5 Penempatan Produk Iklan dalam Film yang Muncul di Waktu Kurang Tepat

Seteguk minuman di kala zombie apocalypse memang selalu terasa menyegarkan

Pernah membayangkan jika Superman memakai kolor warna pink yang mereknya kelihatan banget? Kolor warna pink itu dilengkapi juga dengan nama Clark Kent yang ditulis pakai spidol, biar nggak ketukar sama kolornya Batman. Walaupun terdengar absurd, itu adalah contoh kasar dari penempatan produk iklan dalam film (bahasa English-nya product placement) yang terlalu dipaksakan.

Lah, meski sekarang Superman udah jarang pakai kolor di luar celana, tapi dari dulu ia terkenalnya suka pakai kolor merah polos tanpa merek ‘kan?

Ya, memang, menempatkan iklan dalam film itu gampang-gampang susah. Beberapanya ada yang sukses seperti FedEx di film Cast Away (meskipun FedEx nggak beriklan di film itu); beberapanya ada yang gagal.

Dan di artikel ini, saya akan mengajak kamu untuk melihat penempatan produk iklan yang muncul di waktu dan film yang kurang tepat.

1. X Box Kinect – Paranormal Activity 4

via polygon.com

Berbeda dengan karya pendahulunya, film keempat dari Paranormal Activity ini memanfaatkan Kinect dari Xbox untuk mendeteksi keberadaan makhluk halus. “Lho, memangnya kenapa kalau karakter di film ini pakai Kinect?”

Oke, film ini memang menceritakan kenapa karakter-karakternya memakai Kinect lewat plotnya. Tapi masalah utamanya begini:

Kenapa Microsoft dan Xbox mau aja produk bikinan mereka dipakai untuk hal-hal berbau supernatural? Ini menyimpang jauh dari fungsi Kinect yang sebenarnya. Coba bayangkan kamu menyuruh teman untuk mengiklankan roti yang dibuat dengan cucuran keringat dan air mata, tapi ia malah memakai roti itu untuk mendeteksi hantu. Gimana tuh perasaan kamu?

Atau bagaimana kalau Harry Pantja di film Jelangkung ditegur sama Winky Wiryawan:

“Kamu mau panggil hantu pakai Jelangkung? Tidak, jangan pakai itu. Saya punya ide yang jauh lebih bagus dari ide sampah kamu. Ayo kita main Guitar Hero, niscaya Suster Ngesot bakal datang!”

“Hai! Barusan kamu ya yang memanggil saya lewat Guitar Hero? Shulololololo!”/via wow.tribunnews.com

2. Pepsi – World War Z

Sesungguhnya, nggak ada yang salah dari penempatan iklan Pepsi di World War Z. Hanya saja waktu penempatannya terasa agak konyol.

Ketika film udah menyentuh bagian klimaks akhir, saat itulah Pepsi muncul. Lebih spesifiknya yakni sebelum Brad Pitt menyelamatkan dunia (kalau nggak salah ingat). Dan ya, Brad Pitt akhirnya menenggak minuman bersoda itu.

“Masa bodoh dengan dunia! Yang penting saya bisa melepas dahaga dengan minum minuman bersoda!”/via allocine.fr

Melihat adegan tersebut, saya jadi membayangkan Brad Pitt berkata seperti ini dalam hati:

“Uggh… dunia sudah hancur lebur! Zombie berkeliaran di mana-mana, dan akulah yang menanggung beban untuk menyelamatkan dunia. Hanya diriku yang bisa! Tapi sebelum beraksi, minum Pepsi dulu ah… Pepsi selalu menemani hari-hariku di saat kiamat zombie ini.”

3. Dunkin Donuts – Jack & Jill

Khusus untuk Dunkin Donuts, mungkin mereka cuma kurang beruntung dengan menempatkan produk di film yang salah. Film itu adalah Jack & Jill, sebuah karya komedi yang garing abis, yang sangat dipenuhi iklan, dan yang dihajar habis-habisan dengan kritikan negatif oleh para kritikus.

Iklan Dunkin Donuts sendiri muncul di bagian akhir film, dengan didukung Al Pacino yang tiba-tiba mempertunjukkan kemampuan bernyanyi dan aksi dansanya di gerai Dunkin Donuts. Alih-alih dibikin tertarik mendatangi gerainya, saya malah menaruh simpati, baik untuk produk yang diiklankan maupun Al Pacino.

Mau tahu kabar terbaru the Godfather setelah ia pensiun dari dunia mafia? Terkuak, ini dia jawabannya!/via askmen.com

Yaah… saya nggak menyangka aja sang Godfather Michael Corleone bakal joged-joged kayak gitu.

4. American Airlines – Home Alone 2

via dailyedge.ie

Selain sebagai hiburan bagi anak-anak di liburan Natal dan Tahun Baru, menurut saya Home Alone punya pesan tersendiri bagi para orangtua di seluruh dunia: sebanyak-banyaknya anak yang kamu punya, jangan sampai melalaikan dan melupakan mereka.

Dalam Home Alone, Kevin McCallister yang diperankan Macaulay Culkin ditinggal sendirian di rumah. Kondisinya itu nggak berubah jauh di Home Alone 2, di mana Kevin ditinggalkan oleh keluarganya saat ia tersesat di bandara.

Dan saat kerepotan mencari orangtuanya, Kevin malah disuruh menaiki pesawat yang berbeda dari yang ditumpangi keluarganya. Siapa yang menyuruh Kevin? Orang yang dimaksud adalah pramugari American Airlines.

“Kamu lihat orangtua kamu? Nggak ada? Ya sudah, kamu duduk saja di sebelah om-om itu ya”/via playbuzz.com

Jadi, apakah Home Alone 2 pengin menyampaikan pesan kalau pramugari American Airlines itu nggak becus mengurusi penumpang? Saya juga nggak mengerti.

Ini kayak saya melihat iklan maskapai yang bintangnya berkata: “Ingin bepergian ke luar negeri dengan harga terjangkau? Ajak keluarga Anda dan pakailah maskapai penerbangan kami. Kami akan menjamin anak Anda menaiki pesawat dengan destinasi berbeda dari Anda. Tak perlu khawatir dengan nasibnya, serahkan saja pada takdir.”

5. A&W – Supergirl

Supergirl yang dimaksud di sini bukan versi serial TV, tapi versi filmnya yang rilis tahun 1984.

“Supergirl loves chicken biscuits!”/via flickriver.com

Kamu yang lahir tahun 90-an ke atas mungkin belum nonton Supergirl ala 80-an ini. Asal kamu tahu, di dalamnya ada adegan di mana Supergirl dikepung pria yang punya niat dan nafsu jahat lho. Kamu pasti ngerti lah menjurus ke arah mana nafsu jahat tersebut.

Sebagai pahlawan super, penjahat kelas teri kayak gitu udah pasti bisa dikalahkan sama Supergirl. Tapi di adegan itu, ada satu pemandangan yang mungkin agak menyesakkan bagi petingi-petinggi A&W.

Ya, salah satu penjahat itu mengenakan kaus berlambang A&W dengan bangga.

“A… apa!? Supergirl suka chicken biscuits!? Oh no…!”/via cookiemonstermovereviews.wordpress.com

Saya bilang adegan itu nggak enak dilihat buat petinggi A&W, karena jika kita memakai logika, apa mereka rela kaus berlambang produk A&W dipakai oleh calon pelaku kriminal? Bahkan, apa mereka tahu tentang itu?

Apa ada lagi penempatan produk iklan dalam film yang luput disebutkan di daftar ini ya? Kamu bisa menambahkan?

- Advertisement -
Shares 15

Komentar:

Komentar