5 Film Horor yang Pasti Bakal Bikin Kamu Takut Pipis Sendirian, kalau Seandainya Saat Ini Kamu Masih Kecil

Tonton deh sekarang, apa masih menyeramkan juga?

“Sejak usia berapa kamu mulai nonton film?”

Mengingat-ingat masa kecil dulu, rasanya saya sering banget nonton film yang tayang di televisi. Paling sering sih film yang dibintangi Warkop atau Suzanna. Walaupun waktu itu belum ngerti apa-apa tentang film, yang penting saya bisa tertawa puas saat nonton ‘film Dono’ atau teriak ketakutan pas nonton film Suzanna.

Kalau kamu sendiri gimana?

Nah, dalam rangka menyambut Halloween, saya mau berbagi daftar film yang terlihat amat sangat menyeramkan ketika saya menontonnya waktu masih kecil. Mungkin kamu juga pernah nonton film-film ini dulu. Entah ya pengalaman kamu kayak gimana, tapi waktu kecil dulu saya sampai takut pergi ke toilet sendirian saat malam-malam. Semuanya gara-gara saya nonton 5 film ini.

1. Jelangkung (2001)

via duniaku.net

Yang paling saya ingat dari film ini adalah kemunculan Suster Ngesot yang akhirnya jadi tren tersendiri di perfilman Indonesia.

“Gimana kalau film ini ditonton lagi sekarang, saat saya udah dewasa?”

Buat saya pribadi, tingkat keseramannya terasa berkurang sih. Itu bisa jadi karena sudah banyak juga film horor lain yang saya tonton setelah Jelangkung. Tapi satu fakta yang tak bisa dipungkiri, Jelangkung merupakan salah satu karya yang mampu membangkitkan perfilman Indonesia, setelah sebelumnya mati suri di kurun waktu 1990-an.

2. Sundel Bolong (1981)

Kalau bicara soal film horor Suzanna, mungkin nggak banyak dari kamu yang tahu apa saja judul-judul filmnya. Iya ‘kan? Pokoknya film Suzanna.

Salah satu film Suzanna yang paling berkesan bagi saya sendiri adalah Sundel Bolong, meskipun sekarang saya lebih ingat adegannya dibanding keseluruhan filmnya. Itu lho, adegan ikonik saat Suzanna makan sate 200 tusuk lalu melihatkan punggugnya yang bolong.

Kalau film yang satu ini masih tetap seram meski ditonton berkali-kali.

3. Pengabdi Setan (1980)

Biasanya, film horor zaman dulu erat kaitannya dengan dakwah agama, tak terkecuali Pengabdi Setan. Faktor pembedanya, film ini cukup bagus dalam menakuti-nakuti sekaligus ngasih dakwah ke penonton.

Tapi sayangnya, saat sudah dewasa saya tak banyak mengingat detail dari film ini. Barulah pas saya nonton Pengabdi Setan versi tahun 2017, saya tersadar dengan banyaknya adegan di film versi originalnya yang layak ditonton ulang.

Dan saat menonton ulang itulah, ternyata Pengabdi Setan 1980 terasa lebih menyeramkan dibanding versi remake-nya. Kamu setuju? Terutama adegan ketika hantu Ibu muncul di luar jendela kamar Tomi tuh.

4. Bayi Ajaib (1982)

Kebayang nggak kalau ada yang colak-colek pas kamu lagi ‘bertapa’ di atas toilet? Masih mending kalau ular, lah kalau tangan setan yang muncul gimana? Belum lagi pas kamu nengok ke atas, kamu lihat ada kepala hantu kakek-kakek Portugis tiba-tiba nongol lewat celah dinding. Hantu kakek-kakek Portugis itu nggak melakukan apa-apa; dia cuma memperlihatkan kepalanya sambil ketawa-ketawa girang, “Huehuehuehue… kuda… kuda…!”

Adegan ini sukses bikin saya nggak berani pipis sendirian untuk beberapa waktu yang lama.

5. Pocong 2 (2006)

Kalau film ini saya tonton pas beranjak remaja, bukan pas masih kecil. Tapi film inilah yang paling menyeramkan dari semua film horor yang pernah saya tonton selama ini. Saya ikut merasa capek pas lihat Revalina naik tangga nggak habis-habis. Atmosfer filmnya juga bikin saya gelisah dan terbengong sehabis nonton, serasa ada setan yang ngikutin.

Itu dia film horor yang bikin masa kecil saya ‘trauma’. Kalau kamu, film apa yang bikin kamu ketakutan banget waktu masih kecil?

- Advertisement -
Shares 22

Komentar:

Komentar