10 Film Kisah Nyata yang Diangkat dari Berbagai Kejadian Penting di Dunia

Film nomor 10, kamu pasti masih ingat kejadiannya

Inspirasi membuat sebuah film bisa datang dari mana saja. Ada yang terinspirasi dari buku, game, atau bahkan lagu. Tapi ada juga produser yang membuat film karena terinspirasi dari kisah nyata. Kamu juga pasti pernah nonton film yang di bagian pembukanya tertera: “Based on True Story“. Itu tandanya, kamu sedang menonton film kisah nyata.

Tapi tahukah kamu kalau 10 film berikut ini juga diangkat dari kisah nyata?

1. The Imititation Game (2014)

via indiewire.com

Di deretan pertama terdapat film kisah nyata yang diangkat dari perjalanan hidup Alan Turing. Siapakah Alan Turing?

Alan Turing adalah ahli matematika yang direkrut militer Inggris saat Perang Dunia II berkecamuk. Ia bersama beberapa ahli lain diserahi tanggung jawab untuk memecahkan sandi yang dikirim Nazi Jerman lewat alat bernama Enigma. Alat tersebut berisi kode perintah penyerangan dari markas Nazi dan lalu lintas tentara Jerman. Setiap hari kode yang dikirim mesin Enigma berbeda-beda pula. Dan tugas Turing-lah untuk memecahkan kode tersebut.

Alih-alih memecahkan kode dengan hitungan matematika, Turing malah membuat mesin sendiri untuk memecahkannya. Upayanya pun menuai hasil. Kode sandi mesin Enigma bisa ia pecahkan dengan mesin komputer bernama Colossus.

Sejarawan banyak sepakat, memecahkan mesin kode Enigma itu sama dengan memperpendek Perang Dunia II selama dua atau tiga tahun. Itu artinya, jutaan nyawa terselamatkan.

2. Ali (2001)

via foxnews

Film kisah nyata yang satu ini bercerita tentang Cassius Clay, seorang pemuda yang berhasil menjadi juara tinju dunia saat masih berumur 22 tahun. Jika kamu nggak tahu siapa itu Cassius Clay, apa nama Muhammad Ali terdengar familiar? Ya, Clay mengganti namanya menjadi Muhammad Ali setelah berpindah agama.

Tak hanya mengganti nama, kisah penting lain pun ikut mewarnai hidupnya. Ali sempat mendapat skorsing, dan dicabut gelar dunianya karena menolak wajib militer. Ia juga jadi salah satu dari sekian banyak orang yang menentang keterlibatan Amerika Serikat di Perang Vietnam.

Dalam filmnya sendiri Ali diperankan oleh Agen Jay yang bernama asli Will Smith. Sebagai penghormatan kepada Muhammad Ali sang legenda tinju dunia yang meninggal pada tahun 2016, film ini sangat layak untuk kamu tonton.

3. The Himalayas (2015)

via screenanarchy.com

Dari belahan Eropa dan Amerika, kita beralih ke film kisah nyata dari benua Asia: The Himalayas.

Ini adalah film yang diangkat dari kisah nyata Um Hong-gil, seorang pendaki gunung asal Korea. Ia dan sahabatnya, Park Moo-taek, termasuk dalam tim ke-14 yang mendaki Gunung Himalaya. Namun karier mendaki gunung mereka nggak semulus yang dibayangkan. Hong-gil sampai harus pensiun karena cedera yang dialaminya ketika mendaki.

Beberapa tahun kemudian, Hong-gil mendengar kabar hilangnya Moo-taek saat tengah mendaki Everest. Dengan berbekal penyesalan dan luka di kakinya, Hong-gil pun memimpin ekspedisi untuk menemukan Moo-taek.

4. Dunkirk (2017)

via filmschoolrejects.com

Perang Dunia II selalu menyisakan cerita yang menarik untuk ditelusuri. Nggak terkecuali Dunkirk, film yang terinspirasi dari operasi pengevakuasian prajurit dalam Pertempuran Dunkirk pada tanggal 26 Mei 1940 sampai dengan 4 Juni 1940. Nggak tanggung-tanggung, misi tersebut dilakukan lewat tiga jalur: darat, laut dan udara.

Film arahan Christoper Nolan ini banyak menuai tanggapan positif dari para kritikus, meski tak sedikit dari mereka yang menyesalkan nihilnya keterlibatan aktor kulit hitam. Padahal saat itu banyak prajurit kulit hitam yang terlibat dalam peperangan tersebut.

5. Deepwater Horizon (2016)

via internapcdn.net

Deepwater Horizon adalah anjungan pengeboran lepas pantai yang dirancang untuk pengeboran sumur bawah laut di Teluk Meksiko. Namun pada 20 April 2010, di tempat yang sama pula terjadi terjadi ledakan dahsyat. Ledakan itu mengakibatkan 11 orang pekerja meninggal dunia dan 17 lainnya terluka parah.

Menurut laporan, kecelakaan itu terjadi karena adanya salah perhitungan dalam kontruksi bangunan. Dan itu menyebabkan bangunan tak berfungsi sebagaimana seharusnya. Setelah dua hari terbakar, Deepwater Horizon akhirnya tenggelam, meninggalkan sumur yang mengalir di dasar laut dan tumpahan minyak terbesar di perairan Amerika Serikat.

Peristiwa inilah yang akhirnya membuat sutradara Peter Berg mengangkatnya ke layar lebar. Semoga saja Peter Berg juga berkenan mengangkat kisah Lumpur Lapindo yang mungkin tak kalah menariknya dengan film Deepwater Horizon.

6. Black Hawk Down (2001)

via intofilm.org

Film kisah nyata ini berkisah tentang Pertempuran Mogadishu yang terjadi pada 3 Oktober 1993 di Distrik Black Sea, Mogadishu, Somalia. Pertempuran tersebut melibatkan pasukan Amerika Serikat dan pejuang gerilya Somalia yang setia kepada Mohamed Farrah Aidid.

“Kenapa film perang sering banget berfokus ke Amerika sih!?”

Ya itu wajar lah, namanya juga film buatan Hollywood. Rasanya aneh juga kalau mereka tiba-tiba memfilmkan peristiwa Agresi Militer Belanda.

Kita balik lagi membahas Pertempuran Mogadishu. Pertempuran tersebut bermula dari tersingkirnya pemerintahan pusat Somalia yang mengakibatkan perang saudara. Melihat peristiwa tersebut, militer besar PBB yang beroperasi di Somalia diberi wewenang dengan mandat menjaga perdamaian. Namun sisa pasukan Mogadishu yang mengabdi kepada Farrah Aidid menyatakan perang terhadap pasukan PBB yang tersisa.

Menanggapi pernyataan perang tersebut, Angkatan Darat Amerika Serikat mengerahkan tiga pasukan operasi khusus untuk menangkap Aidid yang telah mengumumkan dirinya sebagai presiden Somalia. Tiga pasukan itu adalah 75th Rangers, operator anti-teroris Delta Force, dan 160th SOAR/Night Stalkers ke Mogadishu

7. Victoria and Abdul (2017)

via variety.com

Di tahun 1887, seorang pelayan dari India bernama Abdul Karim, terpilih untuk menyerahkan hadiah kepada Ratu Victoria di Inggris. Abdul yang juga seorang penghapal Quran, kemudian menjalin persahabatan yang unik dengan sang Ratu. Ia menjadi orang kepercayaan sekaligus munshi (guru) bagi Ratu Victoria.

Hubungan mereka mengundang banyak kontroversi, terutama di kalangan istana. Itu karena Ratu sangat mengistimewakan gurunya tersebut. Ia mengajak Abdul Karim ke Eropa, menganugerahinya gelar, memberinya tempat duduk khusus saat perjamuan, dan membanjirinya dengan hadiah.

Sang Ratu juga memberi perlakukan khusus pada keluarga Abdul Karim, di mana ia membantu ayah Abdul mendapat pensiun serta meminta pers menulis tentangnya.

8. Billionare Boys Club (2018)

via absnews

Billionaire Boys Club (BBC) adalah sebuah klub investasi yang didirikan di California, Amerika Serikat, pada tahun 1983. Pendirinya, Joseph Henry Gamsky (dikenal juga sebagai Joe Hunt), acapkali membujuk anak-anak dari keluarga kaya untuk menginvestasikan uang. Imbalannya mereka yang berinvestasi akan mendapatkan keuntungan berlipat ganda dalam waktu yang cepat.

Sayangnya uang yang disetorkan oleh investor tersebut digunakan untuk gaya hidup para pengurus BBC. Ketika dana habis pada 1984, Joe Hunt dan anggota klub lainnya beralih menjadi kriminal yang menghilangkan nyawa orang. Hal itu dilakukan demi mengumpulkan lebih banyak uang, tapi dalam skema yang terpisah dengan BBC.

9. Neerja (2016)

via indianexpress.com

Tak lengkap rasanya jika kita tak berbicara film kisah nyata dari negeri Taj Mahal. Sebagai perwakilannya, saya memilih satu film yang berjudul Neerja.

Film ini bercerita tentang peristiwa yang terjadi di pesawat Pan Am 73 pada 5 September 1986. Cerita bermula dari pesawat yang terbang dari India menuju Amerika, kemudian dibajak oleh sekolompok teroris di wilayah Pakistan ketika singgah untuk transit.

Kelompok teroris tersebut meminta pesawat yang berisi 361 penumpang dan 19 kru untuk diterbangkan ke Siprus. Mereka berencana untuk melepaskan kawanan teroris yang tertangkap di negara kecil tersebut. Namun sebelum bisa menuntaskannya, aksi mereka keburu digagalkan oleh pramugari cantik bernama Neerja Bhanot.

Sekarang kamu tahu ‘kan kenapa film ini diberi judul Neerja?

Meskipun Neerja adalah film produksi Bollywood, kualitasnya nggak kalah keren dari Flight Plan yang dibintangi Jodie Foster. Dua film itu sama-sama mengangkat cerita pembajakan pesawat.

10. 212: The Power of Love (2018)

via Warna Pictures

Setelah melanglangbuana menyelami kisah nyata di berbagai belahan dunia, kini saatnya kita menengok ke dalam negeri kita sendiri.

Ada banyak film Indonesia yang diangkat dari kisah nyata, meskipun umumnya baru sebatas biopik. Tapi film satu ini diangkat dari “peristiwa besar”. Peristiwa yang dimaksud adalah saat berkumpulnya sejumlah elemen masyarakat dari seluruh penjuru nusantara pada 2 Desember 2016 di Monumen Nasional Jakarta.

Aksi yang katanya cukup bersejarah itu mendapat banyak sorotan dari dalam dan luar negeri. Katanya sih begitu. Bahkan aksi tersebut berlanjut pada tahun-tahun setelahnya dengan memakai istilah reuni.

Di bawah arahan Jastis Arimba, peristiwa itu dipotret dalam media layar lebar lewat 212: The Power of Love. Dan sekuelnya yang berjudul Hayya pun kini tengah disiapkan.

via Warna Pictures

Itulah daftar 10 film kisah nyata yang merangkum berbagai peristiwa penting di belahan dunia. Kamu juga boleh berbagi film kisah nyata favorit kamu ya!

13 Shares

Komentar:

Komentar