5 Film yang Bisa Sukses meski Plotnya Sederhana dan Seadanya Banget

Enggak perlu plot berlapis apalagi twist di ending

Mana yang lebih kamu pilih: film dengan plot yang simpel seperti Cinderella, atau film dengan plot yang pelik seperti Infernal Affairs?

Yaah… terkadang suatu film itu butuh plot yang berbeda agar bisa tampil menarik saat ditonton. Makin unik plot yang ditawarkan, semakin tertarik dan penasaran juga penonton dengan kisah yang disajikan di dalamnya.

Tapi film dengan plot unik biasanya hadir dengan pembawaan yang agak berat dan memaksa penontonnya untuk berpikir. Alhasil sebagian penonton malah lebih suka nonton film dengan plot sederhana meski sebenarnya cenderung klise. Ibaratnya sih, cuma ganti kemasan luar tapi rasa di dalamnya tetap sama.

Beberapa film yang meraih kesuksesan baik dari segi kritik maupun box office juga terkadang punya plot cerita yang biasa saja sebenarnya. Apa kamu sadar 5 film di bawah ini masuk ke kategori film sukses dengan plot yang apa adanya?

1. Jaws (1975)

via amc.com

Jaws bisa saja menyandang predikat sebagai salah satu film terbaik yang pernah dibuat. Tapi kalau kamu ditanya, sebenernya apa sih inti dari film ini? Jaws menceritakan tentang serangan hiu di pantai. Untuk mengamankan keadaan, pihak setempat akhirnya menghubungi ahli hiu dan ahli biologis laut untuk memburu hiu tersebut.

Gitu doang? Iya, gitu doang plotnya. Apa kamu sadar kalau sepanjang durasi film penonton melulu disuguhi adegan kucing-kucingan antara manusia dan hiu?

Inti dari film ini:

“Uhmm… hey, guys… kayaknya ada hiu deh tuh di laut. Iiih… serem!”

(Sosok pahlawan datang)

“Jangan takut! Singsingkan lengan baju kalian, lalu kita buru itu hiu nggak tahu diri! Mampus lu hiu!”

Film pun tamat.

Tapi siapa pun yang pernah nonton film ini bakal lebih teringat sama adegan kejar-kejaran menegangkan di dalamnya dan gimana si hiu memangsa korbannya. Bahkan gara-gara Jaws, banyak orang di kala itu yang jadi takut berenang di laut.

2. Alien (1979)

via mymbuzz.com

Hal pertama yang kamu ingat dari film Alien mungkin adegan bayi Xenomorph yang keluar dari perut. Atau mungkin kamu malah ingat dengan kata-kata mutiara dari Sigourney Weaver: “Get away from her, you b**ch!” Tapi apa plot ceritanya bisa kamu ingat?

Inti dari film ini:

Sekelompok awak pesawat luar angkasa berada di luar angkasa – awak pesawat itu membicarakan hal-hal berbau sains yang belum tentu dimengerti semua orang – alien menyusup masuk ke dalam pesawat luar angkasa – orang-orang panik dan berteriak (tentu teriaknya dengan bahasa saintifik) – si alien membantai awak kapal – si alien mampus.

3. Predator (1987)

via postard.com

Jika Alien menceritakan tentang satu kelompok awak di luar angkasa, Predator menitikberatkan pada kisah satu tim komando elit yang berjuang melawan makhluk luar angkasa berwujud predator ganas. Layaknya Jaws dan Alien, lewat Predator penonton juga dipertontonkan adegan kucing-kucingan antara manusia dengan satu makhluk, tapi dengan latar hutan belantara.

Inti dari film ini:

Sekolompok tentara berotot terjebak di hutan belantara (alasan kenapa mereka ada di hutan rasanya nggak pernah diceritakan dengan jelas) – Predator tiba-tiba muncul – tentara berotot itu mati satu per satu dibunuh Predator – Arnold ‘The Best Soldier’ Schwarzenegger duel satu lawan satu sama Predator – Arnold ‘The Best Soldier’ Schwarzenegger menang; si Predator mampus – Arnold ‘The Best Soldier’ Schwarzenegger teriak-teriak dengan antusias, “Get to the choppah!

4. John Wick (2014)

via ign.com

Entah apa yang ada di dalam pikiran sang penulis naskah saat menuangkan idenya ke dalam film John Wick. Plotnya sendiri sederhana banget dan sedikit konyol.

Inti dari film ini:

Seorang mantan pembunuh bayaran memburu sekelompok gangster ‘hanya’ karena mobilnya dicuri dan anjingnya dibunuh. Sebentar, saya perbaiki penjelasannya: Seorang mantan pembunuh bayaran membantai dan membasmi sekelompok gangster sampai ke akar-akarnya ‘hanya’ karena mobilnya dicuri dan anjingnya dibunuh.

Kalau misalnya mobil kamu dicuri dan hewan peliharaan kamu dibunuh, apa kamu juga bakal melakukan hal yang sama seperti John Wick? But, whatever… I love this movie.

5. Buried (2010)

via ascmag.com

Buried mungkin bakal sedikit terasa membosankan apalagi buat kamu yang punya claustrophobia alias takut dengan ruangan sempit. Saya sendiri sedikit nggak nyaman saat nonton film ini. Yup, Buried mengisahkan tentang Paul (Ryan Reynolds) yang berjuang untuk keluar dari peti karena dikubur hidup-hidup.

Inti dari film ini:

I’m stuck in this coffin! So move your ass and get me out of here!

Terjemahan:

“Gue kejebak nih di peti mati, dikubur hidup-hidup lagi. Tolong dong keluarin gue dari sini.”

Film ini sebenarnya unik sih. Buried benar-benar hanya menyoroti setting peti mati tersebut tanpa adanya karakter tambahan lain. Ada sih karakter lain yang muncul, tapi mereka muncul hanya sebatas bentuk suara. Jadi ya sepanjang film kamu bakal terus lihat gimana usaha Paul untuk bisa kembali menghirup udara bebas.

Ternyata untuk menghasilkan sebuah film sukses nggak selalu butuh plot yang berbelit ya. Nyatanya film dengan plot sederhana bisa membuat para penonton tertarik. Sebagai tambahan, empat dari lima film di atas (Jaws, Alien, Predator, dan John Wick) malah sampai dibikin jadi beberapa sekuel.

Toh mau serumit apa pun plot suatu film, kalau eksekusinya berantakan ya tetap saja hasilnya hancur. Iya, nggak?

- Advertisement -
264 Shares

Komentar:

Komentar