7 Film Survival yang Bikin Kamu Duduk Tegang dan Mikir Keras Saat Nonton

Apa insting bertahan hidup kamu sekuat karakter di film-film ini?

Sebagai orang yang selama ini hidup di daerah urban padat penduduk, saya nggak pernah membayangkan gimana rasanya jika harus bertahan hidup sendirian di pulau terpencil. Bertahan hidup sendirian aja kayaknya udah susah banget, apalagi kalau ditambah ada psikopat gila yang mengincar nyawa saya. Si kami harus saling menebas golok tuh.

Tapi itu masalahnya, insting bertahan hidup saya cemen. Kayaknya kalau kisah survival saya dijadikan film, durasi baru jalan 10 menit, saya udah keburu tewas duluan. Film macam apa yang 10 menit udah tamat!? Nggak seru banget!

Survival atau bertahan hidup di kondisi yang sulit memang bukan kerjaan yang gampang. Saya sendiri nggak yakin bisa melakukannya sendirian. Jadi yaah, daripada mencoba langsung, saya lebih suka nonton film yang bertema survival. Kamu juga coba tonton deh film survival. Saya yakin kamu juga bakalan suka.

Oleh karena itu, di artikel ini saya mau kasih kamu rekomendasi 7 film survival yang harus kamu tonton minimal sekali seumur hidup.

1. Apocalypto

Jujur, Apocalypto itu bikin saya mikir, “Kalau film arahan Mel Gibson sebagus ini, saya jadi penasaran gimana kualitas film-film lain yang juga disutradarainya?” Karena memang, film ini sanggup bikin saya susah mengalihkan pandangan dari layar TV.

Settingnya mengambil waktu tempo dulu, di saat peradaban Maya masih eksis. Karakter utamanya, Jaguar Paw (namanya memang Jaguar Paw), seorang pemuda desa, harus melindungi keluarganya dari ancaman suku barbar yang menginvasi desanya secara mendadak. Ia bahkan harus memikirkan bagaimana cara buat bertahan hidup dari suku barbar yang terus-menerus mengincar nyawanya di tengah hutan belantara. Dan ia harus melakukannya sendirian, karena hampir seluruh penduduk desanya tewas dibantai.

Sebagai penggemar gila sejarah, saya pun dibuat bertanya-tanya saat melihat ending dari film ini. Bagaimana selanjutnya nasib dari Jaguar Paw setelah ia melihat pemandangan yang bahkan bisa membuat semua Suku Maya terperangah takjub?

2. 127 Hours

Ini adalah film yang di hampir sepanjang durasinya mengharuskan kita nonton seorang pria yang terjebak di celah tebing, terhimpit batu besar yang menjepit lengannya. Tapi justru di sinilah kita bisa melihat unsur survival yang kental di 127 Hours.

Ketika dalam kondisi terdesak, saat seseorang terancam nyawanya, saat itulah kamu bisa melihat kemampuan dan mental sesungguhnya dari orang itu. Dan karena itu pula, 127 Hours merupakan tontonan wajib jika kamu pengin tahu arti dari survival.

Coba bayangkan apa yang bakal kamu lakukan jika ada di posisi sang karakter utama, Aron Ralston? Sanggupkah kamu memotong lengan kamu yang terhimpit oleh batu besar? Sanggupkah kamu memikirkan cara untuk bertahan hidup dengan perbekalan yang terbatas? Sanggupkah kamu menonton video yang berisi wanita seksi saat nyawa kamu berada di ujung tanduk?

Well, lupakan saja pertanyaan yang terakhir. Nggak penting juga buat dijawab.

3. Cast Away

Inti dari film ini: pegawai FedEx terdampar di pulau tak berpenghuni, lalu di sana ia berteman dengan bola voli yang dinamainya Wilson. Ia pun hidup bahagia untuk selama-lamanya dengan bola voli itu.

Bercanda deng. Cast Away memang menceritakan tentang Chuck Noland (Tom Hanks) yang terdampar sendirian di sebuah pulau. Di film ini kamu akan melihat Noland yang sebelumnya tak tahu apa-apa soal survival, tumbuh menjadi pria berjanggut keriting lebat yang tahu betul bagaimana caranya untuk bertahan hidup sendirian.

Tapi nggak peduli seberapa tangguhnya pun Nolan, dia tinggal sendirian di pulau nggak berpenghuni. Dan hidup sendirian selama bertahun-tahun lamanya itu sama artinya dengan kamu harus menjaga kewarasan. Jika kamu ada di posisinya Noland, sanggupkah kamu untuk menjaga kewarasan?

4. The Revenant

The Revenant, ini film yang paling baru dibandingkan film-film lain yang ada dalam daftar film survival terbaik ini. Mungkin kamu sendiri masih ingat bagaimana puja-puji yang diterima film ini saat baru dirilis. Untuk menggambarkan betapa kerennya film survival yang satu ini, Leonardo DiCaprio sampai menyabet penghargaan Oscar untuk film terbaik berkat aktingnya di The Revenant.

Film ini sendiri menceritakan tentang pembalasan dendam seorang pemandu perjalanan, Hugh Glass (Leonardo DiCaprio). Tapi kamu pun mungkin bakal paham kenapa Glass begitu ngotot buat membalas dendam. Bagaimana rasanya jika salah seorang teman kamu mengusulkan ke kelompok perjalanan kalau kamu lebih baik ditinggalkan mati membusuk di tengah hutan di musim dingin? Bagaimana rasanya jika kamu melihat anak kamu sendiri tewas dibunuh di depan mata kepala?

Ya, jawabannya: balas dendam! Atau mungkin kamu malah berpikir apakah pembalasan dendam yang dilakukan Glass setimpal dengan konsekuensi yang bakal ia terima? Itu tergantung penilaian kamu.

5. 10 Cloverfield Lane

Seorang perempuan muda yang cantiknya kebangetan terjebak di bungker bersama dua orang pria karena, “menurut kabar yang beredar”, bumi diinvasi oleh alien. Tapi hampir sepanjang durasi film, kita nggak pernah diperlihatkan gimana kondisi bumi yang sebenarnya. Apa benar ada alien yang menyerang bumi? Karakter utama kita sebenarnya hanya mendengar kabar itu dari pemilik bungker.

10 Cloverfield Lane memang bertema sains fiksi. Tapi bagi saya, ada pesan tersembunyi di dalamnya. Film ini menggambarkan gimana kondisi masyarakat kita saat ini yang kadang-kadang terlalu bergantung pada informasi dari internet, tanpa mau repot mengecek fakta sebenarnya. Masih mending kalau informasi yang jadi acuan kita itu benar. Lah, kalau salah?

“Dari status teman aku di medsos, katanya sih…”, “Dari berita yang aku baca di internet, katanya sih…” Semuanya berawal dari “Katanya, katanya, dan katanya.” Kita nggak pernah benar-benar tahu bagaimana fakta yang sebenarnya, karena semuanya bersumber dari “Katanya…”

Dan itulah yang mungkin jadi pesan moral dari 10 Cloverfield Lane.

6. Das Experiment (The Experiment)

Terinspirasi dari Stanford Prison Experiment yang dilakukan pada tahun 1971, Das Experiment membawa kita pada cerita tentang eksperimen yang berjalan buruk. Ya, segalanya berjalan saaaaangat buruk dalam eksperimen yang melibatkan 20 peserta ini.

20 peserta tersebut dibagi jadi dua kelompok; 12 orang berperan jadi tahanan penjara, dan 8 orang sisanya berperan sebagai sipir penjara. Layaknya penjara asli, tahanan di eksperimen ini harus menuruti aturan dan perintah sipir. Kebebasan mereka pun terenggut karena harus terkungkung di balik sel penjara. Sementara untuk para sipir, mereka diberi pentungan dan seragam.

Awalnya nggak ada perilaku aneh yang ditunjukkan 20 peserta eksperimen. Tapi lambat laun, peserta yang berperan sebagai sipir mulai menyalahgunakan kekuasaan mereka. Sekalinya mereka menolak perintah sipir, para tahanan dihukum dengan cara yang brutal sekaligus memalukan.

Das Experiment memberi kita bukti yang bagus betapa mudahnya bagi seseorang untuk menyalahgunakan wewenang jika ia diberi kekuasaan absolut. Bahkan ilmuwan-ilmuwan yang aslinya memberi para sipir kekuasaan pun dibuat nggak berkutik kala para sipir itu berbalik melawan mereka.

7. Battle Royale

Jika kamu suka The Hunger Games, kamu pasti bakalan suka sama Battle Royale. Cuma bedanya, film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Koushun Takami ini punya premis cerita yang jauh lebih gila dan ekstrem dari Hunger Games. Sekadar informasi, genre “battle royale” yang sekarang tersemat dalam produk-produk pop culture seperti PUBG, bisa dinamai seperti itu karena terpengaruh oleh judul film ini.

Untuk ide dasar ceritanya sendiri bisa digambarkan hanya dengan satu atau dua kalimat. Satu kelas yang terdiri dari sekitar 30 siswa dibawa paksa ke suatu pulau terpencil ketika mereka tengah dalam perjalanan karya wisata. Dan di pulau kosong itulah, para siswa tersebut disuruh untuk membunuh satu sama lain sampai hanya satu orang tersisa.

Dengan plot yang keji seperti itu, nggak heran kalau Battle Royale sempat dicekal peredarannya di berbagai negara. Tapi di sisi lain, kita juga nggak bisa memungkiri kejeniusan Kinji Fukasaku dalam meramu segala kegilaan (atau kegokilan) yang bisa ditemukan di Battle Royale.

Jadi, ada film survival di daftar ini yang belum kamu tonton? Atau malah udah nonton semuanya?

32 Shares

Komentar:

Komentar