7 Film Keren yang Diakhiri dengan Kemenangan Penjahatnya

Kenyataan memang kadang menyakitkan.

Nggak selamanya kebaikan menang melawan kejahatan. Malahan di beberapa film, cerita yang diakhiri dengan kemenangan antagonis memang terasa lebih realistis. Karena memang, di kehidupan nyata pun kejahatan seringkali menang melawan kebaikan. Iya, nggak?

Maka dari itulah, kali ini saya mau membagikan daftar film keren di mana karakter penjahatnya menang melawan protagonis. Sekali-kali kita juga harus mengapresiasi karakter jahat dong. Jadi penjahat tuh nggak gampang, tapi mereka sukses menuntaskan tugas mereka sebagai penjahat.

Oh iya, karena daftar ini bakal membahas di seputar ending film-filmnya, jadi kalau kamu anti banget sama spoiler, kamu bisa baca artikel kita yang lain aja. Kalau nggak masalah sama spoiler, kamu bisa langsung saja disimak daftarnya di bawah ini.

1. Alien: Covenant

20th Century Fox

Terasa agak wajar sih kalau antagonis di film ini (David) bisa menang. Toh, banyak karakter dalam Alien: Covenant yang mati konyol.

 

Apa jadinya kalau tokoh protagonis yang sejak awal film berjuang mati-matian melawan musuh malah terungkap bahwa selama ini dialah penjahat utama dari filmnya? Itulah yang sebenarnya terjadi di ending film Alien: Covenant.

Ternyata dari awal filmnya berlangsung, David, sang protagonis, telah membawa benih-benih alien bersamanya untuk dikembang biakan di bumi. Jadi, semua tindakan kebaikan David dari awal film itu palsu cuy. Dia cuma mau membuat “surga” yang baru untuk kaumnya sendiri dan membuat bumi menjadi sarang untuk para alien bertahan hidup. Kamu jahat, David!

2. Star Wars Episode V – The Empire Strikes Back

20th Century Fox

Sebagai salah satu seri film fiksi ilmiah terbaik sepanjang masa, film Star Wars yang satu ini memang bagus. Tapi yang paling ikonik tentunya ada di beberapa adegan ketika para pahlawannya kalah dan penjahatnya menang.

Seenggaknya ada dua adegan paling memorable dari film ini. Pertama, ketika Han Solo disiksa dan akhirnya “mati” sebagai subjek percobaan karbon beku. Kedua, Darth Vader ternyata merupakan ayah dari Luke Skywalker.

Pada akhirnya, Darth Vader berhasil kabur dan Luke tetap kalah di pertarungannya. Apes banget.

3. Avengers: Infinity War

Marvel Studios

Di film ini, Thanos punya satu misi utama untuk menghapus setengah dari populasi makhluk hidup di alam semesta. Dan karena Thanos itu hebat, dia pun berhasil menuntaskan misinya dengan hanya menjetikkan jari. Miliaran nyawa umat manusia lenyap begitu saja, termasuk beberapa superhero yang sebelumnya rajin tampil di film-film MCU.

Walaupun di Avengers: Endgame semua karakter yang Thanos lenyapkan berhasil dihidupkan lagi, tapi di Infinity War dia berhasil dengan sukses menyelesaikan misinya. Patut diapresiasi sih.

4. Watchmen

Apa jadinya kalau ternyata teman seperjuanganmu pada akhirnya terungkap kalau dia lah dalang dari semua kekacauan yang kamu hadapi selama ini? Kurang lebih, hal itu yang jadi premis utama dari ending film noir-superhero Watchmen.

Ozymandias yang selama ini dikira oleh teman-temannya berjuang di pihak yang sama, ternyata memiliki misi pribadi untuk menyatukan Amerika dan Soviet. Hal itu dia lakukan untuk melawan “musuh bersama” yakni Dr. Manhattan, yang kekuatannya dapat menghancurkan seluruh umat manusia di bumi. Ozymandias pun berhasil mengusir Dr. Manhattan ke luar angkasa dan menghilangkan Rorsoarch yang akan mengungkapkan kejahatannya.

5. Basic Instinct

TriStar Pictures

Mungkin istilah “lawan jadi kawan” cukup cocok untuk menjelaskan ending film ini. Diceritakan seorang detektif bernama Nick Curran memiliki tugas untuk menyelesaikan kasus pembunuhan yang melibatkan seorang penulis novel bernama Catherine Trammel.

Sebenarnya seluruh bukti sudah mengacu kuat kepada Catherine sebagai pelakunya, tapi Nick selalu kehilangan momen untuk menangkapnya. Pada akhirnya, Catherine berhasil meluluhkan hati Nick dan mereka pun malah menjadi pasangan. Hadeh.

6. The Dark Knight

Film kedua di trilogi Batman milik Christopher Nolan ini punya akhir cerita yang membingungkan sekaligus terkesan sebuah cerita yang Batman banget, kelam dan bikin tambah penasaran sama kelanjutan ceritanya. Gimana nggak? Diceritakan pada akhir filmnya kalau Batman harus rela menanggung beban atas kejahatan yang telah dilakukan Joker dan Harvey Dent.

Kacau nggak sih? Setelah semua kekacauan yang telah Joker lakukan, malah Batman yang harus berkorban demi menjaga citra baik Harvey Dent di kota Gotham. Padahal dia ‘kan jahat juga. Bebas deh, gimana Batman ajaaaa~

7. Saw

Lionsgate Film

Kalau film yang satu ini mah hampir semua karakternya sial banget, kecuali satu karakter yang jadi otak di balik jebakan maut, Jigsaw. Nggak bisa dipungkiri kalau cara dia untuk mengingatkan korban-korbannya tentang arti kehidupan memang agak sinting.

Ending film ini juga mengandung plot twist. Karakter yang bernama Adam nggak tahu kalau ternyata dia masih ada di dalam jebakan Jigsaw. Dan sebenarnya, Jigsaw ada dari awal sampai akhir film memantau Adam selama di ruangan tersebut. Tebak dengan cara apa? Dengan menyamar jadi mayat. Gilaaaaaaaa.

Gimana menurutmu? Apa ada film lain dimana penjahatnya yang menang?

Komentar:

Komentar