5 Film Indonesia yang Tayang Desember 2018, Cukup Menjanjikan!

Jumlahnya menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya

:

Di bulan Desember, biasanya bioskop tanah air diserbu oleh film-film yang digarap serius dari rumah produksi ternama. Sebut saja rumah produksi seperti MD Pictures, Soraya Intercine Films, Starvision, dan Screenplay Production. Dan itu bukan tanpa alasan. Data menyebutkan film-film yang tayang di bulan Desember mampu meraih penonton ratusan ribu hingga jutaan dan masuk ke jajaran 15 Film Indonesia terlaris setiap tahunnya.

Di tahun 2014 kita punya Supernova, Merry Riana, dan Assalamualaikum Beijing. Tahun 2015 dihiasi oleh Ngenest, Negeri van Oranje, Single, dan Bulan Terbelah di Langit Amerika. Tahun 2016 hadir film Hangout, Cek Toko Sebelah, Headshot dan Bulan Terbelah di Langit Amerika part 2 . Sementara Ayat-ayat Cinta 2, Susah Sinyal, dan Surat Cinta untuk Starla berhasil masuk dalam jajaran film Indonesia terlaris 2017.

Lalu bagaimana dengan Desember 2018? Nampaknya tahun ini, Desember tidak lagi dijadikan ‘summer‘ bagi film Indonesia. Sampai artikel ini ditulis, hanya ada lima film Indonesia yang sudah terkonfirmasi akan tayang pada bulan Desember 2018.

Film apa sajakah itu dan bagaimana potensinya dalam meraup ratusan ribu penonton? Mari kita daftarnya.

1. Sesuai Aplikasi – 6 Desember 2018

Sesuai Aplikasi berkisah tentang dua pengemudi ojek online, Pras (Valentino Peter) dan Duras (Lolox) yang harus berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Bukan cuma untuk makan dan bayar tempat tinggal malah, keduanya juga harus bekerja keras demi orangtua mereka. Pras bekerja keras untuk membiayai operasi jantung ibunya; Duras ingin memenuhi wasiat ayahnya untuk membiayai pendidikan adiknya, Monik (Meisya Amira).

Ide ceritanya lekat dengan kehidupan sehari-hari, dan itu bisa jadi faktor yang bikin kamu merasa terhubung dengan cerita Sesuai Aplikasi. Tak hanya itu, hadirnya Gibran Rakabuming sebagai cameo pun jadi daya tarik khusus dari film ini.


Untuk menambah kekuatan Sesuai Aplikasi, sutradara Adink Liwutang pun mendapuk Titi Kamal untuk berperan sebagai penyanyi dangdut yang sudah terbukti ampuh di Mendadak Dangdut (2006).

2. Tusuk Jelangkung di Lubang Buaya – 6 Desember 2018

Horor masihlah menjadi tema yang sering diproduksi di dunia perfilman Indonesia. Kali ini, sutradara Erwin Arnada, yang bertugas sebagai produser eksekutif Tusuk Jelangkung (2002), membawa kembali film tersebut dengan judul Tusuk Jelangkung di Lubang Buaya.

Mengingat nama Tusuk Jelangkung yang cukup terkenal di masanya, Tusuk Jelangkung di Lubang Buaya berpotensi meraih jumlah penonton yang tinggi. Itu didukung juga dengan hadirnya bintang-bintang muda seperti Anya Geraldine, Nina Kozok, dan Ryan Wijaya yang didapuk sebagai pemeran utama.

3. Silam – 13 Desember 2018

MD Pictures memanfaatkan ketenaran Danur Universe dalam promo film horor terbarunya, Silam. Meski saya sendiri (yang sudah menonton Danur, Danur 2 Maddah, dan Asih) masih bingung mengapa Silam tergabung ke Danur Universe. Namun, justru itu bisa jadi suatu hal yang memikat mereka yang penasaran dan pengin tahu apa hubungannya Silam dengan ketiga film Danur Universe.

Nggak seperti Danur yang mengusung aktor-aktor muda dengan jumlah fans setara ratusan batalion, Silam mendapuk pemain pendatang baru Zidane Khalid sebagai pemeran utama. Meskipun untuk memperkuat departemen pemeranan, MD Pictures juga mengajak para pemain senior seperti Wulan Guritno, Nova Eliza, dan Surya Saputra untuk bergabung bersama Silam.

4. Milly & Mamet – 20 Desember 2018

Dipercaya oleh Starvision membesut tiga film, Ernest Prakasa berhasil membuktikan bahwa film garapannya mampu meraih jumlah penonton yang banyak, pun penghargaan dari berbagai festival film tanah air. Mungkin karena kesuksesannya itu, tahun ini Ernest kembali dipercaya mengarahkan film keempatnya, Milly & Mamet.

Ini adalah film hasil kerja sama antara Starvision dan Miles Film, mengingat Milly dan Mamet adalah karakter yang ada di film Ada Apa Dengan Cinta produksi Miles. Dengan tetap mempertahankan Sissy Prescillia sebagai Milly dan Dennis Adhiswara sebagai Mamet, nampaknya Milly & Mamet akan menjadi film Desember yang paling banyak ditonton.

Selain itu, film Milly & Mamet juga banyak dimeriahkan oleh bintang-bintang ternama seperti Julie Estelle, Dian Sastrowardoyo, Titi Kamal, Adinia Wirasti, Surya Saputra, Roy Marten, hingga Melly Goeslaw dan Isyana Sarasvati. Tak lupa pula bintang yang tengah digandrungi kaum hawa, Yoshi Sudarso, pun akan ikut meramaikan Milly & Mamet.

5. Asal Kau Bahagia – 27 Desember 2018

Asal Kau Bahagia yang diadaptasi dari lagu populer Armada bisa saja jadi kuda hitam di deretan film Indonesia Desember 2018. Pasalnya, bintang muda Aliando Syarief ditunjuk sebagai pemeran utamanya. Kekuatan Aliando, ditambah dengan brand rumah produksinya, Falcon Pictures, yang belakangan ini sering mencetak film-film laris membuat Asal Kau Bahagia punya potensi untuk meraup jumlah penonton yang banyak.

Di film ini Aliando akan berduet dengan Aurora Ribero (Susah Sinyal, R: Raja, Ratu & Rahasia) dan pendatang baru Dewa Dayana. Di puncak Festival Film Bandung 2018 yang digelar beberapa waktu lalu, penampilan keduanya sanggup memukau penonton yang hadir. Hal ini bisa menjadi indikasi bahwa Aliando masih menjadi magnet untuk menarik penggemarnya nonton di layar lebar. Meski secara data, dua film Aliando sebelumnya Janji Hati dan Pertaruhan tak menunjukkan itu.

Dari 5 film di atas, mana saja yang ingin kamu tonton? Dan menurut kamu, kira-kira film apa yang akan meraih jumlah penonton paling banyak?

Komentar:

Komentar