7 Film Romantis yang Terinspirasi dari Kisah Cinta Dua Sejoli di Dunia Nyata

Selalu ada cerita di balik cinta

:

Saat menonton film-film bergenre romantis, saya sering merasa banyak film seperti itu yang ceritanya terlalu manis untuk jadi kenyataan. Asli deh, saya agak skeptis. Ada gitu yah konflik percintaan yang sebegitu peliknya, kayak yang sering tersirat di jalan cerita film romantis. Mustahil deh di dunia nyata mah.

Tapi setelah mencari informasi ke sana ke mari, ternyata ada lho beberapa film romantis yang benar-benar terinspirasi atau bersumber dari kisah romansa antara dua sejoli di dunia nyata. Meskipun, yang namanya film pasti mengandung bumbu-bumbu dramatisasi, biar konfliknya makin gereget.

Film yang pertama adalah…

1. The Theory of Everything (2014)

Universal Studios

Secara garis besar, film yang dibintangi oleh Eddie Redmayne ini menceritakan tentang kisah hidup Stephen Hawking, ilmuwan legendaris di bidang astrofisika. Tapi di The Theory of Everything, kamu nggak akan cuma nontonin Stephen Hawking belajar. Di film ini kamu juga bakalan disuguhi kisah percintaan antara Hawking dan perempuan yang ia cintai di masa kuliahnya, Jane Wilde.

Film ini mengambil referensi dari buku karya Jane yang berjudul Travelling to Infinity: My Life with Stephen. Buku itu berisi tentang kenangan-kenangan seputar perjalanan kisah cintanya bersama Hawking di masa lalu. Beberapa plot dari bukunya digambarkan dengan baik di filmnya, seperti adegan ketika Jane dan Hawking bertengkar mengenai masalah kepercayaan mereka. Tapi yang paling menyayat hati sih, saat Jane merasa terbebani dengan kondisi fisik Hawking yang semakin memburuk. Ujian cinta level hard itu mah, cuy.

2. A Beautiful Mind (2001)

Universal Studios

Mengambil inspirasi dari kisah cinta nyata antara seorang ilmuwan yang memenangkan penghargaan Nobel dan istrinya, A Beautiful Mind bakal menguji hati dan rasa simpatimu.

Diceritakan seorang ahli matematika bernama John Forbes Nash Jr. mengalami gangguan skizofrenia akut tanpa ia sadari. Tapi efek dari penyakit tersebut belum terlihat ketika John bertemu dengan istrinya, Alicia. Sampai akhirnya, di tengah-tengah kehidupan pernikahan mereka, penyakit John mulai memberikan imbas buruk kepada karier dan rumah tangga mereka berdua.


Karena sudah terlalu cinta dengan John, sang istri pun tidak menyerah dan terus berusaha demi suaminya. Cinta memang bisa mengalahkan segalanya. Hiks.

3. 50 First Dates (2004)

Sony Pictures

Di dalam hidup, pasti ada beberapa momen yang nggak sengaja kita lupakan. Tapi gimana jadinya kalau setiap hari ingatan kita terhapus begitu saja? Kondisi seperti itulah yang dialami oleh Lucy (Drew Barrymore) di film 50 First Dates.

Lucy mengidap suatu jenis amnesia yang langka, sehingga ia selalu lupa apa yang terjadi dalam satu tahun belakangan. Hal itu jadi tantangan berat bagi Henry (Adam Sandler) untuk membuat Lucy selalu ingat padanya dan tetap mencintainya.

Cerita cinta yang terdengar nggak mungkin itu konon terinspirasi dari kisah Michelle Philpots. Setelah mengalami dua kali kecelakaan mobil di tahun 1994, Michelle mulai mengalami kondisi yang mirip dengan Lucy. Tapi beda dengan Lucy, sebelum mengidap amnesia, Michelle sudah bertemu dengan Ian, pria yang kelak jadi suaminya. Meskipun sudah saling kenal, tetap saja Ian harus sering-sering meyakinkan Michelle kalau mereka udah menikah. Kalau nggak, Michelle bakalan kebingungan kenapa ia selalu terbangun dan melihat Ian tertidur di sebelahnya.

Salut deh buat Ian, kuat dan penyabar banget.

4. Walk the Line (2005)

20th Century Fox

Selain berhasil menjadi film biopik keren tentang seorang legenda musik, film pemenang Oscar 2006 untuk kategori Aktris Terbaik ini juga punya cerita percintaan yang mampu membuat hati cenat-cenut nggak karuan. Pilu banget pokoknya.

Joaquin Phoenix dan Reese Witherspoon memerankan pasangan penyanyi country legendaris, Johnny Cash dan June Carter Cash. Seperti yang digambarkan di filmnya, mendiang Johnny Cash memang punya masalah dengan alkohol dan narkoba semasa hidupnya. Kecanduannya terhadap dua benda haram itulah yang membuat sifatnya begitu keras dan sulit diatur. Selain itu, kisah percintaannya dengan June Carter memang sudah suram dari awal. Soalnya, saat Johnny mulai PDKT sama June, status Johnny masih beristri. Salah udahhhh.

5. Cleopatra (1963)

20th Century Fox

Dengan menyandang status sebagai salah satu film romantis terbaik sepanjang masa, Cleopatra terbukti sukses mengadaptasi kisah cinta legendaris dari masa Romawi dengan ciamik.

Film ini akan mengajakmu menyusuri cerita cinta sang ratu Mesir dengan Marc Antony, sang jenderal perang Romawi. Karena kedua tokoh tersebut merupakan sosok yang penting bagi negara mereka masing-masing, Cleopatra dan Marc pun harus menghadapi konsekuensi dari hubungan cinta yang mereka jalani.

Hmmm. Cinta memang kadang membawa malapetaka.

6. Southside with You (2016)

Miramax

Dari sekian banyak film yang mengangkat kehidupan nyata seorang presiden, Southside with You menyimpan keunikan tersendiri lewat pengambilan sudut pandang dan setting waktu yang spesifik, yakni momen kencan pertama dari mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama, dengan istrinya, Michelle Obama.

Film ini lumayan jauh dari stereotip film romantis yang terkesan menye-menye. Malahan, porsi adegan pemancing senyumnya lebih banyak ketimbang adegan-adegan yang bakal bikin hati kembang kempis. Masuk akal sih, soalnya mengingat setting film ini mengambil waktu ketika mereka masih muda, jadi kontennya terasa lebih ringan dibanding kebanyakan film-film romantis lainnya.

7. Eat Pray Love (2010)

Columbia Pictures

Di Indonesia, mungkin Eat, Pray, Love lebih terkenal karena salah satu plotnya mengambil latar tempat di Pulau Dewata Bali. Tapi tahu nggak, kalau perjalanan yang dilakukan karakter utama di film ini ternyata memang berdasarkan pengalaman nyata dari seorang wanita yang mencari cinta?

Seperti yang digambarkan di filmnya, sang karakter utama dan penulis buku aslinya, Elizabeth Gilbert, melakukan perjalanan ke beberapa negara setelah bercerai dengan suaminya yang terdahulu. Gilbert memutuskan untuk mencari arti hidup dan cinta dengan berpetualang ke beberapa negara, sebelum akhirnya, ia menemukan seseorang yang baru untuk dicintai.

Memang nggak ada habisnya kalau membicarakan cinta. Apalagi kayak cerita-cerita nyata nan unik seperti yang diadaptasi oleh 7 film di atas, kadang sulit untuk dipercaya. Tapi yaaa, kadang kenyataan memang lebih aneh dari cerita fiksi.

Komentar:

Komentar