5 Film Dokumenter yang Wajib Ditonton Pencinta Horor, Seram atau Nggaknya Buktikan Sendiri

Apa kamu berani nonton salah satu film ini?

:

Film dokumenter biasanya bersifat informatif atau memberikan semacam pencerahan bagi para penontonnya. Itu dikarenakan film dokumenter erat kaitannya dengan peristiwa dan kejadian-kejadian nyata.

Eits, tapi kalau dipikir-pikir lagi, kenyataan ‘kan gak selalu menyenangkan ya? Bahkan terkadang bisa jadi tragis dan menyeramkan.

Nah, kenyataan seperti itulah yang tercermin dalam 5 film dokumenter berikut ini. Film-film dalam daftar ini punya cerita yang seram, ganjil, dan bisa membuat kamu nggak nyaman. Apalagi jika kamu pencinta film bergenre horor, saya yakin kamu nggak bakal dibuat kecewa sama 5 film ini.

1. The Nightmare (2015)

lwliescom
via lwlies.com

Salah satu kejadian mengerikan yang nggak pengin saya alami adalah sleep paralysis, atau ketindihan dalam bahasa populernya. Fenomena tidur tersebut bisa terjadi saat keadaan mental berada dalam kondisi antara terjaga dan tertidur. Biasanya orang yang ketindihan juga sering melihat halusinasi sosok-sosok aneh atau menakutkan. Yang lebih seramnya, kamu nggak bisa bergerak atau berbicara saat sosok itu mengitari atau mencoba berinteraksi dengan kamu.

Dan di sinilah The Nightmare hadir. Ini adalah film yang menyajikan gambaran nyata tentang fenomena sleep paralysis. Hiiiiiiii…

2. The Imposter (2012)

movfreak.blogspotcom
via movfreak.blogspot.com

Mungkin film ini gak semenyeramkan yang lainnya, tapi layak masuk daftar karena kisahnya yang ganjil.

Ceritanya berawal dari kasus hilangnya seorang bocah lelaki asal Texas bernama Nicholas Barclay pada tahun 1994. Keluarga Nicholas kebingungan lantaran tak kunjung menemukan Nicholas. Sampai akhirnya pada tahun 1997, mereka bersuka cita karena Nicholas ditemukan di Spanyol.


Tetapi setelah itu, keluarga ini merasa ada yang janggal dengan Nicholas. Warna matanya berbeda, wajahnya terlihat lebih tua dari umurnya yang 16 tahun, dan cara berbicaranya pun terdengar asing. Meskipun begitu, keluarga Nicholas sempat menyangkal kenyataan. Toh, mereka sudah tiga tahun lamanya tak bertemu Nicholas. Mereka menganggap wajar perubahan yang terjadi pada Nicholas dalam rentang waktu tersebut.

Tetapi pada akhirnya, pria tersebut mengaku kalau dirinya bukan Nicholas. Jadi siapa pria yang disangka Nicholas ini? Di mana keberadaan Nicholas yang asli?

3. The Donner Party (1992)

pbs.org
via pbs.org

The Donner Party mengisahkan kembali tragedi tentang perjalanan musim dingin di tahun 1846. Pada waktu itu, sekelompok penduduk Amerika yang dipimpin oleh George Donner dan James F. Reed bermigrasi menggunakan kereta kuda menuju California. Akibat mengambil rute yang salah, perjalanan mereka berubah menjadi tragedi mematikan.

Bayangkan saja, dari 87 orang, hanya 48 yang selamat sampai tujuan. Perjalanan mereka dipenuhi hambatan seperti terjebak badai salju, kehabisan persediaan makanan, kuda yang sakit dan mati, konflik internal, dan bahkan beberapa orang yang selamat mengaku telah memakan temannya sendiri supaya bisa bertahan hidup.

The Donner Party merupakan salah satu kasus kanibalisme yang paling populer dalam sejarah Amerika Serikat.

4. The Bridge (2006)

unrtd.co
via unrtd.co

The Bridge merupakan film dokumenter tentang jembatan Golden Gate di San Fransisco, Amerika Serikat.

“Lho, tentang jembatan doang? Apa menariknya?”

Pada bagian pembuka film, kamu akan disajikan pemandangan jembatan dan orang-orang yang berjalan kaki di atasnya. Tapi kemudian kamu bakal sadar inti dari film dokumenter ini ketika kamera menyorot seorang pria yang memanjat pagar jembatan, lalu terjun bebas ke perairan di bawahnya.

Ya, The Bridge menceritakan tentang peristiwa bunuh diri yang sering terjadi di jembatan Golden Gate. Film ini juga menyertakan wawancara kerabat beberapa pelaku bunuh diri dan foto-foto menegangkan sebelum mereka melompat dari jembatan.

5. Child of Rage: A Story of Abuse (1990)

youtubecom
via youtube.com

Film ini menceritakan tentang seorang gadis kecil bernama Beth Thomas yang menderita trauma berat akibat kekerasan seksual yang dilakukan orang tua kandungnya. Dengan durasi 30 menit, film ini sebagian besarnya berisi wawancara Beth dengan psikolog.

Apa yang membuat film ini nggak nyaman untuk ditonton adalah bagaimana Beth menjelaskan dengan tenang saat dia membunuh hewan-hewan kecil di sekitar rumahnya. Dia juga mengaku pernah mencoba membunuh adik kandungnya sendiri, dan bahkan berencana membunuh kedua orang tuanya. Semua dia jelaskan tanpa emosi maupun ekspresi yang berarti.

Jujur, kesan saya saat melihat pengakuan Beth lumayan membuat dahi saya berkerut. Dia seperti tokoh penjahat psikopat, tetapi dalam wujud gadis kecil. Untungnya, Beth sudah menjalani pemulihan mental, dan sekarang dia hidup seperti orang normal.

Itu dia 5 film dokumenter horor yang saya rekomendasikan. Menurut kamu film yang mana yang paling menarik? Pencinta film horror wajib nonton, dijamin nggak bakal nyesel.

Komentar:

Komentar