10 Anime Harem Terbaik yang Nggak Cuma Mengandalkan Waifu

via pinterest.com

:

Kalau kamu cukup sering nonton anime, pasti genre harem udah nggak asing lagi deh di telinga kamu. Tanda kalau suatu anime itu bergenre harem bisa dilihat dari kehidupan karakter utamanya yang dikelilingi banyak cewek cantik. Nggak cukup cantik doang sih, masing-masing cewek di anime harem biasanya punya perbadaan sifat dan penampilan fisik yang menonjol.

Misalnya kayak “onee-san berdada besar”, “senpai yang pemalu”, dan favorit saya, “kakak tsundere berbadan mungil”. Heheh.

Sebaliknya, karakter utama cowok di anime harem biasanya cowok cupu, penakut, lugu, dan sama sekali naif di hadapan cewek. Tapi di balik kebodohannya itu, mereka sosok yang baik hati.

Memang nggak semua anime harem punya karakteristik seperti yang saya sebutkan di atas. Tapi yang pengin saya jelaskan di sini, anime harem punya cara sendiri untuk menghibur penonton. Biasanya sih, lewat adegan komedi romantis yang tercipta dari rumitnya kehidupan percintaan si karakter utama.

Lalu apa anime harem terbaik pilihan Selipan? Berikut 10 anime harem terbaik yang bisa bikin kamu terhibur sampai puas.

1. Nisekoi (False Love)

Aniplex

Anime ini berpusat pada remaja cowok bernama Raku yang merupakan anak dari pemimpin sindikat kriminal yakuza. Suatu hari, ayah Raku berencana menjodohkannya dengan putri dari kelompok yakuza saingan.

Nggak disangka, cewek yang diplot jadi istri Raku ternyata Chitoge, gadis yang sering bertengkar dengan Raku di sekolah. Dan di balik perjodohan itu, sebenarnya Raku sedang jatuh cinta pada Onodera si gadis imut.


Nisekoi sesungguhnya punya banyak adegan klise. Misalnya adegan pembuka saat Raku nggak sengaja bertabrakan dengan Chitoge. Kemudian dari situlah mereka mulai mengenal satu sama lain. Klise banget ‘kan?

Tapi tenang aja. Saya berani jamin, Nisekoi punya kisah cinta segitiga yang bisa bikin kamu baper dan pengin nyimak ceritanya sampai habis. Apalagi pas kamu tahu ada satu teka-teki yang tersimpan di balik peliknya kisah cinta Raku.

2. To LOVE-Ru

Sentai Filmworks

Rito Yuuki pantas menyandang gelar “Raja Harem”. Dia punya banyak gadis di sekelilingnya, bahkan gadis alien sekalipun.

Di awal cerita, Rito dikisahkan sedang kesulitan menyatakan cinta pada gadis yang ia sukai di sekolah. Situasi bertambah rumit saat Rito bertemu Lala, gadis alien asal Planet Deviluke yang tiba-tiba muncul pas Rito berendam di kamar mandi. Sejak saat itu, Rito terpaksa mempersilakan Lala tinggal di rumahnya.

To LOVE-Ru begitu menonjol dari segi komedi. Rito yang pemalu disandingkan dengan Lala yang nggak tahu gimana caranya hidup sebagai manusia. Saking polosnya, Lala menganggap bertelanjang bulat bukanlah sesuatu yang aneh.

Kebayang ‘kan gimana canggungnya Rito menghadapi sifat polos Lala?

Yup, adegan komedi To Love Ru! sebagian besar bermula dari kejadian awkward yang meningkat jadi sesuatu yang nggak terduga. Jadi kamu pun nggak bakal bosan menontonnya. Dan seiring cerita berkembang, bakal ada lebih banyak cewek lagi yang bikin kehidupan Rito Yuuki jadi super duper canggung!

3. Date a Live

via reddit.com/Funimation

Untuk mencegah gempa antariksa kembali terjadi, Itsuka Shidou harus memenangkan hati para spirits alias wanita arwah yang jadi penyebab bencana. Sungguh misi yang berat, kecuali jika wanita arwah itu punya paras cantik dan tubuh seksi!

Meski ada bumbu-bumbu cinta segi empat, Date a Live cenderung mengedepankan alur cerita dibanding unsur komedi romantisnya. Buktinya, anime ini begulir hingga season 3 dan masih berlanjut sampai sekarang. Bahkan nggak sedikit juga reviewer yang memuji bagaimana alur cerita Date a Live dikembangkan.

So, buat kamu yang pengin nonton anime harem dengan kualitas cerita jempolan, Date a Live bisa jadi salah satu opsi terbaik.

4. Trinity Seven

via mediainformasi.com/Sentai Filmworks

Suatu ketika, Matahari Hitam muncul di langit dan menyebabkan fenomena magis yang disebut Collapse Phenomenon. Tak lama setelah itu, Kasuga Arata menyadari dunia di sekitarnya telah hancur lebur. Sepupu yang tinggal bersamanya pun hilang entah ke mana. Untuk mengungkap misteri tersebut, Arata mendaftar di suatu akademi sihir di mana ia bertemu tujuh penyihir terbaik yang dijuluki Trinity Seven.

Hal yang paling membedakan Trinity Seven dengan anime harem lainnya yakni sifat unik si tokoh utama. Kasuga Arata digambarkan sebagai cowok yang pandai bergaul dengan rombongan cewek di sekitarnya. Ia tipe cowok yang nggak ragu bilang “Wow! Dadamu besar sekali!” atau “Yuk, kita tidur bareng!”

Betul sekali, Kasuga Arata bakal jadi cowok harem paling mesum yang pernah kamu lihat. Yaah, selain yang paling banyak kena tampar juga sih.

5. Kami nomi zo Shiru Sekai (The World God Only Knows)

Sentai Filmworks

Katsuragi Keima adalah cowok yang lihai meluluhkan hati wanita… di game simulasi kencan. Sebaliknya, di dunia nyata, Keima hanyalah pecandu game yang nggak pernah bersosialisasi dengan cewek. Tapi semua itu mulai berubah saat Keima dibebani misi menangkap roh sesat yang hinggap di hati para gadis. Caranya, dengan membuat gadis-gadis jatuh hati pada Keima.

Kelihaian Keima bermain game simulasi kencan pun meningkat ke level dunia nyata.

Sisi humor The World God Only Knows terletak pada bagaimana Keima mendekati gadis-gadis yang jadi targetnya. Dengan pedenya, Keima menerapkan semua teknik PDKT yang dipelajari dari game. Tapi ternyata hal itu nggak semudah yang Keima bayangkan. Teknik PDKT Keima salah kaprah dan sering kali berujung pada adegan memalukan yang sanggup mengocok perut penonton.

Oleh karena itu, menurut saya, The World God Only Knows cocok dikonsumsi kaum jomblo pecundang cinta yang setipe dengan Keima.

“Lho, memangnya ada orang yang seperti Keima di dunia ini?”

Ada, salah satunya teman saya yang pernah ngasih sebatang coklat cap Ayam Jago di hari ulang tahun gebetannya. Tipe-tipe kayak temen saya tuh cocok nonton anime ini.

6. Kore wa Zombie Desu ka? (Is This a Zombie?)

via pinterest.com/Funimation

Setelah dibunuh oleh penjahat misterius, Aikawa Ayumu dihidupkan kembali oleh gadis penyihir yang entah kenapa namanya susah banget buat dieja: Hellscythe Eucliwood. Tapi kehidupan kedua Ayumu bukanlah sebagai manusia, melainkan zombie yang nggak bisa mati. Untuk membalas budi, Ayumu merawat Eucliwood di rumahnya dan menggunakan kekuatan zombie yang ia dapatkan untuk balas dendam.

Nah, seiring cerita berkembang, lebih banyak lagi gadis muncul di kehidupan Ayumu. Mereka adalah tokoh yang berniat membunuh atau menculik Eucliwood. Nggak heran jika di beberapa bagian cerita terdapat adegan pertarungan yang cukup menegangkan.

Tapi jangan salah, Kore wa Zombie Desu ka? juga punya segudang humor renyah yang mungkin nggak bisa kamu temukan di anime harem lainnya. Komedinya cukup random, agak menyimpang dari formula mainstream, tapi tetap bisa dinikmati. Dan saya berani jamin, kamu bakal langsung dibuat ketawa ngakak di episode pertama.

7. Mayo Chiki!

via pinterest.com/Sentai Filmworks

Mayo Chiki! berfokus pada kisah hidup Sakamachi Kinjirou, siwa kelas 2 SMA yang mengidap alergi perempuan. Artinya, Kinjirou bakal langsung mimisan jika dirinya terlalu dekat dengan cewek. Benar-benar tokoh utama yang lemah untuk ukuran anime harem.

Tapi menariknya, kelemahan Kinjirou seakan tertutupi oleh sifatnya yang pemalu, baik hati, dan nggak sombong. Tipikal good boy gitu deh. Makanya bukan hal yang mengherankan jika Kinjirou disukai cewek-cewek di sekelilingnya, terutama si butler (pelayan) cross-dressing, Konoe Subaru, dan majikannya, Suzutsuki Kanade.

Selain tiga tokoh utama yang udah disebutkan, ada pula beberapa tokoh pendukung yang punya sifat unik dan sangat berpengaruh terhadap perkembangan cerita. Interaksi antara tokoh utama dan tokoh pendukung inilah yang membuat Mayo Chiki! cukup menghibur untuk ditonton.

8. Boku wa Tomodachi ga Sukunai (Haganai: I Don’t Have Many Friends)

via animevox.net/Funimation

Hasegawa Kodaka dicap “preman” di sekolah barunya hanya karena rambut pirangnya dan matanya yang terlihat galak. Karena itu ia kesulitan mendapatkan teman. Yaah, setidaknya sampai Kodaka bertemu Yozora Mikazuki, gadis kasar yang kesepian dan sama-sama nggak pandai bergaul. Setelah pertemuan itu, Mikazuki dan Kodaka membentuk Klub Pertemanan sebagai wadah untuk mempelajari gimana cara mencari teman dan bersosialisasi.

Usai membentuk Klub Pertemanan, Kodaka dan Mizuki kedatangan anggota baru bernama Sena Kashiwazaki.

Seperti yang kamu bayangkan, Boku wa Tomodachi ga Sukunai menyuguhkan komedi ringan khas anak sekolahan. Tapi menurut saya, keunggulan anime ini terletak pada perkembangan tiga tokoh utama yang cukup menarik untuk disimak. Apakah Kodaka, Mikazuki, dan Kashiwazaki akhirnya bakal jadi remaja yang pandai bergaul? Jawabannya terangkum di Boku wa Tomodachi ga Sukunai.

9. High School DxD

via wallpaperaccess.com/Funimation

Di kalangan penggemar anime harem (atau ecchi), ada satu judul yang pastinya bakalan familier banget. Ya, apa lagi kalau bukan High School DxD.

Ceritanya berfokus pada Hyoudou Issei, cowok mesum yang kurang produktif karena terlalu terlena dengan kemesumannya. Mungkin, karena kemesumannya itulah Issei mendapat karma. Ia dibunuh gadis iblis yang jadi teman kencannya.

Tapi Issei masih beruntung. Setelah mati, ia dihidupkan kembali sebagai iblis oleh kakak kelas berdada besar yang bernama Rias Gremory.

Kamu yang udah nonton High School DxD pasti tahu alasan kenapa anime harem ini cukup sering direkomendasikan. Betul, sebagian besar karena perpaduan klop antara tokoh utama dengan cewek-cewek di sekitarnya. Issei yang super mesum sungguh beruntung dikelilingi gadis-gadis seksi yang menggoda, membuat kamu berimajinasi hal mesum macam apa yang bakal Issei lakukan selanjutnya.

10. Grisaia no Kajitsu (The Fruit of Grisaia)

via deviantart.com/Sentai Filmworks

Kisah Grisaia no Kajitsu terjadi di sekolah khusus wanita yang didedikasikan untuk “menyembuhkan” murid-murid nakal. Di sekolah itu ada 5 siswi yang menyimpan rahasia kelam dan penyesalan hidupnya masing-masing. Tapi kemudian, ada satu cowok bernama Kazami Yuuji yang bergabung di kelas mereka.

Seiring berjalannya cerita, terungkap bahwa Yuuji punya rahasia paling kontroversial dan kelam di antara murid lainnya.

Grisaia no Kaijutsu bukan anime harem yang mengkuti pola mainstream. Ceritanya cukup serius dan kaya akan adegan thriller psikologis yang mendebarkan. Tapi keunikan itu nggak membuat anime harem ini membosankan kok. Malahan, kamu akan dibikin penasaran dengan serangkaian misteri yang terjadi di sepanjang cerita.

Kira-kira anime harem mana nih yang paling menggoda untuk ditonton? Masing-masing dari kamu pasti punya selera yang berbeda. Kalau favorit saya sih tetap High School DxD. Alasannya simpel, tokoh ceweknya terlalu perfect untuk standar anime harem. Hmm… andai saya jadi Hyoudou Issei.

bayubaharul :