Inilah 15 Kandidat Film Terbaik 2018 Yang Wajib Kamu Tonton

Buka handphone kamu dan catat tanggal rilisnya

(Updated January 2018)

Tahun boleh saja berganti jadi 2018. Tapi buat para moviegoer, pergantian tahun itu sama aja artinya dengan penanda kalau deretan film baru yang keren bakal segera bisa kita tonton. Dan karena Selipan itu sebenarnya disesaki sama moviegoer yang kebetulan nyambi jadi penulis, kami memutuskan buat berbagi daftar kandidat film terbaik tahun 2018 khusus untuk kamu.

Catat tanggal mainnya, ya.

1. Winchester: The House That Ghosts Built (2 Februari 2018)

Film horor yang dibintangi Helen Mirren ini mengisahkan tentang seorang wanita pewaris dari perusahaan senjata api Winchester, yang membangun sebuah mansion mirip labirin berukuran raksasa.

Bukan tanpa alasan, mansion itu dibangun karena dia yakin dirinya dihantui makhluk supranatural. Yup, dengan kata lain, mansion tersebut berfungsi untuk mengurung hantu-hantu yang mengikutinya.

- Advertisement -

Oh ya, mansion yang diceritakan dalam film aslinya memang beneran ada lho. Namanya Winchester Mystery House dan letaknya ada di California, AS.

2. Black Panther (16 Februari 2018)

593ba20a3f652
via dawn.com

Kalau kamu pernah nonton Captain America: Civil War, kamu pasti udah nggak asing sama Black Panther. Yup, setelah kematian ayahnya, T’Challa/Black Panther mesti balik lagi ke Afrika untuk menggantikan posisi ayahnya sebagai Raja Wakanda. Tapi nggak lama setelah dia menduduki takhta, dua tokoh antagonis yang pengin membawa kekacauan ke Wakanda pun muncul.

Buat kamu yang selama ini selalu setia nontonin film-film dari Marvel Cinematic Universe, Black Panther harus ada dalam daftar tontonan kamu nih. Yah, hitung-hitung pemanasan sebelum Infinity War.

3. Annihilation (23 Februari 2018)

Si cantik Natalie Portman bakal beraksi di film sci-fi ini. Dia memerankan seorang biologis yang pergi menyelidiki suatu tempat misterius dan terisolasi bernama Area X. Tapi jangan kira Area X itu tempat yang aman, karena ekspedisi yang dilakukan sebelumnya selalu berujung dengan kematian para anggotanya.

Plot dasar filmnya udah terdengar menjanjikan. Itu masih ditambah juga dengan deretan aktor papan atas yang ikut main di film ini: selain Natalie Portman, ada nama aktor Jason Leigh, Oscar Isaac, dan Gina Rodriguez. Dan sutradara yang menangani Annihilation adalah orang yang sebelumnya sukses dalam film Ex Machina, Alex Garland.

4. Tomb Raider (16 Maret 2018)

TombRaider
via nerdist.com

Nggak bisa dipungkiri kalau Crystal Dynamics dan Square Enix berhasil memanjakan fans Lara Croft dengan dua game mereka: Tomb Raider dan Rise of the Tomb Raider. Jadi, kayaknya memang udah saatnya Lara Croft buat balik lagi ke layar lebar, ‘kan? Setuju? Nggak tanggung-tanggung, Miss Lara bakal diperankan sama aktris pemenang Oscar, Alicia Vikander.

Film Tomb Raider sendiri mengisahkan tentang petualangan pertama dari Lara Croft sang arkeologis.

5. Ready Player One (30 Maret 2018)

29ed3d416cd513893ea80d1e6c9a560e.0
via theverge.com

Fyi, Ready Player One diangkat dari novel yang kayaknya cocok dibaca sama kamu yang ngaku nerd. Itu info yang pertama. Kedua, versi filmnya disutradarai Steven Spielberg. Steven Spielberg, guys!

Ready Player One bakal mengajak kamu menelusuri kisah tentang perburuan harta karun di dunia game online/virtual reality game bernama OASIS. Hadiahnya bikin ngiler: harta warisan dari si pembuat game yang juga merupakan seorang miliuner.

6. The New Mutants (13 April 2018)

The New Mutants memang masih termasuk bagian dari universe X-Men. Hanya saja karakter-karakter yang ada di sini bukan karakter lama macam Wolverine. The New Mutants alih-alih bakal mengenalkan kamu sama kelompok mutan dari generasi baru yang dikurung paksa di fasilitas terpencil dan tersembunyi.

Meskipun tajuknya film superhero, tapi jangan kira ini film superhero biasa. Sebabnya, kreator film memutuskan untuk memasukkan unsur horor psikologis ke dalamnya.

Film superhero bergenre horor? Yeah… kamu pasti dibuat penasaran sama film yang satu ini. Belum pernah ada film semacam itu sebelumnya, ‘kan?

7. Avengers: Infinity War (4 Mei 2018)

el-trailer-avengers-infinity-war
via diariocorreo.pe

Situs yang sering dijadikan rujukan bagi penggemar film, IMDb, udah menobatkan Avengers: Infinity War sebagai film tahun 2018 yang paling ditunggu banyak orang. Itu memang wajar banget, semua film yang termasuk dalam Marvel Cinematic Universe memang bermuara ke Infinity War.

Yup, dalam Infinity War semua superhero berkumpul sekali lagi untuk menghadapi Thanos. Apakah mereka akan berhasil?  Kita harus nonton filmnya buat dapat jawabannya. Satu yang pasti, film seri ketiga dari The Avengers dan kesembilan belas dari seluruh film MCU ini bakalan spektakuler!

Atau kalau mau mengutip peribahasa nenek moyang dulu: It’s gonna be awesome, dude!

8. Solo: A Star Wars Story (25 Mei 2018)

image_9c6e8e68.0
via polygon.com

Film terbaru dari franchise Star Wars ini merupakan prekuel dan hanya menceritakan kisah tentang Han Solo sebelum event dalam Star Wars: A New Hope (1977) dimulai. Tapi, peduli amat. Fans Star Wars di seluruh dunia pasti nggak akan rela kalau sampai ketinggalan nonton Solo.

9. Deadpool 2 (1 Juni 2018)

deadpool-2-teaser-01
via highsnobiety.com

Si superhero nyeleneh dan kocak bakal balik lagi! Kalau kamu ngerasa film pertamanya konyol banget, kemungkinan besar sekuelnya bakalan lebih konyol lagi. Siap-siap aja buat lihat lelucon-lelucon absurd berhamburan di sepanjang film ini.

Untuk plotnya nggak banyak yang bisa diceritakan. Sinopsisnya sendiri absurd abis! Kalau nggak percaya kamu baca aja sinopsisnya di sini.

10. Ocean’s Eight (8 Juni 2018)

oceans-eight-sandra-bullock-cate-blanchett-anne-hathwaway
via denofgeek.com

Bayangkan saja jika film Ocean’s Eleven, Ocean’s Twelve atau Ocean’s Thirteen yang dibintangi George Clooney dibuat versi ceweknya. Yang dimaksud dengan versi cewek adalah semua karakter utamanya adalah perempuan: dari mulai Sandra Bullock, Rihanna, Anne hathaway, sampai Cate Blanchett.

Kalau kamu termasuk orang yang suka sama trilogi film Ocean, kamu nggak akan rugi pergi ke bioskop buat nonton Ocean’s Eight. Deretan aktris yang terlibat membuat film ini kelihatannya punya potensi besar.

11. Jurrasic World: Fallen Kingdom (22 Juni 2018)

Buat beberapa orang, Jurrasic World yang rilis tahun 2015 lalu dianggap mampu memuaskan rasa kangen pada film bertemakan dinosaurus. Satu-satunya kelemahan mencolok dari film itu mungkin ada di adegan Claire Dearing (Bryce Dallas Howard) lari pakai sepatu hak tinggi pas dikejar-kejar dinosaurus.

Tapi lupakan sejenak soal high heels, karena di tahun 2018 kamu bakal digiring lagi untuk menyaksikan sekuel dari film bertema dinosaurus tersebut, Jurrasic World: Fallen Kingdom. Kali ini, Claire dan Owen Grady (Chris Pratt) diceritakan berusaha menyelamatkan dinosaurus yang terancam oleh letusan gunung berapi.

Dan untunglah, kabarnya nggak akan ada lagi sepatu hak tinggi di Fallen Kingdom.

12. The Incredibles 2 (13 Juli 2018)

the-incredibles-2
via independent.co.uk

14 tahun! 14 tahun waktu yang dibutuhkan sebelum sekuel dari salah satu fim favorit keluarga ini dirilis! Walaupun lama, tapi akhirnya The Incredibles 2 keluar juga.

Kali ini, kamu bakal melihat Helen tampil sebagai pemeran superhero utamanya. Terus Bob ke mana? Dia lebih sering di rumah menjaga anak-anaknya. Hmm, jalan ceritanya kedengaran unik, nih.

13. The Predator (3 Agustus 2018)

predator-movie-image
via collider.com

Awalnya banyak yang mengira The Predator adalah versi reboot dari film originalnya. Tapi, nyatanya film ini merupakan sekuel yang settingnya terjadi antara Predator 2 dan Predators.

Plusnya lagi, dalam The Predator kamu bakal tahu kenapa makhluk yang punya rambut bergaya reggae ini datang ke bumi. Selama ini mereka cuma digambarkan sebagai pemburu dari luar angkasa, ‘kan? Dengan kata lain, mereka membunuh manusia karena… well, mereka harus melakukannya. Buat olahraga gitu.

14. Halloween (19 Oktober 2018)

jamie-lee-curtis-halloween
via variety.com

Jamie Lee Curtis is back!

Kalau kamu pernah nonton Halloween yang rilis tahun 1977, 1981, 1998, dan 2002, kamu pasti tahu siapa itu Jamie Lee Curtis. Di Halloween versi tahun 2018 ini dia kembali memerankan Laurie Strode dan berhadapan untuk terakhir kalinya dengan sang monster bertopeng, Michael Myers. Film ini tontonan wajib buat merayakan halloween.

15. Aquaman (21 Desember 2018)

first-official-photo-from-aquaman
via darkhorizons.com

Kita tutup daftar film tahun 2018 dengan salah satu film superhero dari DC, Aquaman. Kisah dalam film ini bakal menuturkan apa yang terjadi setelah Justice League. Aquaman (Jason Momoa) yang balik ke kampung halamannya di Atlantis ternyata harus berhadapan dengan dua musuh: orang-orang dari atas laut yang hobinya merusak lautan dan orang-orang yang berasal dari dalam kerajaannya sendiri.

Jika kamu belum tahu, Aquaman disutradarai oleh James Wan (The Conjuring, Insidious). Siapa tahu Aquaman bakal dibantu Valak saat menghajar musuh-musuhnya.

Itu dia kandidat film terbaik di tahun 2018. Dari semua film yang ada di daftar ini, film apa nih yang mau kamu tonton?

 

- Advertisement -
Shares 175