Jangan Ngaku Pencinta RPG Kalau Kamu Belum Pernah Main 7 Game RPG Terbaik Ini

Ini dia genre yang butuh banyak waktu buat namatinnya

:

Seorang filsuf dulu pernah berkata dengan tegas, “Apa jadinya dunia ini tanpa game RPG!?” Saya lupa siapa nama filsuf fiktif tersebut, tapi perkatannya ada benarnya juga, lho. Dengan keunikan yang dimilikinya, genre RPG memang menawarkan pengalaman bermain game yang nggak akan bisa kita temukan di genre lain.

Ya, di mana lagi kita bisa membuat karakter (penampilan dan sifatnya) sesuai selera, lalu mengajak karakter NPC bergabung untuk melawan musuh bersama selain di game RPG?

Memang sih, nggak semua game RPG bisa memuaskan para fans sejatinya. Maka dari itu, artikel ini bakal merekomendasikan game-game RPG yang nggak akan bikin kamu kecewa. Penilaiannya sendiri dibuat berdasarkan aspek sepeti gameplay, jalan cerita, dan juga kualitas grafis. Lalu apa aja game-game tersebut? Ini dia daftarnya.

 

7. Dragon Age: Origins

kinguin net
via kinguin.net

Dragon Age layak masuk daftar karena punya cerita yang sangat seru, dengan alur yang bisa terjadi tergantung dari role apa yang kamu pilih di awal permainan. Selain memiliki gameplay yang menarik, grafik yang ditawarkan pun terbilang mumpuni untuk game RPG pada jamannya.

Game yang dikembangkan ini BioWare Edmonton Studio mengawali ceritanya dari game Dragon Age, yang nantinya akan muncul seri-seri selanjutnya.

6. Fable

amazon
via amazon.com

Fable mengusung gameplay yang hampir mirip dengan Dragon Age, tapi dengan grafik yang sedikit lebih bagus. Fable dikembangkan oleh Big Blue Box yang merupaan anak perusahaan dari Lionhead Studios.


Jalan ceritanya terbilang unik. Kamu bisa membuat karakter yang kamu gunakan menjadi orang baik atau orang jahat, semua terserah kamu. Reaksi orang-orang dan tampilan karakter kamu pun bisa berubah seiring dengan perbuatan yang kamu lakukan.

Pokoknya semua takdir karaktermu, kamu tentukan sendiri, guys.

5. Suikoden 2

gamefaqs net
via gamefaqs.net

Game RPG untuk console PlayStation ini sudah melegenda dan banyak digemari. Dibuat oleh pengembang game kenamaan seperti Konami, Suikoden 2 akan membuat kamu merasakan serunya petualangan di kota Jowston.

Agak sulit ngebayangin penyuka RPG yang belum pernah memainkan game ini, terutama kamu yang tumbuh besar bersama PS1. Tapi kalau belum pernah coba main game ini, dengan 40 combo berbeda yang bisa kamu gunakan dalam pertarungan dan 100 karakter yang bisa kamu rekrut, Suikoden 2 dijamin bakal jadi salah satu game favorit kamu.

4. The Elder Scrolls V: Skyrim
steamstatic

The Elder Scrolls V: Skyrim merupakan game yang dikembangkan oleh Bethesda. Game ini merupakan lanjutan dari game sebelumnya The Elder Scrolls IV: Oblivion.

Untuk jalan ceritanya kamu bisa mendapat banyak kejutan soal apa yang akan terjadi selanjutnya. Selain itu juga kamu bisa bebas menentukan ras, jenis muka, rambut, hiasan muka, dan juga kostum yang kamu gunakan untuk berpetualang.

Oh iya, salah satu kelebihan yang ada di game ini adalah besarnya map yang bisa kamu jelajahi.
Selain jalan cerita, grafik yang ditawarkan game ini juga sanggup memanjakan mata lho, guys.

3. Final Fantasy VI

humblebundle net
via humblebundle.net

Franchise Final Fantasy memang bisa disebut pantas memiliki gelar “seri game terbaik sepanjang masa”. Buktinya: banyaknya game yang dibuat dengan judul Final Fantasy. Dan salah satu yang terbaik adalah game Final Fantasy VI. Salah satu situs gaming, IGN, menobatkan game ini dalam urutan pertama game RPG terbaik sepanjang masa.

Ceritanya sendiri berfokus pada sekelompok pemberontak yang ingin menghancurkan kekuasaan diktator kerajaan. Setidaknya ada 14 karakter permanen yang bisa kamu mainkan dalam game ini, guys.

2. Chrono Trigger

billysan291
via bilysan291.com

Game yang dirilis untuk platform Super Nintendo ini selain punya jalan cerita dan gameplay yang menarik, tim desain yang membuatnya juga disebut dream team, lho. Soalnya, game ini menggunakan beberapa nama besar sekaligus untuk menjadi tim desainnya.

Sebut saja Hironobu Sakaguchi yang merupakan pembuat seri Final Fantasy; Yuji Horii, desainer freelance yang juga pembuat karakter populer dari seri Dragon Quest; dan Akira Toriyama, otak sekaligus penulis manga terkenal Dragon Ball.

Jadi, setelah mendengar nama-nama tersebut, sudah dapat dipastikan Chrono Trigger layak masuk pertimbangan kamu, bukan?

1. Final Fantasy VII
steamstatic1

Posisi satu tetap dipegang oleh seri Final Fantasy. Game lanjutan dari Final Fantasy VI ini pantas dinobatkan sebagai game RPG terbaik sepanjang masa karena beberapa aspek.

Pertama, karena kemunculan 3D map pertama untuk platform Super NES dengan ukuran yang terbilang sangat besar. Kedua, battle scene dengan grafik yang menawan. Dan ketiga, kemunculan Cloud Strife sebagai tokoh utama.

Game ini meraih kesuksesan yang besar hingga mendapat banyak penghargaan “Game of the Year”. Karena kesuksesannya pula, Square Enix selaku pengembang membuat hd remake Final Fantasy VII untuk PlayStation 4.

Ada game favorit kamu, gak? Atau malah ada game seru yang terlewat dalam daftar ini? Tulis pendapat kamu di kolom komentar, ya!

Komentar:

Komentar