5 Film Horor Awal Tahun 2000-an yang Seremnya Maksimal, sampai Bisa Kebawa Mimpi

Berani nonton 5 film ini?

:

[updated March 22nd, 2019]

Film horor asal Negeri Paman Sam beberapa waktu belakangan sangat digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari Annebelle, The Conjuring, It, hingga Hereditary selalu ditunggu kehadirannya di bioskop.

Hal ini sangat berbeda dengan film horor buatan anak negeri. Meski sempat jaya di masanya, kini film horor asli Indonesia malah kurang digandrungi. Alasannya, ceritanya gitu-gitu aja atau mungkin kalau menontonnya malah “salfok” alias salah fokus sama artis atau aktornya di adegan-adegan “tertentu”. Alasan lainnya biasanya karena film horor di Indonesia cenderung mengikuti tren. Contohnya, ketika film Danur danĀ Pengabdi Setan muncul, film-film horor setelahnya turut mengikuti formula yang sama.

Sebetulnya, di luar masa jaya film horor seperti film-film yang dibintangi Suzanna dulu, Indonesia sebetulnya mulai bangkit kembali dengan sejumlah film horor yang oke banget di awal tahun 2000-an. Film-film ini berhasil bikin penonton deg-degan dan asyik menjerit karena adegan-adegan menakutkan di dalamnya. Bukan cuma soal hantu, kisah yang disampaikan pun unik serta dekat dengan masyarakat Indonesia.

Nggak percaya? Selain Jailangkung atau Kuntilanak, coba deh tonton 5 film horor dari awal tahun 2000an berikut ini. Tapi, jangan nonton sendirian ya.

1. AngkerbatuĀ (2007)

Film yang dirilis pada tahun 2007 ini disutradarai oleh Jose Purnomo. Cerita bermula tentang hilangnya seorang reporter dan fotografer ketika melakukan liputan di Angkerbatu. Namun, ketika pencarian dilakukan, hal mengerikan terjadi. Angkerbatu pun telah dikuasai oleh makhluk dari dunia lain.


2. Keramat (2009)

Film yang dirilis pada tahun 2009 ini berhasil membuat penonton ikut terbawa kedalamnya. Berawal dari pembuatan sebuah film, karya Monty Tiwa ini mengisahkan tentang tim produksi yang masuk ke dunia lain. Bisakah mereka kembali ke dunia nyata?

3. Bangsal 13 (2004)

Rumah sakit memang identik dengan hal-hal berbau mistis. Mungkin, itu pula yang ingin disampaikan Ody Harahap dalam filmnya. Dirilis pada tahun 2004, film ini mengisahkan tentang sebuah bangsal di rumah sakit yang menyimpan misteri. Kira-kira apa yang terjadi di sana?

4. The Real Pocong (2009)

Pocong bisa dibilang sebagai salah satu hantu paling menakutkan di Indonesia. Yah, meski bentuknya seperti permen Sug*s, tapi ya tetep aja nyeremin. Nah, film yang disutradarai oleh Hanny R. Saputra ini menyuguhkan kisah baru tentang pocong.

5. Takut: Faces of Fear (2008)

Dirilis tahun 2008, film ini terdiri dari 6 film horor pendek karya sutradara tanah air. Mulai dari Riri Riza hingga The Mo Brothers ikut menggarap film menyeramkan ini.

Takut: Faces of Fear terdiri dari Show Unit, Titisan naya, Peeper, The List, The Rescue, dan Dara/ Darah. Meski sebagian judulnya menggunakan bahasa Inggris, keenam film ini sangat dekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Highly recommended pokoknya!

Intinya, orang Indonesia bisa banget bikin film yang seram dan nggak harus mengandalkan adegan “hot” supaya ditonton. Filmnya juga tidak perlu mengikuti formula yang populer hanya karena film-film tipe tertentu laku. Kenapa? Karena sebetulnya banyak banget ide dari budaya dan mitos setempat yang bisa banget dieksplorasi untuk dijadikan sumber cerita yang bagus. Akan lebih representatif kalau budaya lokal disorot dan dijadikan bahan untuk pertukaran budaya di ajang internasional, ‘kan?

Berani nonton kelima film horor ini? Buat kamu yang penakut, jangan nonton sendirian, ya!

Komentar:

Komentar