10 Aktor Hollywood yang Rela Dibayar Kecil untuk Peran yang Bikin Mereka Terkenal

Tapi, sekecil-kecilnya pendapatan mereka...

:

Berapa sih pendapatan yang diperoleh aktor papan atas dalam satu film?

Beda dengan nilai kontrak pesepakbola atau “artis” Tik Tok, kita cenderung jarang dapat kabar tentang besaran nilai kontrak aktor. Tapi, jika kita lihat  penampilan mewah plus ingar-bingar kehidupan dari aktor-aktor Hollywood, kita bisa menebak penghasilan yang didapat mereka sangatlah besar. Belum lagi kalau aktor tersebut sering main iklan, punya bisnis, atau nyambi jadi artis Tik Tok (kebayang Morgan Freeman main Tik Tok?).

Menurut Hollywood Reporter, sebagian besar aktor yang mendapat predikat sebagai “A-List celebrity” rata-rata mendapat penghasilan sebesar $15 juta (sekitar Rp213 miliar) untuk setiap film yang mereka mainkan. Itu perhitungan pukul rata, karena nilai tersebut masih bisa meningkat. Contohnya saja Dwayne Johnson dan Jennifer Lawrence yang pernah mendapat hingga $20 juta (sekitar Rp284 miliar).

Meskipun begitu, ada juga kok aktor yang memperoleh pendapatan yang sangat kecil kalau diukur dari pendapatan rata-rata aktor Hollywood. Padahal keuntungan yang diperoleh film yang mereka bintangi sangatlah besar. Tengok saja bayaran yang didapat 10 aktor ini. Bahkan upah yang mereka terima nggak sebanding dengan peran yang mereka mainkan.

1. Katie Featherston dan Micah Sloat di Paranormal Activity

via filmcomment.comtap

Paranormal Activity dikenal sebagai film horor yang bermodal pas-pasan. Untuk produksinya saja cuma makan biaya $15.000 atau sekitar Rp213 juta jika mengacu ke kurs saat ini. Tapi keuntungan yang didapatnya dong… sampai menembus angka $200 juta (sekitar Rp2,8 triliun)!

Wow, kira-kira aktornya dapat berapa ya? Pasti kamu nggak nyangka sama jawabannya deh.

Yup, uang yang masuk ke kantong dua aktor utama film ini cuma berkisar $500 (sekitar Rp7 juta). Jumlah segitu mungkin bakal habis dipakai bayar satu-dua bulan kostan yang ada AC dan kamar mandi dalam. Untungnya mereka diberi kesempatan untuk negosiasi ulang setelah melihat kesuksesan yang diraih Paranormal Activity.


2. Hilary Swank (Boys Don’t Cry)

via blu-ray.com

Hilary Swank mungkin nggak mengira kerja keras serta akting apiknya dalam memerankan sosok Brandon Teena di Boys Don’t Cry bakal membawanya meraih penghargaan Oscar sebagai Aktris Terbaik di tahun 2000.

Meskipun demikian, penghargaan yang ia terima nggak sebanding dengan jumlah pundi-pundi yang diterimanya dari film tersebut. Swank hanya dibayar $3.000 (sekitar Rp42,6 juta).

3. Harrison Ford (Star Wars Episode IV: A New Hope)

via cheatsheet.com

Siapa sih yang nggak kenal dengan Han Solo? Hmm, kamu nggak kenal? Payah…

Walaupun karakter ini pernah diperankan oleh Alden Ehrenreich di Solo: A Star Wars Movie, tapi sosok Solo yang begitu karismatik dan flamboyan nggak bisa terlepas dari diri Harrison Ford.

Dan jika kamu pengin tahu nilai kontrak yang diterima aktor ini di Star Wars: A New Hope, ia hanya menerima $10.000 (sekitar Rp141 juta). Angka ini memang masih wajar jika melihat kiprah Ford pada saat itu yang masih merupakan wajah baru di dunia perfilman.

4. Daisy Ridley dan John Boyega (Star Wars Episode VII: The Force Awakens)

via bustle.com

Sama halnya seperti Harrison Ford, Star Wars kayaknya lebih suka mengorbitkan aktor baru. Lihat saja dua aktor asal Inggris ini yang langsung mendapat peran utama di film sekuel, Star Wars: The Force Awakens. Ditambah lagi, upah yang diperoleh keduanya dari film tersebut hanya berkisar $100.000 (Rp1,4 miliar) dan $300.000 (Rp4,2 miliar).

5. Ryan Gosling (Half Nelson)

via nytimes.com

Aktor yang pernah tampil di Blue Valentine (2010), La La Land (2016), dan Blade Runner 2049 (2017) ini jelas nggak bisa dianggap remeh kemampuan aktingnya. Bahkan di film Half Nelson, perannya sebagai seorang guru dan juga pecandu narkoba berhasil membawa dirinya masuk nominasi sebagai aktor terbaik di ajang Oscar tahun 2006.

Pencapaian dari Gosling nggak bikin dirinya menjadi aktor termahal pada saat itu. Gosling bahkan hanya memperoleh bayaran $1.000 (sekitar Rp14,1 juta) per pekan untuk berakting di film itu.

6. Jeff Daniels (Dumb and Dumber)

via youtube.com

Memerankan sosok pria bodoh dan kekanak-kanakan tentu bukan persoalan yang sulit bagi Jeff Daniels. Apalagi bayaran yang dia dapat dari perannya tersebut cukup besar pada saat itu, yakni $50.000 (sekitar Rp709,9 juta).

Tapi tunggu sebentar. Coba kita dengar dulu berapa bayaran yang diterima rekan duet Jeff di Dumb and Dumber, Jim Carrey. Atas perannya yang lebih bodoh, Jim Carrey dibayar $7 juta (sekitar Rp99,4 miliar).

Saya jadi curiga kalau semakin bodoh peran yang didapat seorang aktor, nilai kontrak yang didapat justru makin besar. Hmm… harus diselidiki kayaknya nih!

7. Gal Gadot (Wonder Woman)

via uproxx.com

Dibandingkan dengan beberapa film yang dibuat oleh DC, kamu pasti setuju kalau film yang dibintangi oleh Gal Gadot ini adalah film adaptasi komik DC yang paling keren. Untuk mengapresiasi usaha Gadot, pihak produser tentu wajib membayar upah yang diterima Gadot di film tersebut, yakni $300.000 (sekitar Rp4,3 miliar).

Jumlah yang cukup fantastis ‘kan? Apalagi kalau dikonversi ke rupiah.

Tapi sayangnya, upah yang diterima Gadot nggak ada apa-apanya jika dibandingkan nilai kontrak yang diterima Ben Affleck untuk perannya sebagai Bruce Wayne di film Batman v Superman. Di film itu, Affleck mendapat $43 juta (Rp610,5 miliar).

8. Mel Gibson (Mad Max)

via amazon.com

Nggak jauh beda dengan apa yang dialami oleh Ford, Mel Gibson pertama kali mulai dikenal secara luas lewat perannya sebagai Max Rockatansky di film seri Mad Max. Gibson bahkan sukses membintangi dua sekuel lanjutannya sebelum Tom Hardy menggantikan dirinya di Mad Max: Fury Road (2015).

Berkat aktingnya sebagai Ksatria Jalanan yang cukup brutal di film itu, Gibson hanya menerima upah sebesar $15.000 (sekitar Rp212,9 juta).

9. Sean Astin (The Lord of the Rings)

via fanpop.com

Aktor yang berperan jadi teman berpetualang Frodo Baggins di Middle-Earth ini berhasil menyabet banyak penghargaan lewat film LotR. Sean Astin pernah mendapat penghargaan sebagai pemeran pendukung di Chicago Film Critics Association dan Saturn Award.

Namun, jika bicara tentang penghasilan yang diperoleh Astin dari LotR, ia hanya meraup $250.000 (sekitar Rp3.5 miliar) lewat perannya di keseluruhan trilogi. Nilai kontrak yang didapat Astin memang terhitung kecil, apalagi jika kita melihat bujet yang dikeluarkan New Line Cinemas sebesar $281 juta (sekitar Rp3,9 triliun).

10. Chris Evans (Captain America: The First Avenger)

via theplace2.ru

Sebagai salah satu aktor yang dapat peran sebagai anggota awal Avengers, Chris Evans memperoleh upah $200.000 (sekitar Rp2,8 miliar) di film perdananya.

Tapi jika kita membandingkannya dengan bayaran $500,000 (Rp7 miliar) yang diterima Robert Downey Jr. di film Iron Man, pendapatan yang diterima Evans jelas kelihatan mini. (Dan itu mungkin jadi alasan tersembunyi kenapa perpecahan Avengers terjadi di Civil Wars).

Bagaimana menurut kamu tentang nilai gaji yang diterima oleh para aktor di atas? Apa nominal gaji yang diterima aktor tersebut wajar atau nggak?

Sumber: Boredom Therapy

Komentar:

Komentar