5 Adegan Film Hollywood yang Memakai Teori Sains dengan Akurat

Nerd terdeteksi!

:

Apa kamu pernah nonton program Mythbuster? Itu lho, acara yang isinya berusaha membuktikan mitos tentang sains yang terkenal gara-gara film Hollywood. Program tersebut beberapa kali membuktikan kalau film-film Hollywood nggak selalu menggunakan teori sains dengan tepat. Saking terkenalnya program tersebut, banyak orang jadi nggak mudah percaya sama hal-hal yang berbau saintifik di film Hollywood.

Tapi saya penasaran juga jadinya. Masa sih, dari sekian banyak unsur sains di film Hollywood, nggak ada satu pun yang terbukti tepat? Masa film seukuran Hollywood nggak punya tim peneliti?

Nah, setelah mencari info ke sana sini, akhirnya saya menemukan 5 film Hollywood yang ternyata menggunakan teori sains dengan tepat di beberapa adegannya. Jadi terbukti kan ada film Hollywood yang menggunakan teori sains dengan tepat tanpa harus menghilangkan imej keren. Oke, nggak perlu lama lagi, inilah daftarnya.

1. Guardians of the Galaxy (2014)

Marvel Studios

Di salah satu adegan ikonik film MCU ini, Star Lord menyelamatkan Gamora yang mengambang di luar angkasa dengan memberikan alat bantu pernapasannya. Tapi anehnya, kenapa Star Lord masih bisa bertahan hidup tanpa alat bantu pernapasan? Karena biar bagaimanapun, dia itu manusia. Dan manusia butuh oksigen untuk bertahan hidup.

Begini penjelasannya, Bung.

Menurut penelitian, manusia dan hewan sebetulnya bisa bertahan hidup di luar angkasa walaupun di area tersebut nggak ada oksigen. Tapi bukan berarti kamu bisa bertahan selama berjam-jam di luar angkasa. Paling maksimal cuma beberapa menit. Itu pun kalau kondisi fisik kamu kuat.

Sebagai seorang superhero, kayaknya aman kalau kita berasumsi Star Lord itu kuat ‘kan?


2. Finding Dory (2016)

Pixar Animation Studios

Dikisahkan ada satu karakter berbentuk gurita yang bernama Hank di film Finding Dory. Dia punya kemampuan buat berkamuflase mengikuti warna dan tekstur benda apa pun yang ada di dekatnya. Kesannya, dia seperti benar-benar nggak kasat mata kalau sudah menyamar. Sakti banget deh si Hank!

Dan pada kenyataannya, gurita memang punya kemampuan menyamar yang sakti juga lho. Soalnya, mereka punya jaringan sel di dalam tubuh mereka yang berwarna-warni. Jaringan sel itu juga menempel pada jaringan otot yang sangat fleksibel.

Nah, berkat kerjasama antara dua aspek biologis di dalam tubuh mereka itulah, gurita punya kemampuan menyamar yang sakti banget. Jadi pengen berguru deh sama Hank buat menyamar dan kabur dari kerjaan.

3. Monty Python’s The Meaning Of Life (1983)

Universal Studios

Siapa yang menyangkan film komedi yang dianggap sangat absurd ini mempunyai salah satu aspek sains yang cukup masuk akal? Di film ini, ada satu adegan ketika salah satu karakternya bernyanyi dan lirik lagunya menceritakan tentang luar angkasa. Dan ternyata, sebagian besar dari liriknya terbukti akurat sesuai dengan teori astronomi.

Lirik lagu tersebut berisi fakta seputar perkiraan jumlah bintang yang ada di tata surya, jarak yang harus ditempuh untuk mencapai galaksi lain, sampai perhitungan tepat mengenai perputaran orbit planet bumi. Tapi, ya ini ‘kan filmnya Monty Python. Seringkali beberapa materi komedi mereka menggunakan sumber dari ilmu pengetahuan dari sejarah dan karya literatur. Jadi bisa dimengerti kalau ternyata mereka memang berpikir keras untuk membuat lagu itu jadi masuk akal dan tetap menghibur. Monty Python memang gila!

4. Black Panther (2018)

Marvel Studios

Kalau membahas Black Panther, salah satu hal yang paling diingat adalah Wakanda. Negara tempat tinggal Black Panther itu punya berbagai macam teknologi canggih berkat tanahnya yang terkontaminasi vibranium.

Tapi ternyata, bukan Wakanda saja yang bisa mengolah meteor yang jatuh ke bumi menjadi sumber daya alam. Di kehidupan nyata pun, sudah ada beberapa bangsa yang pernah melakukannya.

Lewat penemuan beberapa artefak dari Zaman Perak di Suriah, Mesir, dan Turki, sudah ada beberapa peralatan yang terbuat dari besi. Yang bikin menarik, pada masa itu belum ada pengetahuan seputar mengolah besi menjadi alat yang bermanfaat untuk kehidupan manusia. Para peneliti pun yakin kalau unsur besi yang ada di alat-alat tersebut sebetulnya berasal dari pecahan meteorit yang jatuh ke bumi.

Beneran mirip seperti di cerita Black Panther ya. Jangan-jangan, mereka juga punya kostum ala Black Panther di kehidupan nyata.

5. John Wick 3 (2019)

Summit Entertainment

Ada satu adegan menarik di sekuel ketiga John Wick ini, yakni ketika John Wick berhasil mengelak dari tembakan peluru ketika dirinya berada di bawah air. Peluru tersebut nggak berhasil mengenai badan John. Peluru itu malah melambat sebelum akhirnya jatuh.

Ternyata itu bukan karena faktor skrip filmnya yang mengharuskan John Wick tetap hidup, tapi memang ada teori fisikanya.

Menurut pakar fisika, hal itu disebabkan karena kepadatan zat air lebih tebal 1000 kali dibandingkan dengan udara, sehingga akan muncul gaya tekanan yang melawan pergerakan suatu benda ketika benda tersebut bergerak di dalam air. Biasanya, semakin cepat benda tersebut bergerak di bawah air, akan semakin berat tekanan yang terjadi.  Itulah sebabnya peluru yang ditembakkan di bawah air akan melambat.

Kalau melihat beberapa fakta di atas, jadi ingin memberikan apresiasi lebih untuk para tim riset filmnya yang sudah bekerja keras mencari informasi lebih soal sains untuk filmnya. Gimana menurutmu? Apakah ada film Hollywood lain yang akurat dalam penggunaan teori sainsnya?

Komentar:

Komentar