonisnya. Bahkan karisma mereka bisa lebih unggul dibandingkan protagonis.

Tapi dari sekian banyak karakter jahat yang ada di film, mereka semua punya karakteristik yang berbeda-beda tergantung dari genre filmnya. Maka dari itu saya pengin membahas 7 tipe karakter jahat yang paling sering kita temui di film-film. Yok, langsung saja kamu simak daftarnya.

1. Tipe kriminal

Universal Studios

Tipe karakter jahat yang satu ini memang udah dasarnya jahat. Biasanya motif yang digunakan untuk aksi mereka berkutat di seputar kekuasaan dan uang. Tipikal penjahat kebanyakan gitu deh.

Karakter tipe ini bakal sering kamu temui di film-film bergenre thriller, action atau bahkan drama yang punya unsur kriminal di dalamnya. Contoh tokoh yang masuk ke jenis ini di antaranya Tony Camonte dari Scarface dan Frank Lucas dari American Gangster.

2. Tipe otoriter

Paramount Pictures

Nah, kalau tipe yang ini biasanya dimunculkan lewat sesosok karakter yang kerap menghalangi kebebasan atau keleluasaan aksi dari protagonis. Contohnya, karakter Rooney si kepala sekolah di film Ferris Bueller’s Day Off.


Walau dia nggak bertindak sadis atau melakukan aksi kriminal, Rooney mencoba melakukan berbagai cara untuk menghentikan langkah Ferris yang pengin bolos sekolah. Karakter macam Rooney ini sebenarnya jadi jahat karena pengaruh konteksnya saja, bukan karena tindakannya.

3. Tipe kembaran

Warner Bros

Ingat dengan karakter General Zod di film Man of Steel? Dia sama-sama punya kekuatan super kayak Superman. Hanya saja si Jenderal berjanggut huruf U ini jahatnya luar biasa. Ngerti kan kenapa saya menyebut karakter tipe ini sebagai tipe kembaran? Mereka itu punya kekuatan yang setara dengan protagonis, tapi mereka menggunakan kekuatan itu untuk kejahatan.

Biasanya yang jadi sumber konflik antara antagonis bertipe kembaran dengan karakter protagonis terletak di perbedaan idealisme.

4. Tipe jenius

United Artists

Tipe yang satu ini bisa dibilang tipe penjahat paling keren. Mereka nggak suka berhadapan langsung dengan karakter protagonis. Soalnya mereka nggak pernah mengesekusi rencana jahat secara langsung, melainkan dengan menyuruh anak buah. Jadi anak buah merekalah yang sering ketemu dengan protagonis. Sedangkan si penjahat ongkang-ongkang kaki menunggu laporan dari anak buah (yang seringkali gagal menjalankan tugas).

Yang lebih kerennya lagi, penjahat tipe jenius ini biasanya nggak asal serang. Kayak karakter Auric Goldfinger di film Goldfinger.

5. Tipe cantik

Tristar Pictures

Penjahat tipe ini biasanya hadir lewat sosok wanita yang berpenampilan menarik dan selalu membawa bencana pada karakter protagonis. Tipe ini sering ditemui di film-film bergenre thriller, action, dan bahkan komedi. Salah satu karakter bertipe ini yang paling saya ingat yakni Catherin Tramell di Basic Instinct. Cantik tapi berbahaya! Uuuh!

6. Tipe perundung

Universal Studios

Kalau tipe yang satu ini biasanya sering ditemui di film-film drama atau komedi. Pasti selalu ada tuh, satu karakter yang kerjaannya menjahili orang lain. Karakter antagonis tipe ini biasanya nggak punya motif mendalam tentang aksi menyebalkan mereka. Sifat menyebalkan mereka sudah bawaan dari lahir.

Masih ingat dengan karakter Biff Tannen di Back to the Future atau Skut Farkus di A Christmas Story? Mereka adalah beberapa dari sekian banyak karakter antagonis bertipe bully.

7. Tipe alam lain

New Line Cinemas

Pasti sudah kebayang dong seperti apa penjahat dari tipe yang satu ini. Yap. Biasanya sosok jahat dari tipe ini bukan berasal dari alam yang sama dengan karakter protagonis. Bisa berbentuk hantu, roh, atau bahkan makhluk luar angkasa.

Walau berbeda alam, tetap saja penjahat tipe ini punya tujuan yang buruk untuk dihadapi sang karakter protagonis. Kayak para Martians di film War of the Worlds atau Freddy Krueger di A Nightmare on Elm Street, tiba-tiba datang dan bikin ulah.

Gimana menurut kamu? Apa ada tipe penjahat lain yang kamu bisa temukan di film-film favoritmu?

Komentar:

Komentar