10 Film Psikopat yang Berisi Karakter Sadis dan Manipulator Ulung

Mwahahahahahaha!!!

:

Apa alasan kamu membuka artikel ini? Kenapa kamu pengin nonton film psikopat? Nggak ada tontonan lain memangnya?

Saya sendiri nggak punya alasan yang jelas kenapa saya suka nonton film begituan. Pokoknya, ya suka aja. Kalaupun terpaksa kasih jawaban, saya bakal bilang: “Karena saya pengin tahu sudut pandang dari psikopat. Dan saya pengin merasakan ketegangan dan adrenalin saat menontonnya.”

Tuh, kamu bisa copy-paste alasan saya kalau ada orang lain yang iseng nanya kenapa kamu suka film berisi adegan sadis. Karena yaah… film psikopat itu kebanyakan mengandung adegan-adegan sadis.

Karakter psikopat yang ada di daftar film ini bakalan bervariasi, dari yang paling realistis sampai yang kurang realistis. Untuk mengetahui psikopat yang paling realistis, kamu bisa baca artikel ini. Udah baca? Okay, mari kita mulai daftar ini dengan film…

1. No Country for Old Men

Miramax/Paramount Vantage

Kamu bakal langsung dipertemukan sama karakter psikopat hanya beberapa detik begitu film ini dimulai. Adegan pembuka yang keren menurut saya. Sutradara Coen bersaudara nggak berbasa-basi dalam menunjukkan kalau karakter psikopat di film ini bukan orang yang bisa diajak kompromi.

Saya udah pernah baca novel No Country for Old Men yang mengagumkan. Tapi novel itu punya satu kekurangan dibanding film adaptasinya. Yup, itu adalah akting dari Javier Bardem yang nggak lain pemeran karakter psikopat Anton Chigurh di versi filmnya. Matanya dingin seolah nggak bernyawa, dan senyumnya jauh dari kata ramah. Dua hal itu melengkapi aksi dari Chigurh yang sanggup menghilangkan nyawa orang lain tanpa belas kasihan.

No Country for Old Men merupakan film thriller-kriminal yang karakter protagonisnya nggak sengaja menemukan koper berisi uang di tengah tumpukan mayat gembong narkoba. Sialnya, si empunya koper menyewa Anton Chigurh untuk mengambil kembali uangnya. Heheheh, dia nggak tahu kalau Chigurh itu psikopat gila.


2. Henry: Portrait of a Serial Killer

Greycat Films

Ini adalah film yang dianggap oleh banyak orang sebagai film psikopat terbaik dan paling realistis sepanjang sejarah, dan saya setuju sama pendapat mereka. Meskipun secara kualitas, saya merasa film ini masih sedikit kalah dari No Country for Old Men. Cuma sedikit lho.

Predikat sebagai film psikopat terbaik yang diterima Henry bukan tanpa sebab. Karakter Henry dan Otis dalam film ini nggak punya perasaan sama sekali. Adegan saat mereka membantai seluruh keluarga tak berdosa pun digambarkan dengan sangat intens. Dan sebagai bonus, kamu bakal melihat mereka menonton rekaman detik-detik pembantaian keji tersebut, seakan mereka lagi nonton acara reality show.

Psikopat sendiri nggak bisa disamakan dengan pembunuh berdarah dingin. Seorang psikopat belum tentu pembunuh. Tapi, jika seorang psikopat punya naluri sebagai pembunuh, Henry merupakan contoh paling realistis yang ada dalam film.

3. Se7en

New Line Cinema

Plot dari film ini dirancang sedemikian rupa agar kita terus merasa penasaran hingga akhir. Penampilan dari duet Morgan Freeman dan Brad Pitt pun menggugah rasa kagum penontonnya, mereka pantas diacungi 10 jempol. Tapia ada faktor lain yang nggak kalah penting, faktor yang membuat penonton mengernyitkan dahi saat melihat ending dari Se7en.

Dan faktor itu bernama Kevin Spacey, aktor yang memerankan karakter psikopat sekaligus pembunuh keji dengan amat gemilang. Mimik mukanya yang lurus (dan terkadang tersenyum hampa) saat dia mengakui pembunuhan yang dilakukannya dijamin bakal terpatri di memori kamu dalam waktu lama.

4. The House that Jack Built

TrustNordisk

Psikopatisme + rasa haus darah + OCD = Jack

Disutradarai oleh orang yang membesut film kontroversial Antichrist dan Nymphomaniac, The House the Jack Built membawa kita pada kegilaan yang hanya bisa direka oleh seorang Lars von Trier. Film ini bahkan sanggup membuat ratusan penonton di Festival Film Cannes keluar ruangan. Para penonton saat itu menganggap adegan di dalam film ini terlalu sadis, dan akhirnya mereka terlalu mual untuk lanjut nonton.

Sebagai penggemar kejeniusan von Trier dan film-filmnya yang selalu berakhir memuaskan, saya sangat merekomendasikan The House that Jack Built. Meskipun, kamu tanggung sendiri risikonya jika nggak kuat melihat adegan-adegan kekerasan (yang mungkin terlalu) brutal.

5. The Dark Knight

Warner Bros. Pictures

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa film superhero masuk dalam daftar ini. Buat menjawabnya, tonton aja film ini lalu perhatikan semua tindakan dan apa yang diucapkan Joker. Dia itu salah satu karakter antagonis terbaik yang ada dalam film, jika bukan yang terbaik. Dan Heath Ledger membawa Joker ke level yang nggak bisa dicapai bahkan oleh aktor sekaliber Jack Nicholson.

Untuk ulasan lebih lengkap tentang Joker versi Heath Ledger, kamu bisa baca artikel ini:

6. There Will be Blood

Miramax/Paramount Vantage

Psikopat itu katanya punya kecerdasan di atas rata-rata, dingin tanpa perasaan, kurang bisa memahami emosi, dan pintar dalam memanipulasi orang. Yup, tapi mereka bisa menutupi kekurangan dalam memahami emosi dengan taktik manipulasi ulung.

Semua karakteristik itu juga bisa kamu temukan dalam diri Daniel Plainview, sang karakter utama di There Will be Blood. Dia rela menghalalkan berbagai cara untuk menyingkirkan rival bisnisnya. Dan dia bisa melakukannya tanpa penyesalan sedikit pun. Pujian harus dilayangkan untuk Daniel Day-Lewis. Saya rasa nggak semua orang, bahkan aktor dengan kaliber internasional, bakalan mampu memainkan peran Daniel Plainview seapik Daniel Day-Lewis.

7. Funny Games

Concorde-Castle Rock/Turner

Ini adalah film bertema home invasion. Satu keluarga tajir disekap di rumah mereka oleh dua orang remaja sinting, lalu dipaksa untuk memainkan permainan gila nan sadis yang hukumannya berujung maut.

Apa plotnya terdengar seperti film-film horror-thriller kebanyakan?

Tunggu dulu…! Ini film punya keunikan yang jarang kamu temukan di film horror-thriller. Keunikan tersebut semakin lengkap dengan tingkah karakter antagonisnya yang seperti memancarkan pesona tersendiri, meskipun kita tahu ada yang nggak beres di otaknya.

8. Natural Born Killers

Warner Bros.

Judulnya aja udah mengandung kata “killers”. Dan memang iya, film ini akan mengenalkan kamu pada sepasang kekasih yang mengelilingi Amerika, seraya dengan suka-cita membantai orang-orang secara kejam.

Meskipun temanya kontroversial, Natural Born Killers mengangkat unsur satir yang menyindir media massa dan masyarakat umum. Sindirannya juga menohok banget.

Karakter utama di film ini diceritakan sebagai pembunuh. Tapi media massa malah terobsesi dan memperlakukan mereka layaknya selebritis. Begitu pula dengan masyarakat yang, karena pengaruh media sebagai pembentuk opini publik, berakhir memuja habis-habisan dua sejoli biadab ini.

Terlepas dari itu, Woody Harrelson memberikan salah satu performa terbaik sepanjang karier aktingnya lewat film ini.

9. Misery

Columbia Pictures

Membicarakan karakter dan film psikopat terbaik tanpa memasukkan nama Annie Wilkes dan Misery tuh bagai sayur tanpa garam, serasa ada yang kurang. Semua tindak-tanduk Annie Wilkes kala menyekap penulis novel idolanya, lalu dengan perlahan menyiksa pria malang itu baik secara fisik maupun mental, merupakan contoh dari apa yang akan dilakukan psikopat di dunia nyata.

Well, lebih tepatnya psikopat yang saaaangat terobsesi pada seseorang.

Penampilan Kathy Bates saat memerankan Annie Wilkes bahkan mengantarkannya ke tangga penghargaan Oscars 1991 untuk kategori Aktris Utama Terbaik.

10. A Clockwork Orange

Warner Bros.

Jika kita mau membahas A Clockwork Orange, otomatis kita akan membicarakan tindakan kriminal yang jauh dari kata perikemanusiaan. Perampokan, pembunuhan, penyiksaan, perkosaan, pelecehan, penistaan, semua itu dilakukan (dan sekaligus dialami) oleh karakter utama film ini, Alex.

Orang yang nggak biasa menonton film sejenis ini mungkin bakal merasa bingung. Saya bahkan merasa agak nggak nyaman saat melihat adegan ketika Alex dan teman-teman segengnya menyiksa satu keluarga sambil bernyanyi lagu Singing in the Rain.

Tapi, kalau kamu mau menyaksikan salah satu film psikopat terbaik dan karya masterpiece dari Stanley Kubrick, ini adalah film yang tercipta untuk kamu.

Itu dia 10 film psikopat terbaik yang seru. Cukup dinikmati aja, dan jangan coba-coba meniru kelakukan dari karakter psikopat di 10 film ini ya.

 

Komentar:

Komentar