10 Anime yang Harus Ditonton setelah Kamu Menyiapkan Tisu, Ceritanya Sedih Soalnya!

Jangan lupa siapkan tisu dan sapu tangan kamu ya!

Seringkali ada saja orang yang menganggap kalau menangis adalah sikap yang lemah. Tapi apa kamu tahu kalau sebetulnya menangis juga adalah ungkapan paling jujur yang dimiliki oleh manusia ketika dia merasakan hal yang sebenarnya sulit untuk dihadapi.

Jadi ketika kamu ingin meluapkan emosi lewat tangisan, itu adalah hal yang sangat wajar. Dan nggak hanya mengenai masalah dalam kehidupan sehari-hari, kamu pun bisa saja menangis saat menonton anime.

Beberapa anime memang ada yang niatnya dibikin untuk menimbulkan rasa sedih, marah atau kecewa bagi penontonnya. Sama halnya dengan 10 serial anime ini yang berhasil bikin banyak orang ikut merasakan tearjerker. Penasaran ‘kan apa saja daftar filmnya? Langsung deh kita bahas.

1. Anohana: The Flower We Saw That Day

via netflix.com

Sebagai pembukaan, saya ingin mengenalkan salah satu anime yang mempunyai tema pertemanan antar remaja. Anohana mengisahkan tentang remaja bernama Jinta yang bertemu kembali dengan teman-teman di masa kecilnya. Meskipun mereka adalah teman dari masa kecil, kini mereka dihadapkan pada perasaan bersalah satu sama lain terhadap apa yang pernah terjadi di masa lalu.

Anime ini mungkin cocok buat kamu yang penyendiri. Selain menghadirkan cerita yang sedih (saya sendiri nangis pas episode awalnya), anime ini juga punya pesan moral untuk tidak melupakan teman-temanmu dan merelakan apa yang sudah terjadi di masa lalu.

Apa kamu masih ingat teman masa kecilmu dulu? Mungkin saja mereka merindukan kamu lho.

2. Code Geass: Lelouch of the Rebellion

via zerochan.net

Sebagai salah satu anime terbaik yang pernah dibuat, Code Geass punya cerita yang cukup rumit tapi tetap mengasyikkan untuk kamu tonton. Anime ini bercerita mengenai petualangan Lelouch Lamperouge dalam melawan tirani yang dilakukan oleh Britannia kepada Jepang. Dengan kekuatan Geass yang dimilikinya, dia mampu memerintah siapa pun sesuai kehendaknya.

Kalau melihat secara sekilas, kamu mungkin menganggap Code Geass cuma sekadar anime mecha yang pada umumnya memakai robot raksasa sebagai alat perang. Tapi anime ini sebetulnya mengandung unsur bittersweet dalam jalan ceritanya.

Kamu akan diajak mempertanyakan bahwa suatu hal yang dianggap benar itu nggak selamanya punya maksud yang baik, atau sebaliknya. Apalagi ada beberapa adegan yang mampu bikin kamu merasa terharu terhadap motivasi dari karakter yang muncul.

3. Angel Beats!

via matome.naver.jp

Penyesalan, trauma dan kematian adalah tema yang diangkat dari anime ini. Bercerita di dunia afterlife, Otonashi Yuzuru tiba-tiba berada di sebuah sekolah di mana dia bertemu dengan Yuri Nakamura, ketua dari Shinda Sekai Sensen, organisasi yang berjuang melawan Tenshi. Pertemuannya tersebut membuka sedikit memori mengenai alasan kenapa dia berada di sekolah tersebut.

Pertama kali menonton anime ini, saya pun bingung dengan jalan ceritanya. Di episode pertama saja tiba-tiba kita langsung bertemu murid sekolah yang memegang senjata api dan band yang tampil di kantin. Tapi setelah mengenal beberapa karakter dan masalah yang ada, kita bisa langsung bersimpati terhadap karakternya. Dan jujur saja saya, perasaan saya campur aduk ketika mengetahui beberapa alasan dari karakter tersebut hingga mereka bisa berada di sekolah tersebut.

4. Terror in Resonance

via pikabu.ru

Terror in Resonance bisa dibilang adalah anime yang anti-mainstream. Gimana nggak, jarang lho anime yang mengangkat tema sensitif seperti tindakan terorisme. Yup, anime ini berkisah tentang serangan teroris di kota Tokyo yang didalangi oleh dua remaja yang menamakan diri mereka Sphinx. Alih-alih digunakan untuk menakuti warga sekitar, dua remaja ini membawa misi lain untuk ‘membangunkan dunia’ melalui tindakan teror mereka.

Secara keseluruhan, Terror in Resonance ini bukan anime sembarangan. Melalui aksi yang menegangkan dan plot yang sangat berkualitas ditambah musik dan visualisasi yang indah, kamu pasti betah untuk menontonnya. Dan jangan lupakan juga bagian akhir anime ini yang mungkin akan bikin kamu tanpa sadar menitikkan air mata.

5. Plastic Memories

via youtube.com

Pernah dengar istilah unconditional love? Cinta tak bersyarat sebenarnya nyata dan ada, seperti yang ditunjukkan di anime ini. Plastic Memories bercerita tentang kisah cinta dari manusia dan android. Tsukasa Mizugaki yang bekerja di Terminal Service One mulai memiliki perasaan suka kepada Isla si android, setelah dia ditugaskan untuk menjadi spotter (pengasuh) bagi Isla yang hanya mempunyai sisa masa hidup kurang dari 2.000 jam.

Plastic Memories memang menitikberatkan kisah hubungan antar pribadi. Komunikasi menjadi tema yang penting dalam anime ini. Hal tersebut ditunjukkan lewat perkembangan setiap karakter yang dibangun dengan sangat baik. Tapi sayangnya, kamu nggak bisa membayangkan pertemuan Tsukasa dan Isla berakhir dengan bahagia. Penyebabnya apalagi kalau bukan waktu hidup Isla yang terbatas.

6. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

via fanpop.com

Fullmetal Alchemist: Brotherhood adalah pilihan yang bagus jika kamu pengin dapat paket komplet dari satu anime. Perkembangan karakter yang ciamik, konflik cerita yang pas, sampai beberapa adegan yang pastinya menyentuh kepekaan kamu adalah gambaran betapa hebatnya anime yang mendapatkan peringkat terbaik di My Anime List ini.

Inti cerita dari Fullmetal Alchemist: Brotherhood berkisar pada ambisi Edward dan Alphonse Elric dalam mengembalikan kutukan yang terjadi pada tubuh mereka. Banyak banget kisah yang bisa mengaduk emosi kamu di anime ini, mulai dari eksperimen dari Nina Tucker, heroiknya Maes Hughes dan pengorbanan Envy. Untuk membuktikan apakah anime ini mampu membuat kamu sedih, saya sarankan kamu langsung tonton.

7. Erased

via osu.ppy.sh

Apa sih rasanya jika kamu mengetahui kabar seseorang yang kamu kenal sudah tiada. Kamu mungkin akan meninggalkan rasa penyesalan, serupa dengan apa yang dirasakan oleh karakter utama di anime ini, Satoru. Dia pun memiliki pengalaman menyedihkan ketika ditinggal oleh temannya semasa kecil.

Anime ini mengusung konsep butterfly effect, di mana sekecil apa pun kejadian yang terjadi pada suatu saat, bisa saja punya andil besar terhadap apa yang terjadi di masa depan. Lewat pendekatan konsep butterfly effect ini pula kita ditunjukkan betapa pentingnya rasa kasih sayang, khususnya bagi orang-orang terdekat. Sjangan pernah ninggalin mereka ya!

8. Tokyo Magnitude 8.0

via youtube.com

Dari judul dan gambar di atas saja kamu bisa langsung menebak kalau anime ini bercerita tentang bencana alam. Tokyo Magnitude 8.0 bisa dibilang berhasil menggambarkan secara realistis peristiwa yang terjadi akibat gempa bumi. Selain itu, anime ini juga dibungkus dengan cerita yang mengharukan dari Mirai, Yuuki dan Mari yang menjadi korban dari bencana ini. Kamu pasti nggak bakal bisa menahan tangis dan haru saat menontonnya.

9. Your Lie in April

via nefariousreviews.com

Pertama kalai saya menonton Your Lie in April, saya menebak kalau anime ini kayaknya cuma punya tema romantisme biasa. Bercerita tentang Arima seorang pianis jenius yang kehilangan kemampuannya setelah kejadian tragis menimpa ibunya. Setelah itu Arima pun menjadi orang yang pesimis. Walaupun perlahan tapi pasti dia bisa berubah ketika bertemu dengan Kaori, yang berhasil memompa semangatnya kembali.

Sesungguhnya Anime ini punya plot yang nggak bisa ditebak kelanjutannya. Hal tersebut memang menjadi kejutan tersendiri yang jadi keunggulan anime ini. Your Lie in April jelas nggak cuma menjual kisah cinta sebagai fokus utamanya, tapi kamu juga akan diajak untuk merasakan betapa pentingnya arti hidup selama ini.

Dan coba kamu tonton episode akhirnya deh, kira-kira gimana perasaan kamu saat lihat Arima membacakan surat dari Kaori.

10. Clannad After Story

via imgur

Sebenarnya anime ini adalah sekuel dari serial Clannad. Fokus cerita berpusat mengenai kehidupan Nagisa Furukawa dan Tomoya Okazaki setelah mereka lulus sekolah dan memutuskan untuk hidup bersama. Dan lika-liku yang dialami oleh dua insan ini berhasil bikin saya menangis lepas begitu saja saat menontonnya.

Gimana nggak, Anime ini benar-benar sukses menggambarkan sulitnya untuk menghadapi masalah hidup, seperti masalah pribadi hingga keluarga. Konflik-konflik yang ada di dalamnya pun dipecahkan secara mengharukan dan bisa bikin kamu terbawa suasana.

via gifer.com

Nah dari 10 anime tersebut, anime mana saja yang sudah kamu tonton? Kalau kamu belum pernah menontonnya, saya cuma mau menyarankan untuk jangan lupa menyiapkan tisu atau sapu tangan ya.

20 Shares

Komentar:

Komentar