10 Film Sedih yang Katanya Bisa Bikin Cowok Tangguh sekalipun Nangis, Apa Benar?

Berapa lembar tisu yang habis buat nyeka air mata dan ingus kamu?

Pandangan yang mengatakan bahwa cowok itu nggak boleh gampang nangis sepertinya udah tertanam semenjak kita kecil. Pandangan kayak gitu memang ada benarnya juga sih. Bukan cuma cowok malah, semua orang memang nggak boleh gampang nangis, termasuk cewek.

Tapi tentu ada momen tertentu yang bisa dikecualikan.

Orang-orang pasti bakal marah dan anggap kamu gila kalau misalkan kamu bilang, “Ih, kamu cengeng banget sih!” ke orang yang lagi nangis sesenggukan karena dipecat dari pekerjaannya misalkan. Begitu pula orang yang nangis setelah nonton film. Kamu nggak bisa langsung mencap mereka cengeng karena film pun terkadang bisa memainkan emosi para penontonnya. Contohnya aja 10 film ini.

Di sini sebisa mungkin saya akan menghindari spoiler.

1. Life Is Beautiful (1997)

life-is-beautiful-movie-quotes-u1
Miramax Films

Jangan terkecoh sama penggambaran awalnya yang memberi kesan seakan ini adalah film komedi. Well, Life Is Beautiful memang bisa juga masuk kategori film drama komedi. Tapi kamu mesti tonton sampai tamat supaya tahu betul film apa ini sebenarnya.

Life Is Beautiful mengambil setting di Italia saat Perang Dunia II berkecamuk. Sang karakter utama yang berdarah Yahudi, Guido Orifice, beserta istri, anak, dan pamannya, mesti menerima takdir pahit ketika mereka dibawa paksa oleh tentara Nazi ke kamp konsentrasi. Barulah di kamp konsentrasi itu kamu bisa menemukan semua kesedihan yang ada di film ini.

2. One Flew Over the Cuckoo’s Nest

one-flew-over-the-cukoos-nest
United Artists

Film yang diadaptasi dari novel berjudul sama ini bergenre serupa dengan film sebelumnya, yakni drama komedi. Dan kamu memang bakal menemukan banyak kelucuan yang ditampilkan si tokoh utama: seorang kriminal yang pura-pura punya penyakit mental agar bisa dipindahkan ke rumah sakit jiwa.

Ya, semuanya terlihat lucu dan menghibur dalam One Flew Over the Cuckoo’s Nest… sampai kamu lihat bagian ending-nya yang sangat tragis.

3. Forrest Gump

rehost201691375727e64-6337-463e-86ea-07bbe13a826d
Paramount Pictures

My mom always said life was like a box of chocolates. You never know what you’re gonna get.”

Banyak momen dalam film ini yang bisa mengocok-ngocok emosi kamu. Antara momen lucu sampai sedih ada dalam Forrest Gump. Tapi mungkin adegan yang paling sedih berada di penghujung filmnya; adegan yang melibatkan Forrest, Jenny, dan anak mereka.

4. Stand by Me (2018)

Megabox Plus M

Stand by Me yang ini bukan filmnya Doraemon, melainkan film drama dari Korea Utara. Eh salah, maksudnya Korea Selatan.

Ceritanya berpusat pada seorang kakek tua renta yang harus mengurus dua cucunya seorang diri. Tapi malang nggak bisa ditolak, umur kakek itu ternyata nggak lama lagi. Dengan napas yang tersengal-sengal, si kakek pun ingin mempersiapkan masa depan cucu kesayangannya sebelum ia pergi meninggalkan mereka.

Penyakit memang sering dijadikan tema di film buat menguras air mata penontonnya. Tapi ketika kamu lihat perjuangan dari si kakek yang seakan nggak kenal lelah, kamu pasti setuju kalau Stand by Me berbeda dari “film sedih” kebanyakan.

5. Aftershock

maxresdefault
Huayi Brothers

Apa kamu pernah denger tentang gempa bumi raksasa di Tangshan, Tiongkok, tahun 1976? Aftershock mendasarkan kisahnya pada gempa bumi tersebut, atau lebih tepatnya apa yang terjadi setelahnya.

Inti ceritanya berputar pada keluarga korban gempa bumi, ketika seorang ibu harus merelakan dirinya terpisah dengan salah satu anaknya. Ya, mereka terpaksa harus terpisah karena si anak nggak mungkin lagi bisa diselamatkan karena tertimpa reruntuhan bangunan.

Perpisahan ini, dan keadaan hidup anggota keluarga tersebut setelah tercerai-berai, bagi saya merupakan sumber semua kesedihan dalam film ini.

6. Marley & Me

marleyandmepic
20th Century Fox

Film ini menceritakan tentang hewan yang banyak disebut sebagai sahabat terbaik manusia: anjing. Mungkin efeknya bakal lebih terasa kalau kamu juga memelihara hewan di rumah.

Tapi jangan salah. Walaupun kamu nggak memelihara hewan, Marley & Me masih sanggup bikin ulu hati kamu terasa sakit sehabis menontonnya.

7. The Pursuit of Happyness

pursuitofhappyness2
Columbia Pictures

Alasan utama kenapa The Pursuit of Happyness bisa sangat menyedihkan buat pria nggak lain nggak bukan karena karakter utamanya adalah seorang ayah.

Kebanyakan pria pasti menjadi ayah pada suatu titik tertentu dalam kehidupannya. Dan film ini menggambarkan dengan tepat salah satu ketakutan dalam hidup yang dirasakan setiap sosok ayah di dunia kapitalistik ini. Terlebih lagi, film ini diangkat dari kisah nyata.

8. The Green Mile

rexfeatures-1658732a
Warner Bros

Gimana perasaan kamu jika melihat ada orang baik yang diperlakukan nggak sepantasnya? Sulit membayangkannya? Kalau gitu tonton film di mana almarhum Michael Clark Duncan memberikan performanya yang brilian ini.

Nggak banyak yang bisa diceritakan dari film ini karena saya takut memberikan spoiler, hehehe.

9. Hachiko

hachiko-2[6]
via amusingplanet.com
Satu lagi film tentang anjing. Bedanya dari Marley & Me, film ini lebih menonjolkan sisi kesetiaan dari anjing bernama Hachiko kepada majikannya.

Oh ya, film yang diangkat dari kisah nyata ini punya dua versi: versi aslinya yang dibuat di Jepang, dan versi Amerika. Kedua filmnya sama-sama bagus kok.

10. 1 Litre of Tears

Fuji TV

Sembilan film yang disebutkan sebelumnya mungkin berhasil membuat banyak orang, mau itu cewek atau cowok, menangis tersedu-sedu atau setidaknya menitikkan sedikit air mata setelah menontonnya.

Tapi kalau mau jujur, nggak ada dari semua film itu yang bisa membuat saya benar-benar sedih. Cuma film/film seri 100 Litres of Tears yang bisa memaksa saya menangis. Waktu itu, saya bahkan nggak malu jika ada orang lain yang memergoki saya menangis tersedu sedan di balik pintu kamar yang tertutup.

Yup, kalau kamu nggak sedih melihat gadis remaja yang sehat dan ceria tiba-tiba jadi sakit nggak berdaya, mungkin hati kamu udah membeku tuh. Preman yang saya kenal aja nangis nonton film ini.

Hmm… apa saya melewatkan film sedih lainnya ya? Siapa tahu kamu bisa mengingatkan atau kasih rekomendasi lainnya.

149 Shares

Komentar:

Komentar